BMW i8 GTR : Hybrid? Nehi, V8 Powaaa…

0  komentar

AutonetMagz.com – Saat BMW membuat mobil sport hybrid BMW i8, mereka hanya ingin membuktikan kalau performa mobil sport dan efisiensi mobil hybrid bisa dikombinasikan dalam sebuah mobil dengan tampang futuristik yang tidak malu-maluin saat dibawa turun ke jalanan. Misinya berhasil, meski performa i8 belum segahar supercar yang bisa lari 0-100 di bawah 4 detik dan top speed i8 terbatas di 250 km/jam, tapi i8 sudah terbilang mumpuni.

Tapi orang-orang gila di bawah bendera Hamofa Motor Sport tidak tertarik dengan kecanggihan sistem hybrid BMW i8. Mereka pikir mobil ini butuh tenaga lebih. Makanya, mereka mengacak-acak sebuah BMW i8, membuang mesin hybrid standarnya dan menggantinya dengan mesin 4.000 cc V8 dari BMW Z4 GT3. Hasilnya adalah mobil balap ini, dan mereka menamainya sebagai BMW i8 GTR. Nambah lagi deh mobil yang pakai nama GTR, tapi ini bukan resmi dari BMW sih.

Mesin V8 yang dipasang itu boleh saja dibilang kuno secara teknologi dibanding sistem hybrid BMW i8, tapi toh ternyata mesin kuno itu bisa menyemburkan 540 hp. Jauh lebih bengis dibandingkan tenaga standar i8 yang 369 hp kan? Gilanya lagi, Hamofa Motor Sport masih ingin supaya mesin ini bisa menyentuh 600 hp. Oh ya, mesin ini tetap terpasang di bagian tengah mobil, dan sudah dibuatkan separator agar kabin mobil bisa dipisah dengan ruang mesin.

Ada air scoop di atap mobil untuk memasukkan udara ke mesin, plus ada header exhaust tubular untuk membuang gas buang ke belakang. Urusan frame sasis BMW i8 GTR ini, Hamofa mempercayakan kepada F Solution, perusahaan asal Prancis untuk mengerjakannya. Berkat dibuangnya komponen-komponen yang berat (khususnya baterai dan motor listrik) serta tak penting buat balapan, BMW i8 GTR ini hanya berbobot 1,1 ton, lebih ringan 440 kg dibanding i8 biasa.

Hasilnya, banyak yang memandang mobil ini sebagai keturunan terdekat dari supercar BMW M1 di masa lampau. Padahal ini bukan buat dijual ke umum, melainkan dibuat khusus untuk dipacu di ajang balap GT Belgia bernama Belcar, yang bakal digelar di berbagai sirkuit termasuk sirkuit legendaris Spa dan Zolder. Apa opinimu soal si i8 V8 ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: