Benelli TNT 150 2017, Mau Masuk Pasar Indonesia?

by  in Benelli&Motor Baru
0  komentar

Autonetmagz.com – Pasar motor di Indonesia baru saja geger dengan adanya dugaan kartel yang menimpa dua merk dengan marketshare tertinggi di Indonesia, yaitu Yamaha dan Honda. Namun, kita berharap hal ini tidak berpengaruh terhadap kelanjutan pengembangan produk – produk mereka. Apalagi, bulan ini cukup banyak kejutan yang terjadi, khususnya dalam segmen motor sport 150cc. Yamaha baru saja tertangkap kamera sedang menguji jalan versi terbaru dari varian sport naked andalan mereka, V-Ixion. Padahal, diwaktu yang hampir bersamaan, Suzuki yang tengah menapaki comeback-nya ke segmen sport tanah air sedang memperkenalkan Suzuki GSX-S150 yang adalah versi naked dari GSX-R150. Apakah ini langkah Yamaha menjegal Suzuki? Entahlah. Tapi, sayup – sayup di kejauhan, ada sebuah merk eropa yang mulai menjajaki untuk ikut serta dalam ganasnya kelas sport 150cc, merk itu adalah Benelli.

Kalau bicara Benelli, apalagi di Indonesia, pasti akrabnya sama TNT 250 dan Zafferano 250 yang segede kapal itu. Namun sekarang kita bicara kelas 150cc, dan kelasnya sport ya, bukan skutik atau maxi skuter lagi. Sebenarnya motor sport Benelli berkubikasi 150cc sudah ada kok, tapi bukan di Indonesia ya. Benelli TNT 150 adalah namanya, dan dijual di India.

Nah beberapa waktu lalu, versi anyar dari sang kuda besi telah dibocorkan melalui sebuah teaser video. Sekilas kita lihat dari video tersebut, sosoknya cukup kekar dengan rangka tralis yang berwarna merah yang kontras dengan warna putih pada bodinya. Lampu depannya memang belum menggunakan LED, namun di video terlihat TNT 150 memiliki DRL yang justru sudah LED. Suspensi depannya ikut kekinian dengan penggunaan suspensi upside down berwarna silver. Selain itu jok sudah split seat.

Rem depan cakram berpola dengan kaliper bertuliskan Benelli berwarna merah yang serasi dengan rangkanya, dan di belakang juga dilengkapi cakram pula. Knalpot tidak terlalu panjang, dan sekilas mirip milik Yamaha R25. Lampu belakangnya terlihat meruncing walau belum terlihat jelas sudah menggunakan LED atau belum. Yang unik, ada kisi – kisi udara di bodi belakangnya, entah apa tujuan pemasangannya, apakah sekedar pemanis saja. Speedometer-nya telah menggunakan versi full digital dengan indikator gigi dan takometer yang terlihat mampu berputar hingga 12.000 rpm

Dari info yang berkembang, Benelli merencanakan memasarkan motor ini ke beberapa negara asia tenggara, yang mana Indonesia menjadi salah satunya. Jika bermain di kelas 150cc, maka pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh para pembaca adalah berapa sih tenaganya? Hmmm, menjawab pertanyaan ini adalah dilema tersendiri. karena versi yang ada sekarang memiliki mesin berkubikasi 148cc pendingin udara dengan transmisi 5 percepatan yang memuntahkan tenaga sebesar 12.06 HP pada 8500 rpm dan torsi 11.0 NM pada 6000 rpm. Tenaganya kecil? Iya, dan justru karena itu kami berharap banyak pada peningkatan peformanya jika jadi masuk ke Indonesia.

Karena seperti yang kita tahu, kelas 150cc cukup kejam, sang penguasa di kelas ini, yaitu Yamaha V-Ixion pun akan segera mendapatkan penyegaran, sedang CB150SF juga cukup mumpuni urusan desain dan peforma, dan pendatang baru GSX-S150 cukup menjanjikan peforma dan harga yang menggiurkan. Walau masih banyak motor kelas 150cc lain seperti Yamaha Byson, Yamaha Xabre dan Honda Verza, namun ketiga motor yang kami sebutkan diatas yang paling berpontensi di pasar saat ini. Jadi, Benelli punya PR jika ingin memasukkan TNT 150 ke Indonesia, walau berada di segmen merk premium, Benelli juga harus melakukan studi terkait peluang pasarnya. jadi kita nantikan saja ya, bagaimana komentarmu kawan?

Read Prev:
Read Next: