BMW Seri 1 Sedan Meluncur Khusus Pasar China

by  in BMW&Mobil Baru
BMW Seri 1 Sedan Meluncur Khusus Pasar China
0  komentar

Autonetmagz.com – Membeli mobil premium tentu saja tak hanya membeli merek saja, namun juga teknologi, mesin, desain, bahkan fitur yang tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan sang calon pembeli. Nah, jika kita mengamati perkembangan saat ini, mobil dengan segmen bodi dan kubikasi kecil memiliki pangsa pasar yang baik. Untuk segmen premium, ada Mercedes Benz A-Class, Audi A3 dan BMW 1-Series. Walau Kelas hatchback adalah kelas yang menggiurkan, dan nyatanya telah diseriusi oleh ketiga pabrikan tersebut, namun pasar sedan tak bisa dilupakan begitu saja. Setelah Mercedes Benz yang juga merancang A-Class Sedan, BMW juga merancang Seri 1 Sedan, dan kini mobilnya telah muncul secara eksklusif untuk publik China.

Adalah BMW Brilliance Automotive Ltd yang menaungi brand asal Jerman itu di China yang memperkenalkan Seri 1 Sedan terbaru ini pada hari Senin, 27 Februari 2017 lalu. FYI, Brilliance adalah perusahaan lokal yang menjadi partner BMW di China, yang punya merek dagang sendiri. Seri 1 sedan akan memiliki dimensi panjang 4.456 mm, lebar 1.803 mm dan tinggi 1.446 mm. Dengan desain bonnet dan jarak sumbu roda yang panjang, tentu secara tampilan seri 1 sedan terlihat sporty khas BMW.

Masuk ke dalam interior, seri 1 sedan ini sangat driver oriented, khas sedan-sedan Bimmer. Mungkin karena calon pembeli mobil ini akan mengemudikan mobil ini sendiri, bukan menggunakan supir. BMW juga tentunya mengakomodir kenyamanan berkendara sang sedan dengan mengklaim bahwa ruang kaki dan ruang kepala sang seri 1 sedan sangat berlimpah.

Nah jika bicara urusan mesin, tentu seperti layaknya seri BMW lain, Seri 1 sedan akan dibagi menurut kubikasinya. Trim yang ditawarkan adalah 118i Sedan, 120i Sedan and 125i Sedan. Trim terakhir yang kami sebutkan tadi akan menggendong mesin 2.000 cc 4 silinder dengan tenaga 228 hp dan torsi 350 Nm. Mesin tersebut akan didampingi oleh transmisi  8-speed Steptronic yang membuatnya mampu menempuh 0-100 km/jam hanya selama 6,8 detik dan mencapai kecepatan maksimum di angka 250 km/jam.

Sedang versi 120i sedan akan menggunakan mesin yang kubikasinya sama dengan versi diatas, yaitu 2000cc 4 silindeer namun muntahan tenaganya menurun menjadi 189 hp dengan torsi 280 Nm. Mesin ini disuplai transmisi yang sama dengan 8 percepatan steptronic yang mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dengan waktu 7,5 detik dan mencatat kecepatan maksimal di angka 235 km/jam. Sedangkan versi terakhir, yaitu 118i membawa mesin 1.500 cc 3 silinder dengan tenaga 134 HP dan torsi 220 Nm yang disalurkan melalui transmisi 6 percepatannya. 118i Sedan mampu meraih 100 km/jam dalam waktu 9,4 detik dan kecepatan maksimum 212 km/jam.

Setelah penjelasan panjang lebar akan mesinnya, mungkin anda akan berpikir jika karakter mesinnya seperti disebutkan di atas, maka kita akan mengucap selamat tinggal pada kenyamanan. Namun tidak tuh ternyata, karena BMW masih memperhatikan faktor kenyamanan, BMW sendiri mengklaim ingin karakter sporty dari sang sedan tetap diikuti dengan kenyamanan berkendara. Bahkan BMW berseloroh bahwa Seri 1 sedan akan mengawinkan tampang dan peforma sporty dengan pengalaman berkendara yang santai di setiap perjalanan.

Fitur – fitur pendukung pengendara disediakan oleh BMW, seperti rem cakram yang bisa diandalkan, electromechanical power steering dengan Servotronic speed-related support, dan Dynamic Stability Control. Dan dengan fitur – fitur standar lain muncul pula AC otomatis yang telah dioptimasi oleh BMW dari sisi suaranya. Selain itu, sistem AC-nya mampu menyesuaikan pemanas dan ventilasi untuk menyesuaikan kondisi cuaca dan iklim di China, dan juga tentu menawarkan penyaringan udara yang sangat efektif bagi penumpang di dalam kabin.

Sistem – sistem pendukung pengendara hadir sebagai optional, seperti Driving Assistant with collision warning & city brake dan Parking Assistant. Tentu jika anda memilih menambah fitur tersebut, anda akan membuat sang sedan semakin safety. Dan terkait teknologi pada head unit-nya, BMW menawarkan personal mobility assistant yang akan membuat ponsel pintar atau smart watch bisa terhubung dengan mobil. Jadi dengan segudang fitur dan mesin serta tampilan yang sporty tanpa meninggalkan unsur kenyamanan, sang Seri 1 sedan akan menjadi pilihan yang menarik bagi masyarakat China. Bagaimana komentarmu kawan pada berita ini?

Read Prev:
Read Next: