Resmi, Honda Civic Turbo Segera Diberkahi Girboks Manual 6 Percepatan!

Resmi, Honda Civic Turbo Segera Diberkahi Girboks Manual 6 Percepatan!
0  komentar
honda civic sedan 2016

AutonetMagz.com – Kemarin, Honda Civic Turbo sudah berkeliaran di Jakarta, Indonesia. Disinyalir untuk keperluan iklan, tapi kami masih saja mendapat kabar baru dari luar sana mengenai Civic. Dari acara New York International Auto Show 2016, Jeff Conrad selaku senior vice president dan general manager Honda Amerika Serikat akan membuat Civic kembali menjadi Civic yang sporty – sebagaimana harusnya Honda Civic – dengan memberikan transmisi manual. Yes!

Lebih tepatnya, semua Civic Turbo akan mendapatkan transmisi manual 6 percepatan sekitar semester kedua tahun ini. “Kami bilang, ini akan jadi Civic kami yang paling sporty sepanjang masa, dan kami bersungguh-sungguh,” katanya. Sebelumnya, transmisi 6 percepatan hanya ada untuk Civic bermesin 2.000 cc alias varian termurah, sementara versi 1.500 cc turbo dapat CVT. Sedikit masalah, karena tidak semua orang, khususnya enthusiast driver, mudah menerima CVT.

honda civic hatchback concept

Di sisi lain, CVT itu bagus untuk kehalusan dan efisiensi ( Baca : Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Transmisi Matik Torque Converter, CVT dan Dual Clutch). Kebijakan ini berlaku untuk semua jenis Civic, mau itu sedan, coupe atau hatchback. Syukurlah, berarti tenaga 174 hp dan torsi 220 Nm bisa terasa lebih maksimal penyalurannya ke roda depan. Konsekuensi logisnya, pasti pegal kalau macet, tapi bagi mereka yang menikmati berkendara dengan mobil dan bukan hanya untuk pindah dari A ke B, biasanya tidak peduli soal pegal.

Menyusul pemberitahuan ini, Civic Si dan Civic Type R juga masih dalam proses perancangan, dan Civic Type R disinyalir akan berbentuk hatchback, bukan sedan seperti Civic Type R FD2. Civic hatchback sendiri dibuat untuk menyerang pasar Eropa dan Australia, sementara pasar lain akan diberikan Civic sedan. Nantinya, Civic hatchback yang dijual ke Australia akan berstatus CBU Thailand, sementara pabrik Honda di Inggris bertanggung jawab atas Civic spek Eropa.

honda-civic-coupe-2016-rear

Tapi kami sih yakin, Civic yang dijual di sini nanti pasti CVT saja, tidak ada manual. Alasan klasik, berapa persen sih orang yang masih minat transmisi manual di sini? Itu salah satu kenyataan pahit yang harus diterima, tapi tetap, kami menunggu kemunculan resmi Civic generasi kesepuluh di sini, apakah ia memang sebagus itu atau tidak. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: