Baru Dirilis, Honda Civic Turbo Sudah Kena Recall

by  in Honda&International&Mobil Baru
Baru Dirilis, Honda Civic Turbo Sudah Kena Recall
0  komentar
Honda CIvic 2016

AutonetMagz.com – Kesalahan pabrikan memang bisa terjadi kapan saja dan recallnya pun juga bisa datang saat mobil sudah lawas ataupun masih baru baru ini. Tapi yang ini malah lucu karena baru saja dirilis dan memang fenomenal di bagian mesin, eh malah Honda Civic 2016 sudah kena recall di bagian mesin, ya ampun…

Sinyal Recall sudah mulai disuarakan oleh Honda di Amerika Serikat sejak akhir Januari 2016 lalu dan sudah disetujui National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Mereka pun terpaksa men-stop order untuk beberapa varian Civic sementara ini. Seperti yang diumumkan forum CivicX, mereka mengumumkan berita dari dealer Honda Amerika Serikat untuk para pengguna Civic terbaru.

Honda Civic 2016 Indonesia

Masalah recall berada pada kesalahan pemasangan piston ring pada Honda, dimana bila bagian ini tidak presisi maka akan terjadi baret berlebih pada dinding silinder yang mengakibatkan overheat. Paling ekstremnya adalah siap siap menemukan api unggun saat membuka kap mesin. Diramalkan ada kurang lebih 34.000 unit Civic yang terkena Recall dan sayangnya sparepart yang mendukung belum tersedia saat ini sehingga mereka harus menunggu Maret 2016 untuk recall ke dealer.

Sementara itu bagi tetangga Amerika Serikat yang juga kedapatan jatah Honda Civic baru ini, Kanada juga mengumumkan recall pada Honda Civic. Namun yang berbeda dengan Amerika Serikat adalah model yang direcall hanya yang versi 2.0-liter sedangkan versi 1.5 turbo masih aman aman saja. Dipastikan akan ada 10.698 unit Civic di Kanada yang akan melakukan recall.

Honda-new-Civic-Thailand-2016-spy-shot-front

Well kenapa kasus recall Honda Civic di dua negara ini bisa berbeda? Simpel kok, karena untuk versi AS dan versi Canada diproduksi di dua pabrik yang berbeda. Untuk Civic AS diproduksi di pabrik Honda Manufacturing of Greensburg, Indiana. Sedangkan Civic Kanada diproduksi di Honda of Canada Mfg (HCM) in Alliston, Ontario. Lalu bagaimana dengan Honda Civic turbo yang sudah diproduksi di Thailand dan Filipina?

Tenang saja bro… masih aman kok, otomatis jatah Honda Civic Indonesia pastinya tidak akan terkena recall. Tapi setidaknya Honda AS punya kesadaran harus segera mengumumkan recall meski kondisinya masih mengusahakan sparepart, langkah yang patut diapresiasi. Bagaimana menurutmu? Sampaikan corat coretnya di bawah ini ya.

Read Prev:
Read Next: