KTM Kembangkan Mesin 2-Tak Untuk Produksi Massal

by  in Berita&International&KTM
KTM Kembangkan Mesin 2-Tak Untuk Produksi Massal
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika anda pernah menggunakan Yamaha RX-King, Suzuki RGR, Honda NSR, atau sang legenda Kawasaki Ninja 150RR, maka anda generasi yang masih  ikut merasakan masa kejayaan mesin 2 tak. Mesin bersuara khas yang punya ledakan tenaga diatas versi 4 tak ini pernah menjadi primadona di jamannya. Bahkan sang legenda, Kawasaki Ninja 150RR masih berjaya walau sudah hampir 2 dekade diperkenalkan. Namun, di tahun ini, sudah tak ada mesin 2 tak yang dijual di Indonesia. Masih ada memang, sisa stok Kawasaki Ninja 150RR yang disimpan dealer – dealer, namun harganya cenderung kurang manusiawi.

Nah, saat dunia memperketat peraturan terkait emisi gas buang, eksistensi mesin 2 tak mulai dibunuh perlahan. Bukan kenapa – kenapa, namun mesin 2 tak yang beredar memang tak bisa menunjukkan hasil uji emisi yang baik. Dan dengan makin diperketatnya standar uji emisi, akhirnya satu per satu mesin 2 tak disuntik mati. Dan Kawasaki menjadi pabrikan di Indonesia yang turut merasakannya. Oke, cukup sudah dongeng terkait masa lalu mesin 2 tak, kita bergerak maju dengan pemberitaan terkini.

KTM yang belakangan menggemparkan pasar roda dua Indonesia dengan revisi harga line up-nya tahun lalu, mulai mengembangkan generasi terbaru mesin 2 tak. Mungkin beberapa dari anda ada yang pesimis, ah cuma buat riset, atau cuma buat balapan. Nah, kali ini, KTM akan mengembangkannya untuk produksi massal, alias dijual luas gan.

Namun jangan berharap dulu untuk model RC atau Duke ya kawan, karena motor tipe enduro yang akan menggunakan mesin 2 tak baru tersebut. KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI untuk model tahun 2018 akan menjadi model pertama yang mencicipi mesin 2 tak dengan pengabut bahan bakar injeksi ala KTM tersebut. Dibandingkan versi sebelumnya, mesin 2 tak ini akan lebih irit berkat aplikasi injeksi pada mesinnya, serta tak perlu lagi menggunakan bahan bakar campur lagi seperti mesin 2 tak pada umumnya.

Motor – motor tersebut akan mampir pertama kali di benua biru, Eropa pada awal musim panas mendatang, sedang unit di Amerika dan Kanada akan hadir pada musim gugur dengan unit yang terbatas. KTM mengklaim motor dan mesin baru mereka akan memberi sensasi berkendara yang baru, khususnya dalam hal tenaga dan pengendaraan. Detail dari kedua motor ini akan bisa kita dapatkan bulan mei mendatang, dimana kedua motor ini akan di rilis oleh KTM.

Jadi, mesin 2 tak masih belum habis, walau sangat kecil pasar dan pabrikan yang mau menggarapnya, tapi toh bagi sebagian masyarakat Indonesia, mesin ini pernah menjadi primadona. Jadi bagaimana tanggapanmu mengenai berita ini? Anda juga suka motor 2 tak? Sampaikan komentarmu ya.

Read Prev:
Read Next: