BMW 5 Series Touring dan 6 Series GT Meluncur Sebelum GIIAS 2018

BMW 5 Series Touring dan 6 Series GT Meluncur Sebelum GIIAS 2018
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebenarnya estate sudah hadir resmi di Indonesia lewat tangan Mercedes-Benz, sebab mereka membuka pemesanan C-Class wagon dan E-Class wagon dan sekali lagi, itu resmi. Hanya saja sejak ada Mazda 6 estate, segmen ini mulai menggeliat lagi pelan-pelan. BMW ingin meramaikan juga dengan menghadirkan BMW 5 Series Touring, dan Touring adalah bahasa BMW untuk menyebut estate, sedangkan Mercedes adalah Wagon dan Audi adalah Avant.

BMW 5 Series Touring ini punya kode yang beda dengan 5 Series sedan. Jika BMW 5 Series sedan berkode G30, si estate ini kodenya G31. Tentu saja ia lebih praktis daripada yang sedan, tapi ada fasilitas yang kami sangat suka di mobil ini. Di BMW G31 ini, kaca belakangnya bisa terbuka terpisah dari pintu bagasinya. Ini berguna kalau kita hanya ingin mengambil atau menaruh barang kecil di bagasi… Atau mungkin cocok jadi camera car untuk bikin video mobil?

Setali tiga uang dengan saudara berbuntutnya, BMW 5 Series Touring ini sudah pakai BMW Display Key yang terlihat canggih meski respon layar sentuh kuncinya terbilang agak lambat. Gesture control dan panel instrumen full LCD masih hadir di situ, iDrive juga bisa dikontrol via kenop putar dekat persneling atau layar sentuh. Karena ini sebuah estate, tentu saja ruang kepala belakang lebih lega berkat atap yang datar dan pastinya ruang bagasi kian besar dan praktis.

Saat ini, BMW hanya menyediakan 1 varian 5 Series Touring, yakni BMW 530i Touring M Sport lengkap dengan aksesoris M seperti body kit, pelek, kaliper rem, emblem M dan lain-lain. Estate ini dijual dengan harga 1,429 M Rupiah (Off The Road). Oh ya, BMW juga meluncurkan mobil lain lagi, yakni BMW 6 Series Gran Turismo. Ya, 6 Series telah berubah dari coupe besar bermesin 6 silinder atau V8 menjadi mobil 5 pintu bermesin 2.000 cc 4 silinder turbo.

BMW sendiri pernah membuat BMW 3 Series GT dan 5 Series GT sebelumnya, tapi demi merapikan nomenklatur, alhasil varian GT ini harus dipaksa masuk dan memakai nama 6 Series, maka lahirlah si 6 Series GT. Selain itu, 6 Series GT harus berubah supaya BMW 8 Series punya ruang, jadi BMW tidak perlu punya 2 coupe besar yang target pasarnya sama. Biarpun begitu, mobil 5 pintu besar ini punya active spoiler di buntutnya lho. Jarang-jarang kan?

BMW 6 Series GT sangat menguatkan kesan lega dan praktis, tercermin dari ruang belakang yang lapang di bagian kaki dan disiapkan 2 buah monitor belakang. Monitor ini tidak pakai sistem layar sentuh, melainkan dikontrol via remote bawaan BMW. Pintu hatch yang bukaannya tinggi sudah elektrik, dan ruang kargo di belakang bisa mencapai 610 liter. Oh ya, mobil ini sudah pakai suspensi udara yang ketinggiannya bisa diubah 20 mm sesuai kebutuhan. Wah, jarang-jarang ini.

Baik BMW 5 Series Touring dan BMW 6 Series GT yang ada di Indonesia, keduanya pakai mesin 2.000 cc turbo, Buat BMW 530i Touring, tenaganya 252 hp dan torsinya 350 Nm, sementara di BMW 630i GT Luxury naik jadi 258 hp dan 400 Nm untuk mengompensasi bobot yang lebih berat. Harga BMW 630i GT Luxury ini adalah 1,569 M Rupiah (Off The Road). Mana yang jadi pilihanmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: