Bajaj & Triumph Resmi Bekerja Sama, Garap Segmen 200-750cc

by  in Bajaj&Berita&International
Bajaj & Triumph Resmi Bekerja Sama, Garap Segmen 200-750cc
0  komentar

AutonetMagz.com – Persaingan yang ketat dalam segmen otomotif memang membuat beberapa pabrikan harus mengambil langkah strategis untuk bisa terus eksis. Salah satunya adalah menggandeng pabrikan lain yang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh pabrikan lainnya. Hal inilah yang diperhatikan oleh pabrikan roda dua asal India, yaitu Bajaj. Bajaj yang selama ini telah berkawan dengan KTM, kini kembali menggandeng mitra strategis asal benua Eropa (lagi), yaitu Triumph.

Sebenarnya, kabar kedekatan antara Bajaj dengan Triumph bukanlah kabar baru. Hampir 3 tahun lalu kami sudah sempat mengabarkan bahwa Bajaj mengumumkan kerjasama mereka secara global bersama dengan Triumph. Hanya saja, kala itu detail kerjasama belum muncul, dan belum secara formal diumumkan. Baru – baru ini, lebih tepatnya pada tanggal 24 Januari 2020 kemarin, pihak Bajaj bersama dengan Triumph akhirnya meresmikan kerjasama non equity mereka dalam tempo yang panjang alias long term. Ada beberapa detail menarik dari kerjasama keduanya, dimana yang pertama terkait dengan distribusi dari motor milik Triumph di India.

Bajaj akan bertanggung jawab penuh terhadap distribusi dan juga pemasaran dari motor – motor Triumph di India, dimana integrasi antara kedua merk ini akan segera dilaksanakan. Langkah ini menjadi sebuah keuntungan bagi Triumph untuk mengembangkan brand image mereka di India bersama Bajaj. Selain itu, baik Bajaj maupun Triumph akan bersama – sama menggarap motor baru di segmen kecil dan menengah. Kalau dijabarkan dalam range, kolaborasi Triumph dan Bajaj akan menggarap motor berkubikasi 200cc hingga 750cc. Dan keduanya sudah menjadwalkan motor kolaborasi mereka akan mulai dijual di 2022 mendatang.

Triumph sendiri dalam rilis resminya menyebutkan bahwa motor hasil kolaborasi ini akan memiliki harga yang bersaing, yaitu dibawah 2 lakh Rupee atau dibawah 38 jutaan Rupiah, wow. CEO dari Triumph, Nick Bloor menyebutkan bahwa pihaknya meyakini partnership bersama dengan Bajaj adalah hal yang penting, dan dirinya senang kini kolaborasi keduanya sudah resmi. Nick menambahkan bahwa produk hasil kolaborasi keduanya diharapkan bisa menarik minat konsumen yang lebih muda, namun tetap terlihat berwibawa, dan sesuai dengan keinginan dari konsumen. Nick juga menyebutkan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk ekspansi ke pasar global.

Menariknya, pasar global yang disebutkan oleh Nick adalah pasar Asia Tenggara yang tergolong fast-growing market, dan juga pasar Eropa. Jadi, bisa saja suatu hari kelak kita akan mendapatkan unit motor kolaborasi Bajaj dan Triumph. Apa pendapat kalian?

Read Prev:
Read Next: