Sapa Inggris, Mobil Listrik Honda e Bisa Seharga 519 Juta Rupiah

Sapa Inggris, Mobil Listrik Honda e Bisa Seharga 519 Juta Rupiah
0  komentar

AutonetMagz.com – Meski dilanda kabar penutupan pabrik mereka di Swindon, Honda nampaknya tidak terlalu kepikiran soal itu. Buktinya, mereka sudah mantap untuk memperkenalkan mobil listrik pertama mereka, Honda e di Inggris. Pemesanan sudah dibuka sejak semester kedua tahun 2019, dan pengirimannya baru dimulai tahun 2020 mendatang. Pertanyaannya, jika pabrik Honda di Swindon saja mau tutup, kenapa Honda e diperkenalkan di Inggris dulu?

Jawabannya adalah karena di Inggris sudah mulai bersiap-siap dengan bertambahnya mobil listrik. Contoh persiapan mereka adalah jumlah Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) sudah lebih banyak daripada SPBU. Selain di Inggris, Honda e akan mendarat duluan di negara lainnya di Eropa yang sudah ramah dan mendukung keberadaan mobil listrik semisal Jerman, Prancis dan Norwegia. Setelah negara-negara Eropa tadi, baru Jepang menyusul di 2020.

Harga Honda e di awal pemesanan dipatok sekitar 30.000 Poundsterling, atau sekitar 519 juta Rupiah. Tidak terjangkau memang, tapi Honda sendiri sudah menekankan kalau Honda e memang akan segitu harganya sebelum Honda Urban EV berubah menjadi Honda e. Sebagai perbandingan, Nissan Leaf yang lebih besar punya harga awal mulai 26.490 Poundsterling (458 juta Rupiah), dan spesifikasinya juga beda.

Honda e punya motor listrik bertenaga 150 PS dan torsi 300 Nm, dan jarak tempuh sekitar 200 km. Itu kalau baterainya yang 35,5 kWh, sementara yang 40 kWh tenaganya tetap 150 PS tapi torsinya 320 Nm. Bagus, namun Nissan Leaf bisa sampai 218 PS dan 340 Nm, jarak tempuhnya 322 km untuk baterai 40 kWh dan 400 km untuk baterai 62 kWh. Sangat jomplang, namun Honda sendiri bilang Honda e adalah city car, jadi jarak 200 km dinilai cukup kalau untuk penggunaan kota saja.

Honda juga yakin bisa menebus harga mahal itu di sektor lain. Contohnya, jika Nissan Leaf FWD, Honda e adalah mobil RWD dan Kohei Hitomi, Manajer pengembangan Honda e meyakinkan kalau driving experience mobil ini akan mengejutkan. Honda e turut menjanjikan interior yang lebih berkesan dan bikin betah berkat penggunaan bahan-bahan yang baik, monitor yang menguatkan kesan futuristik, kamera sebagai pengganti spion dan sistem asisten cerdas berbasis AI. Andai mobil ini bisa masuk ke sini ya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: