Bajaj & KTM Kembangkan Motor Listrik, KTM e-Duke?

by  in Berita&International&KTM
Bajaj & KTM Kembangkan Motor Listrik, KTM e-Duke?
0  komentar

AutonetMagz.com – Pergerakan sektor otomotif menuju ke arah elektrifikasi tidak hanya dilakukan oleh pabrikan – pabrikan roda empat atau lebih saja. Beberpa pabrikan roda dua juga sedang mempersiapkan diri untuk beralih ke tenaga listrik untuk asupan dapur pacu mereka. Salah satu yang baru – baru ini dikabarkan menuju ke arah tersebut adalah duet Bajaj dan KTM. Bajaj dan KTM dikabarkan tengah menggodok sebuah produk baru yang menggunakan tenaga listrik, dan basisnya adalah dari KTM Duke.

Sumber : Motorcycle.com

Beredar foto yang memperlihatkan sosok KTM Duke namun dengan mesin yang berbeda. Nah, mesin ini disinyalir merupakan motor listrik sehingga terlihat lebih bulky. Mengutip dari laman MoneyControl, executive director dari Bajaj Auto, Rakesh Sharma menyebutkan bahwa pihaknya bersama KTM memang sedang mempersiapkan sebuah motor listrik, namun pihaknya belum siap untuk mengumbar informasinya ke publik. Rakesh juga menyatakan bahwa masih belum jelas apakah motor ini berupa skutik ataupun berupa motor naked seperti yang kita lihat di gambar terlampir. Rakesh memastikan bahwa pihaknya mempertimbangkan segala kemungkinannya.

KTM Freeride E-XC

Sebenarnya, pihak KTM sendiri sudah memiliki line up motor listrik, yaitu KTM Freeride E-XC. Motor ini sudah diperkenalkan sejak tahun 2017 silam. Namun, KTM Freeride E-XC hanya dipasarkan di kawasan Eropa saja. Sedangkan pasar Asia, termasuk India, tidak mendapatkan unit motor listrik ini. Motor ini mengambil rupa sebuah motor trail enduro dengan tenaga mencapai 24,5 hp pada 4.500 rpm dan torsi 42 Nm, yang tentunya bisa dicapai sejak 0 rpm. Motor ini dihargai 7.500 Euro, atau sekitar 119 jutaan Rupiah. Terlalu Mahal? Mungkin karena memang motor ini berada di kelas high end untuk pehobi offroad.

KTM E-Speed

Oiya, selain itu KTM juga memiliki sosok KTM E-Speed yang berwujud sebuah skutik namun dengan kaki – kaki gambot. Motor ini memiliki tenaga maksimal 14,8 hp dengan jarak tempuh mencapai 60 km sekali pengisian daya. Nah, kembali ke gambar diatas, cukup memungkinkan jikalau pihak Bajaj dan KTM menggodok versi EV dari KTM Duke, menjadi KTM e-Duke mungkin. Yang jelas, keduanya sedang mempersiapkan motor listrik yang nampaknya akan berbagi platform satu sama lain. Jadi, kita tunggu saja bagaimana realisasi dari kerjasama ini ke depannya.

Bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: