BMW 1 Series Sedan Tertangkap Tanpa Kamuflase di Munich. Segera Meluncur?

by  in BMW&International&Mobil Baru
BMW 1 Series Sedan Tertangkap Tanpa Kamuflase di Munich. Segera Meluncur?
0  komentar

AutonetMagz – Salah satu penyebab mundurnya penjualan BMW dan suksesnya Mercedes-Benz merebut tahta penjualan mobil mewah terbanyak di dunia belakangan ini tak lain karena suksesnya penjualan mobil sedan kecil seperti Mercedes-Benz CLA. Pertama kali diluncurkan di tahun 2013, penjualan Mercedes-Benz CLA langsung tembus 100.000 unit di seluruh dunia, di US saja penjualannya bisa mencapai 27.000 unit, meski kalah penjualannya dari A3 sedan di US, secara global penjualan CLA lebih baik dari Audi A3 sedan.

Sedan-sedan berukuran kompak ini memang membuka pasar baru, namun sekaligus menurunkan gengsi brand mobil mewah karena harganya yang sangat murah. Bayangkan, dengan 30.000 dollar US, kita sudah bisa mendapatkan sebuah CLA atau Audi A3 sedan versi termurah di Amerika Serikat yang jelas lebih bergengsi dari sebuah Toyota Camry XLE (full spec) yang sama-sama 30.000 USD.

Ditambah starting pricenya juga lebih rendah dari Toyota Avalon sekalipun. Jadi siapa yang tidak tertarik coba untuk memiliki sebuah Mercedes-Benz atau Audi dengan harga pahe.

BMW memang berbeda sendiri dengan Mercedes-Benz yang lebih supel, karena BMW dikenal sebagai mobil yang lebih fun-to-drive, enak dikendarai dan pure driving enthusiast, BMW harus berpikir panjang untuk membuat sebuah sedan murah berpenggerak roda depan. Para fans fanatik BMW pasti akan mencibir jika BMW ikut-ikutan membuat sebuah sedan FWD sebagaimana Mercedes-Benz diledek saat membuat CLA.

Sayangnya entry level premium car seperti CLA dan A3 sedan ini tidak dilirik oleh BMW pada saat itu, sehingga BMW tidak kebagian kue lezat di pasar tersebut. Meskipun begitu, BMW sebenarnya mulai mencoba memasuki pasar sedan murah dengan BMW 1 Series sedan khusus untuk pasar China pada akhir tahun 2016 silam. Nah, kali ini mobil yang katanya dikhususkan untuk pasar China, ternyata tertangkap kamera tanpa kamuflase di Munich, German.

Munich sendiri adalah kota tempat dimana BMW headquarter berada, di pinggir kota Munich pun BMW memiliki sebuah pabrik yang sangat besar serta museum BMW disana. Jadi tidak heran jika mobil ini bisa tertangkap sedang diuji disana atau digunakan sebagai mobil karyawan atau…, ah sudahlah, banyak sekali kemungkinan mobil ini melanglang buana di kota itu.

BMW 1 Series sendiri merupakan mobil sedan BMW pertama yang menggunakan penggerak roda depan seperti Mercedes-Benz CLA, basisnya sama dengan BMW 1 Series atau 2 Series dengan mesin 1.500 cc twin power turbo 3-silinder bertenaga 136 hp. Tersedia juga opsi mesin 2.000 cc bertenaga 192 dan 231 hp yang lebih kencang.

Seandainya memang mobil ini akan dijual untuk pasar Eropa dan Amerika, apakah BMW bisa kembali merebut penjualan tertinggi mobil mewah di dunia setelah direbut oleh Mercedes-Benz dengan gempuran C, E dan S Class terbaru? Semoga saja.

Read Prev:
Read Next: