Toyota dan Honda Bekerjasama Bikin Sumber Listrik Portable

Toyota dan Honda Bekerjasama Bikin Sumber Listrik Portable
0  komentar

AutonetMagz.com – Dua pabrikan otomotif besar di Jepang, Toyota dan Honda seringkali dilihat sebagai rival di pasaran. Produk-produk mereka selalu disandingkan di berbagai macam kelas mobil, bahkan di luar dunia mobil, Toyota dan Honda adalah pabrikan yang bisa bikin apa saja. Toyota juga membuat forklift dan robot, sementara Honda juga membuat mesin pemotong rumput dan genset untuk menghasilkan listrik. Bayangkan, bagaimana jika dua pihak kuat ini bekerja sama?

Itulah yang terjadi sekarang, Toyota dan Honda sudah resmi bekerja sama untuk membuat pembangkit tenaga yang bisa dibawa kemana-mana, alias portable. Mobil pengangkutnya adalah bus fuel cell vehicle (FCV) yang membawa banyak hidrogen, generator set dan pastinya, baterai. Kendaraan ini dinamai “Moving e” dan tugasnya adalah menyediakan sumber pembangkit tenaga saat bencana terjadi.

Kelengkapan Moving e terdiri dari bus FCV Toyota yang bisa jadi tempat charging, perangkat output daya eksternal portabel Honda bernama Power Exporter 9000, dua jenis baterai portabel Honda (LiB-AID E500 dan Honda Mobile Power Pack) dan kabel-kabel untuk mengisi atau melepas daya. Toyota dan Honda mengklaim Movine e juga bisa digunakan secara rutin untuk menyuplai listrik ke berbagai keperluan. Tentunya semua teknologi ini masih perlu diuji.

Oh ya, bus ini adalah bus FCV Toyota versi lama, bukan Toyota Sora yang diperkenalkan di Tokyo Motor Show kemarin. Bus ini punya tangki hidrogen bertekanan tinggi dengan kapasitas lebih banyak, mampu menghasilkan sebanyak 454 kWh dengan output maksimum 18 kW. Bus tersebut juga didesain sebagai tempat pengungsi untuk beristirahat pada saat terjadi bencana. Hebat ya, berpikirnya sampai sejauh itu.

Toyota dan Honda akan melanjutkan untuk benar-benar mendapat keyakinan bahwa sistem pembangkit listrik bergerak ini cocok untuk melayani masyarakat melalui berbagai penggunaan oleh kota dan bisnis yang bersedia bekerja sama dalam pengujian Moving e. Lihat kan, tidak selamanya pihak yang kita lihat sebagai rival akan terus jadi rival kok, malah mereka bisa bekerja sama dengan baik demi tujuan bagus. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: