GIIAS 2018 Test Ride Experience : Motor Apa Saja yang Bisa Dicoba?

by  in Benelli&Berita&BMW
GIIAS 2018 Test Ride Experience : Motor Apa Saja yang Bisa Dicoba?
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika kalian sadar, ada alasan yang cukup sering disebutkan oleh mereka yang datang ke sebuah pameran otomotif adalah ‘Nyobain mobil atau motor keluaran terbaru‘. Baik yang hanya sekedar iseng dan datang saja hingga benar-benar berkeinginan mencoba mobil atau motor tertentu, pasti memiliki alasan ini. Berbeda kalau anda yang hanya ingin melihat SPG-nya saja, itu sih beda. Tapi tetap saja banyak dari kalian yang memiliki alasan kedua bukan? hayo jujur hehehehe ok fokus lagi.

Jika anda datang pada GIIAS 2018 tahun ini, alasan anda untuk mencoba mobil atau motor terbaru pada salah satu pagelaran otomotif terbesar se-Indonesia sangatlah tepat. Mengapa? Karena fasilitas yang memadai untuk melakukan test ride maupun test drive sangat lengkap. Rute mencoba kendaraan yang telah disediakan lengkap dengan rintangan seperti speed bump dan juga cone, unit tes yang disediakan juga beragam tiap manufaktur yang berpartisipasi, hingga proses mengajukan tes yang sangat mudah. Bahkan area test drive saja disediakan pada dua tempat yang berbeda dalam area ICE BSD ini.

Tapi untuk kali ini, saya bahas test ride experience dahulu. Oke mari kita cus coba motor-motor di GIIAS 2018 ini.

Registrasi Test Ride

Hal terpenting sebelum anda melakukan registrasi adalah, pastikan kalian sudah memiliki SIM C. Karena tanpa SIM C, pupus sudah harapan anda mencoba motor baru karena itu persyaratan utama yang harus kalian penuhi terlebih dahulu. Tetapi jika kalian masih belum mempunyai SIM C, jangan coba-coba ya ‘menumpang‘ pada orang yang sudah memiliki SIM C. Karena pihak GIIAS tidak akan bertanggung jawab jika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan bagi semua pihak.

Jika persyaratan tersebut sudah terpenuhi, langsung berangkat ke hall 3A disamping booth Fuso untuk melakukan registrasi peserta test drive, tidak membutuhkan waktu lama kok prosesnya. Tetapi jika diperhatikan, registrasi tahun ini ada sedikit perbedaan dengan GIIAS tahun lalu. Pada 2017 yang lalu, registrasi test ride bebas menentukan motor apa saja yang akan kita coba saat memasuki venuenya, tanpa dibatasi berapa model yang ingin kita coba. Jadi tinggal datang saja ke booth manufaktur yang motornya ingin anda coba.

Namun untuk tahun ini, kita harus menentukan motor yang ingin kita coba terlebih dahulu di meja registrasi yang terbatas hanya 2 model saja yang bisa kita tes untuk sekali antri, lalu baru bisa menjajal venue test ride. Setelahnya kita akan mendapatkan kertas struk berisikan barcode untuk nanti diserahkanpada tenda manufaktur yang motornya ingin anda coba. Setelahnya? Tinggal geber saja motor tesnya. Eh tapi tunggu dulu, apa aja nih motor yang bisa kita tes pada GIIAS 2018 ini? Mari kita cek berjamaah.

Unit Test Ride

Benelli

Yang pertama dari manufaktur asal Italia yang pabriknya ada di India ini (untuk beberapa model region Asia). Sekarang Benelli hanya menyediakan 2 model saja yang salah satunya baru diluncurkan pada gelaran GIIAS kali ini. Motor tersebut adalah Motobi 200Evo, cruiser terbaru dari Benelli yang langsung bisa anda coba di area test ride. Sisa satu motor lagi adalah Patagonian Eagle 250 yang tahun lalu juga muncul dalam area yang sama. Kok berkurang nih model tesnya dari tahun lalu?

BMW Motorrad

Ok jangan senang dulu dan menaruh ekspektasi tinggi, karena dalam booth test ride BMW pada GIIAS 2018 yang bisa anda coba hanyalah model G310 GS saja. Memang masih sangat menarik untuk mencoba motor baru keluaran BMW Motorrad ini, namun sayang saja variasi model tesnya masih sangat kurang. R Nine T, G1200 GS, atau bahkan G310 Rnya mana? Tidak ada. Sedih? Saya juga kok. Tapi ya kita tidak bisa menyalahkan pihak BMW Motorrad karena menurut saya pribadi cukup riskan untuk menjajakan model yang memiliki cc besar di area ini karena satu dan lain hal.

Honda

Inilah manufaktur yang paling niat dalam membuat booth test ridenya. Bisa dilihat seniat apa booth Honda jika dibandingkan dengan booth manufaktur lain. Model tes yang tersediapun juga beragam. Dari mulai CB500X, Rebel 500, CRF150L, hingga motor dengan teknologi terbaru hybrid Honda yaitu PCX Hybrid. Ke empat motor ini bisa anda geber sepuasnya di GIIAS 2018, kapan dan dimana lagi bukan?

Kawasaki

Tak mau kalah saing dengan Honda, Kawasaki menyediakan 4 model sebagai lini untuk area test ride. Keempat model tersebut ialah Versys X, Ninja 250, W175, dan D-Tracker. Walaupun motor baru yang hadir hanyalah Ninja 250 saja, namun booth manufaktur yang identik dengan warna hijau tersebut masih menarik untuk diminati. Karena apa? Melihat-lihat saja namun tak mencoba tidaklah cukup.

KTM

KTM merupakan salah satu manufaktur yang menyumbang 5 model motor untuk area test ride GIIAS 2018. Jadi secara tidak langsung, KTM merupakan salah satu penyedia model terbanyak dalam gelaran GIIAS kali ini. Membanggakan? Bisa dibilang begitu. Namun sayang seribu sayang, tidak ada model terbaru karena memang KTM belum mengupdate lini produknya sejak kemunculan Duke 390. Jadi yang bisa anda tes hanyalah RC 200, RC 250, Duke 200, Duke 250, dan yang terakhir adalah Duke 390.

Nozomi

Jangan bingung melihat nama Nozomi di sini, karena memang benar adanya kalau pada GIIAS yang sekarang kalian semua bisa mencoba motor bak roda tiga. Ini sangat menarik karena kalian bisa mencoba pengalaman mengendarai motor yang jauh berbeda dari semua model yang tersedia dalam area test drive GIIAS 2018. Terlebih jika memang kalian memiliki usaha yang membutuhkan moda pengangkut seperti Nozomi Azabu 150, anda bisa langsung mencoba unitnya karena tersedia di sini.

Piaggio

Sama seperti KTM, pabrikan asal Italia ini juga menyumbang 5 model motor mereka dan variasnya juga bukan hanya Vespa saja. Jadi selain LX 125, Primavera 150, GTS 150, dan GTS 300, ada juga Medley S 150 yang siap untuk digas sepanjang area test ride. Mampir saja dahulu, karena siapa yang tidak tergoda mengendarai motor Piaggio?

Suzuki

Kali ini booth Suzuki hanya menyediakan 2 model saja untuk kita test ride, Nex II 115 dan GSX R 150. Sayang sekali, kenapa bukan Bandit saja yang bisa kita tes menggantikan GSX R 150 yang juga sudah lama berada di pasar motor Indonesia? Nex memang tak kalah menarik tapi sayang sekali Suzuki masih mengandalkan GSX R sebagai tipe untuk test ridenya.

Viar

Pabrikan otomotif yang berasal dari Indonesia ini membuat kejutan pada area test ride GIIAS. Karena mereka langsung menyediakan 2 model motor terbarunya yang dimana motor tersebut juga sangat menarik perhatian pengunjung dalam booth pameran Viar di GIIAS 2018 ini. Dua motor tersebut adalah duo Vintech 200 dan 250. Dengan mengusung gaya café racer, duo tipe Vintech ini sukses menarik hati para pengunjung yang datang ke area test ride membuat hasrat ingin mencobanya semakin besar. Bagaimana? Tertarik mencoba motor ‘vintage’ lansiran Viar ini?

Yamaha

Untuk manufaktur yang terakhir ini, saying pabrikan garpu tala hanya menyediakan 2 model test ride saja yaitu Lexi 125 dan juga XMax 250. Memang tidak ada yang baru dan juga kurang variasinya, tetapi mungkin jika anda belum mencoba kedua motor tersebut hingga saat ini, booth Yamaha pada area tersebut akan jadi menarik. Mengapa? Karena waktu test ridenya boleh melebihi dua putaran alias tidak ditentukan! bahkan disaat sepi anda bisa menyusuri jalur test ride sepuasnya karena tidak ada antrian di belakang anda yang ingin mencoba motor Yamaha. Tes dengan waktu tak terbatas? Lanjut gaspol!

Conclusion

Jadi kesimpulan yang saya dapatkan dari experience test ride GIIAS 2018 kali ini membuahkan opini positif maupun negatif. Dari sisi negatifnya terlebih dahulu, kita tak lagi bebas memilih motor yang ingin kita coba karena limit 2 model dari meja registrasi. Bisa saja kita mengantri lagi untuk mencoba model yang lainnya hingga semua dapat kita coba, namun melelahkan bukan jika kita harus bolak balik mengantri lagi ke meja registrasi setelah 2 model telah kita coba? Memang jadi lebih teratur tapi hal ini bisa menyebabkan penumpukan peserta di meja registrasi. Waktu test ride juga hanya bisa dilakukan hingga jam 6 sore, setelahnya? Bye-bye nyobain motor baru.

Namun dari sisi positifnya, kebijakan limit 2 model tersebut membuat area test ride menjadi lebih rapih dan juga teratur. Tak lagi banyak orang lalu lalang menghalangi jalur tes walaupun memang kita tetap harus mengantri untuk menjajal lintasan test ride. Cukup sekian saya sampaikan pengalaman test ride GIIAS 2018. Ajaklah orang-orang terdekat untuk mendatangi GIIAS tahun ini agar pengalaman menikmati Motor Show anda semakin seru seperti foto yang ada di atas. Apa kalian memiliki pengalaman test ride yang menarik selama GIIAS 2018? Mari ramaikan kolom komentar di bawah.

Read Prev:
Read Next: