Pabrik KTM Mulai Beroperasi Tahun Ini, Tinggal Urus Perijinan

by  in Berita&KTM&Merek Motor
Pabrik KTM Mulai Beroperasi Tahun Ini, Tinggal Urus Perijinan
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah cukup lama kami tidak membahas perihal roda dua di situs ini, dan kali ini kami akan membahas salah satu merk yang cukup beken namun punya banderol yang terjangkau, yaitu KTM. Jika kalian masih ingat, pihak Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku APM Motor KTM di Indonesia sudah menunjukkan niatan dan realisasi terkait pabrik KTM di Tanah air. Walau sempat mundur hingga tahun ini, pihak KTM menjamin bahwa produksi KTM di pabrik mereka akan segera dimulai.

Jadi, pabrik perakitan yang awalnya adalah gudang penyimpanan milik PJLM di kawasan Gresik ini dikalim sudah selesai dan sudah siap melakukan operasional. Namun, sejauh ini molornya operasional dari pabrik KTM ini adalah terkait perijinan perakitan lokal alias CKD dari produk – produk KTM yang dijual di Indonesia. Mengutip dari laman otomotif Kompas, Kristianto Goenadi, Presdir dari PT PJLM menyebutkan bahwa paling lambat proses CKD dari produk – produk KTM bakal dilaksanakan di Q3 tahun 2019 ini. Berhubung kita sudah memasuki Q2 tahun 2019, maka bisa jadi produksi akan berlangsung beberapa waktu lagi.

Pabrik KTM di Gresik sendiri sejatinya sudah cukup lama direncakan oleh pihak PJLM, tepatnya sejak tahun 2017 silam. Awalnya, pabrik ini direncanakan mulai produksi pada tahun 2018 dengan kapasitas sebanyak 600 hingga 800 unit per bulan, yang mana angka tersebut akan dicapai hanya dalam satu shift saja. Jadi, jika ditotal, pabrk yang punya kapasitas produksi 20.000 unit ini ditargetkan untuk memproduksi 7.200 hingga 9.600 unit dalam setahun untuk keperluan domestik. Pabrik ini sendiri menurut Kristianto akan berfokus pada model – model bermesin 200cc hingga 250cc saja, dimana dalam segmen ini pihak KTM memiliki empat model.

Keempatnya adalah KTM Duke baik yang bermesin 200cc maupun 250cc, dan juga KTM RC yang bermesin 200cc dan 250cc. Lalu bagaimana dengan nasib dari KTM RC 390 dan KTM Duke 390? Ya jelas, jika tak diproduksi lokal, maka statusnya adalah impor utuh alias CBU dari Negeri Bollywood, India. Kehadiran dari pabrik KTM di Indonesia tentunya menjadi sinyal positif bagi pihak KTM yang sejak dihandle oleh PJLM mendapatkan kesan positif dari masyarakat berkat koreksi harga yang menggiurkan. Dirakit lokalnya produk – produk KTM juga membuka kesempatan untuk produk – produk ini dikoreksi lagi harganya.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: