Mengenal Bajaj Qute Yang Viral, Keturunan Renault Nissan Lho!

by  in  Bajaj & Berita & Merek Motor
Mengenal Bajaj Qute Yang Viral, Keturunan Renault Nissan Lho!
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu terakhir nama Bajaj Qute kembali melejit di kalangan pegiat sosial media di Tanah Air. Bukan karena mobil mungil ini mendapatkan generasi terbarunya, namun karena founder sekaligus host AutonetMagz yaitu Ridwan Hanif yang membuat mobil ini trending di Youtube. Nah, kali ini kita akan bahas mengenai sosok Bajaj Qute, seperti apa spesifikasinya, dan berapa kira-kira harga mobil ini. Cekidot.

Hasil Kerjasama Renault & Nissan

Pertama, kita harus kenali dahulu latar belakang Bajaj Qute. Bajaj Qute a.k.a Bajaj RE60 adalah sebuah quadricycle dengan kapasitas 4 orang yang diproduksi oleh Bajaj Auto. Awalnya, Bajaj Qute hanya dikhususkan untuk pasar India semata. Bajaj Qute meluncur perdana di tanggal 3 Januari 2012 dan masih diproduksi hingga saat ini. Uniknya, di India Bajaj Qute tidak diklasifikasikan sebagai sebuah mobil, melainkan quadricycle. Bajaj Qute sendiri merupaan hasil dari kerjasama antara Bajaj Auto dengan Renault dan Nissan. Kolaborasi ketiganya kala itu ingin memproduksi mobil murah dengan harga 2.500 USD (Sekitar 37 jutaan Rupiah) dan BBM yang irit.

Bajaj sendiri terkenal dengan produk roda dua dan roda tiganya, lalu Bajaj Qute sendiri adalah produk roda 4 pertama dari Bajaj Auto. Kala itu, Bajaj Qute cukup terkenal dengan capaian konsumsi BBM di angka 35 km/liter, dan emisi CO2 yang cukup rendah. Mesin yang digunakan oleh Bajaj Qute adalah mesin 217cc 1 silinder yang bertenaga 20hp. Yap, spesifikasinya mirip dengan motor 200cc pada umumnya. Dengan mesin tersebut, Bajaj Qute bisa berlari dengan kecepatan maksimal 70 km/jam. Sayangnya, Bajaj Qute hanya mendapatkan rating bintang 1 di Euro NCAP pada tahun 2016 untuk aspek keamanan.

Masuk ke Indonesia

Dengan dimensi panjang hanya 2,7 meter, lalu lebar 1,3 meter dan tinggi 1,6 meter, Bajaj Qute masuk ke Indonesia di pertengahan tahun 2017 sebagai armada angkutan umum. Oleh karenanya, kebanyakan unit Bajaj Qute dilabur warna biru. Walaupun begitu, kala itu kalian juga bisa membeli Bajaj Qute untuk keperluan pribadi. Untuk saat ini, populasi Bajaj Qute di Indonesia masih sangat terbatas. Penggunaan Bajaj RE4S versi 3 roda pun masih lebih diminati sebagai kendaraan umum ketimbang Bajaj Qute. Itu juga yang menjadi alasan mengapa populasi Bajaj Qute di Indonesia sangat terbatas. Harga jual Bajaj Qute pun masih tergolong gelap.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: