BMW 1-Series Sedan, Akhirnya 1-Series Jadi Makin Kece

BMW 1-Series Sedan, Akhirnya 1-Series Jadi Makin Kece
0  komentar

AutonetMagz.com – Terakhir kali melihat BMW 1-Series memiliki buntut, adalah saat kami mengingat BMW 1 M Coupe. Ya, itu pertama kalinya BMW 1-Series punya buntut, namun karena coupe, pintunya hanya ada 2 saja. Karena format coupe ini akhirnya mengikuti nomenklatur baru BMW, akhirnya di 1-Series terbaru hanya ada format hatchback 5 pintu dan 3 pintu saja untuk pasar global. Untuk yang ingin coupe BMW kecil, sekarang ada di BMW 2-Series.


bmw-1-series-sedan-side

Namun untuk China, mereka mendapat perlakuan spesial karena pasar mereka begitu besar. BMW 1-Series sedan akhirnya resmi dirilis untuk pasar China saja, dan ini adalah pertama kalinya BMW 1-Series hadir dalam bentuk sedan 4 pintu, dan ini membuatnya jauh lebih enak dilihat daripada 1-Series hatchback yang bentuknya agak aneh. Target konsumennya adalah kaum muda China yang sekarang jadi konsumen mainstream di merek mobil premium, dan BMW 1-Series sedan ini dirancang di China.

bmw-1-series-sedan-rear

Seperti biasanya mobil-mobil buatan Munich, sosoknya sangat mudah dikenali sebagai sebuah BMW. Tentu saja berarti ia punya gril double kidney, 4 buah lingkaran LED di lampu depan, Hoftmeister Kink dan lampu belakang LED bar. Secara penampilan, ia tidak terasa semahal 7-Series, 3-Series atau 5-Series, tapi wajar, soalnya ini sedan termurah BMW. Interiornya sendiri sangat BMW, dan ada kemiripan desain dengan milik BMW X1, Active Tourermaupun Gran Tourer.

bmw-1-series-sedan-interior

Fitur standar interiornya termasuk layar LED 8,8 inci di tengah, HUD full color, BMW iDrive, panoramic roof dan Comfort Access keyless entry. Urusan keselamatan, sudah ada Lane Departure Warning, Collision Warning dan Pedestrian Warning. BMW Navigation system Professional pun turut dihadirkan sebagai paket penawaran bagi calon pemilik BMW 1-Series sedan.

bmw-1-series-sedan-rear-cabin

Mesin? Nah, BMW 1-Series sedan memakai mesin turbo, yakni 1.500 cc 3 silinder turbo atau 2.000 cc 4 silinder turbo. Untuk BMW 118i, mesin 1.500 cc turbonya menghasilkan 136 hp, dan untuk BMW 120i, mesin 2.000 cc turbonya punya tenaga yang lebih besar, yakni 192 hp. Varian teratas, yakni BMW 125i Sport memakai mesin 2.000 cc turbo juga, tapi dengan tenaga yang ditendang mencapai 231 hp. Besar juga untuk mobil sekecil ini.

Semua model dan varian BMW 1-Series sedan akan ditawarkan dengan transmisi manual 6 percepatan atau otomatis 8 percepatan. FYI, kalau konsumennya adalah purist BMW, bisa dipastikan ia akan sedikit illfeel dengan sedan ini, soalnya sedan BMW yang satu ini pakai penggerak roda depan alias FWD. Wajar, karena ia dibangun di atas platfotm UKL, platform yang dipakai BMW untuk mobil FWD macam Active Tourer, Gran Tourer, X1 dan Mini Cooper. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: