Asik, BMW Akan Siapkan Mobilnya Agar Bisa Cari Parkir Sendiri!

by  in Berita&BMW&Hi-Tech
Asik, BMW Akan Siapkan Mobilnya Agar Bisa Cari Parkir Sendiri!
0  komentar
Cover-BMW-Active-Assist

AutonetMagz.com – Tempat parkir selalu jadi rebutan di kota-kota padat penduduk seperti Jakarta dan sekitarnya. Bisa berpuluh-puluh menit lamanya hanya untuk mencari tempat parkir yang kosong. Kalau dompet anda cukup tebal, biasanya tinggal menggunakan jasa valet parking yang akan memarkirkan mobil anda. Akan tetapi, BMW baru saja memberi solusi dengan membangun sebuah sistem yang bisa membuat mobil mencari parkir sendiri.

Tidak, maksudnya bukan seperti Ford Focus yang bisa memarkirkan mobil sendiri, namun kita bisa meninggalkan mobil BMW di depan pintu masuk mall atau kantor dan biarkan dia berjalan dan mencari parkir sendiri. Kedengarannya enak dan santai yah? Untuk sistem ini, BMW menjadikan i3 sebagai kelinci percobaan.

Mobil-BMW-Bisa-Mencari-Parkir-Sendiri

Rahasianya ada pada sensor laser di bodi yang akan membantu mengarahkan BMW i3 sesuai jalur, sekaligus menghindari objek rintangan seperti tembok, pilar atau mobil lain di sekitarnya. Laser ini akan memberikan citra ruang pada mobil dengan jangkauan hingga 360 derajat supaya mobil bisa berpikir sendiri, bagaimana kondisi ruangan sekitar yang sedang ia lalui.

Laser ini juga bekerja sama dengan fitur safety seperti Automatic Braking System, dimana mobil akan berhenti jika dirasa terlalu dekat dengan sebuah objek. Ketika sensor mendeteksi ada tempat parkir dengan dimensi yang cukup, mobil akan mulai parkir sendiri dan langsung mati beberapa detik kemudian.

Jam-Tangan-Pintar-BMW

Untuk memanggil mobil pun tidak perlu repot-repot. Setiap pengendara BMW akan dibekali smart watch untuk memanggil mobilnya ke tempat dimana tadi ia meninggalkannya. Singkatnya, jam tangan pintar BMW itu juga berfungsi sebagai remote control untuk mobil, tapi bisa juga untuk memantau kondisi mobil saat mencari parkir.

Sistem yang sangat pintar dan berguna bukan? Tapi fasilitas cerdas ini tak bisa dinikmati dalam waktu dekat, sebab BMW baru akan memasukkan sistem ini ke produksi massal pada tahun 2020. Wah, kalau semua mobil punya sistem ini, jasa valet parking bisa bangkrut dong?

Read Prev:
Read Next:
  • Beli Mobil 2015

    Canggih euy.. Mantaaplah, coba lamun mobil2 jepang ciga kieu.. 😀 Ngimpi..

  • erik

    Apanjah still d best utk Indo

  • Rafi M.P

    Hmmm… Kalo pake fitur ini di Indonesia gimana yah? Parkirnya kadang semrawut ada yg sempit lagi. Jadi bingung assisted parking ini gara2 itu

  • Bryan

    Kalo di mall bayar parkir nya gmn tuh ?