Mazda MX-30 Bermesin Rotary Akan Hadir Tahun Ini!

by  in Berita&International&Mazda
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat Mazda memutuskan untuk menyuntik mati Mazda RX-8 pada bulan Juni 2012 silam, banyak penggemar mesin rotary yang merasa kecewa. Wajar saja, walaupun bukan mesin yang ramah lingkungan, namun mesin rotary tetap menawarkan peforma yang jempolan dari kubikasi mesin yang lebih kecil. Nah, isu yang menyebutkan bahwa pihak Mazda akan menghidupkan kembali mesin rotary pun beredar sejak beberapa tahun lalu. Dan tahun ini, versi real-nya akan muncul ke publik.

Nah, kalau kalian berpikir bahwa mobil yang akan menggunakan mesin rotary adalah Mazda RX-9, maka kalian harus kecewa. Seperti judul diatas, mobil yang akan mendapatkan mesin rotary adalah Mazda MX-30. Lho, Mazda MX-30 kan mobil listrik? Memang benar, kehadiran mesin rotary di Mazda MX-30 sendiri bukan untuk menggantikan motor listrik, melainkan untuk membantu motor listrik tersebut. Beberapa waktu lalu, pihak Mazda baru saja merayakan 100 tahun peringatan ulang tahun perusahaan, dan dalam rilis resmi, Mazda sangat mengapresiasi peran mesin rotary dalam sejarah mereka. Oleh karenanya, Mazda akan memanfaatkan teknologi tersebut untuk menyokong mobil listrik mereka, Mazda MX-30.

Sejauh ini, mesin rotary baru untuk Mazda MX-30 masih belum diumumkan, namun kabarnya mesin ini akan menggunakan basis dari sistem yang sudah dikembangkan Mazda di masa lalu. Sebenarnya, konsep mobil listrik dengan mesin wankel rotary sebagai range extender bukanlah konsep yang baru. Mazda pernah bereksperimen dengan komposisi tersebut di tahun 2013 lalu melalui Mazda 2 EV. Sebagai catatan, Mazda 2 EV kala itu memiliki jarak tempuh sejauh 200 km. Namun, saat ditambah mesin single rotor Wankel Rotary 330cc bertenaga 38 PS, jarak tempuhnya menjadi 380 km alias nyaris 2 kali lipat. Jelas sebuah kombinasi yang menggiurkan.

Dalam rilis resminya, Mazda menyebutkan bahwa pihaknya akan menggunakan sistem yang mirip dengan Mazda 2 EV di masa lalu untuk Mazda MX-30. Selain dalam rilis resmi, pihak Mazda juga mengumbar kehadiran Mazda MX-30 Range Extender dengan mesin rotary dalam video official yang diunggah oleh Mazda UK. Di ending Video tersebut, muncul sosok Mazda MX-30 dengan tulisan Range extender, dimana sejatinya video tersebut berisikan sejarah mesin rotary Mazda. Kabarnya, sosok Mazda MX-30 range extender sedang dipersiapkan Mazda untuk melakukan debutnya di tahun 2020 ini.

Jadi, apa tanggapan kalian? Mari sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: