Benelli TNT 302S : Motor Gado – Gado Yang Serba Nanggung

by  in Benelli&Berita&International
Benelli TNT 302S : Motor Gado – Gado Yang Serba Nanggung
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah cukup lama kita tak membahas motor baru yang belum ada di Indonesia, karena memang pembahasan seputar motor dalam 2 minggu terakhir hanya berpusat pada gelaran GIIAS 2018 yang baru berakhir pada hari minggu kemarin. Nah, kini ada sebuah motor baru lagi di India, yang punya bentuk yang agak gado – gado alias terinspirasi dari motor yang sudah ada sebelumnya, dan bisa jadi nantinya motor ini malahan masuk ke Indonesia. Motor ini adalah Benelli TNT 302S, pengganti seri Benelli TNT 300 di India.

Jikalau kita bicara masalah motor Benelli, apalagi seri TNT, mungkin bagi kalian yang sudah pernah mencicipi atau setidaknya melihat motor ini melaju, maka salah satu hal paling khas dari motor ini adalah suaranya. Yap, walaupun menggunakan mesin inline 2 silinder seperti motor 250cc ataupun 300cc kebanyakan, namun suara dari Benelli TNT250 ataupun Benelli TNT300 di India bak sebuah motor 4 silinder, dan tak jarang membuat banyak orang salah tebak. Nah, Benelli TNT250 yang dijual di Indonesia sendiri adalah versi mini dari Benelli TNT300 di India, keduanya sama saja hanya dibedakan di kubikasi mesin saja. Yang menarik, sosok Benelli TNT300 di India akan segera mendapatkan suksesor dalam diri Benelli TNT 302S. Artinya, bisa jadi dalam beberapa waktu kedepan Benelli TNT 250 di Indonesia juga akan mendapatkan update dengan mengusung desain ala Benelli TNT 302S di India.

Oke, cukup informasi mengenai kemungkinan kemunculannya di Indonesia, kita kini bahas mengenai sosok Benelli TNT 302S ini sendiri. Jadi, Benelli TNT 302S adalah produk yang dihasilkan oleh Benelli India yang bekerjasama dengan Mahavir Group, jadi motor ini bukan lagi rasa China, namun rasa India. Sosok Benelli TNT 302S sendiri bukanlah sepenuhnya baru, karena motor ini sudah sempat dipajang oleh pihak Benelli di EICMA tahun 2017 silam. Basis pengembangannya pun masih sama saja dengan Benelli TNT 300, hanya saja menggunakan bahasa desain baru. Secara bentuk, jelas bahwa Benelli TNT 302S lebih modern, namun tunggu dulu, coba amati lampu depannya. Sekilas lampu depan dari Benelli TNT 302S ini tak ada yang aneh, namun jikalau dilihat frontal dari depan, lampu depan dari motor ini cukup mirip dengan KTM Duke 390. Hmmm, apakah cuma kebetulan? Anggap saja iya. Kebetulan juga di India Benelli TNT 302S akan bertarung dengan KTM Duke 390 dan Bajaj Dominar.

Suspensi depan USD juga sudah digunakan, walau sayang warnanya tak eye catchbing, mungkin supaya terlihat low profile. Pindah ke samping, rangka tralis gemuk berwarna merah dengan suspensi model tidur masih dipertahankan di motor ini. Jok-nya pun juga masih mempertahankan model tandem, dan pindah ke belakang, baru terlihat keunggulan KTM Duke 390 dibandingkan Benelli TNT 302S ini. Yap, buritan dari Benelli TNT 302S ini terkesan landai saja dengan lampu yang tak banyak berubah dari pendahulunya plus spatbor belakang model gantung. Kalau kalian suka buritan yang runcing, jelas kalian akan lebih memilih KTM Duke 390 daripada Benelli TNT 302S. Namun kaki – kaki dari Benelli TNT 302S ini lumahan oke dengan ban yang gambot. Selain itu, rem ABS dua channel juga sudah diberikan di motor ini, sejalan dengan panel instrumen yang sudah menggunakan model digital.

Untuk mesin, Benelli TNT 302S mengandalkan mesin yang masih sama saja dengan Benelli TNT 300, yaitu mesin 300cc 2 silinder dengan tenaga maksimal 37,2 hp dan torsi 25,6 Nm yang dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan. Bobot dari motor ini sendiri cukup masif, mencapai 203 kg. Sebuah angka yang jelas overweight untuk sebuah motor 250 hingga 300cc. Jadi, bagaimana menurut kalian motor ini? Oke nggak kalau dijadikan suksesor dari Benelli TNT 250 di tanah air, mengingat motor tersebut sudah absen di booth Benelli di GIIAS 2018 kemarin.

Sumber Gambar : Drivespark

Read Prev:
Read Next: