Seratus Ribu Unit Mazda RX-8 Terdaftar Dalam Dua Program Recall

by  in Berita&International&Mazda
Seratus Ribu Unit Mazda RX-8 Terdaftar Dalam Dua Program Recall
0  komentar

AutonetMagz.com – Sepertinya memang pabrikan otomotif dunia sedang cukup sibuk dengan adanya pembenahan terkait produknya yang bermasalah atau yang biasa kita sebut dengan recall. Tak hanya menimpa pabrikan asal Eropa ataupun Korea Selatan saja, namun juga pabrikan asal Jepang, dan Mazda adalah salah satunya.

Mazda mengumumkan program recall untuk produk sport mereka yang kondang, yaitu Mazda RX-8. Mobil yang dibekali mesin rotary ini ternyata tak hanya mendapatkan satu program recall melainkan langsung mendapatkan dua program recall. Program recall yang pertama menjerat Mazda RX-8 produksi tahun 2004 hingga 2008 yang bermasalah pada kondisi panas pada mesin dan juga pipa pembuangan sehingga pompa bahan bakar utamanya dapat retak dan meningkatkan kemungkinan terjadinya kebakaran.

Sebanyak total 69.447 unit dari Mazda RX-8 dipanggil untuk mampir ke bengkel Mazda terkait masalah tersebut, walaupun memang sejauh ini belum ada laporan terkait adanya kecelakaan maupun korban yang jatuh akibat kerusakan yang terjadi akibat retakan dan panas yang terjadi di pompa bahan bakarnya tersebut. Sedangkan program recall yang kedua menimpa pada 35.332 unit Mazda RX-8 adalah terkait ball joint socket yang berada pada suspensi depannya. Ball joint socket yang tepatnya berada di lower control arm pada suspensi depan Mazda RX-8 ini memiliki kemungkinan akan retak dan lepas.

Jika kejadian tersebut terjadi, maka sudah jelas bahwa mobil akan kehilangan kendali dan dipastikan meningkatkan resiko ternjadinya kecelakaan ataupun tabrakan. Namun sama dengan program recall pertama, memang belum ada laporan terkait kecelakaan yang melibatkan Mazda RX-8 dengan kondisi tersebut. Mazda RX-8 yang terdaftar dalam program recall kedua ini sendiri adalah produksi tahun 2004 saja.

Dan untuk bertanggung jawab akan kemungkinan fatal yang terjadi, maka Mazda membuka program recall tersebut dan menanggung semua penggantian dan juga parts yang diganti, alias gratis. Komponen yang akan diganti adalah front lower control arms, dan fuel pump filter kit. Mazda sendiri akan mulai memberi tahu para pemilik Mazda RX-8 pada kedua program recall mulai tanggal 30 Juli 2017 mendatang. Tentu ini adalah langkah tanggung jawab yang selayaknya dicontoh oleh pabrikan lain kan? Bagaimana menurut kalian? Sampaikan komentarmu ya.

Read Prev:
Read Next: