Audi Q1 Akan Meluncur di Tahun 2020, Kembaran VW T-Cross

by  in Audi&Berita&International
Audi Q1 Akan Meluncur di Tahun 2020, Kembaran VW T-Cross
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah kalian dengan kabar akan segera diproduksinya Volkswagen T-Cross yang sempat kami sampaikan beberapa waktu lalu? Yap, kabar ini ternyata berkaitan dengan bahasan yang akan kami sampaikan hari ini. Audi, sebagai salah satu member dari aliansi VW Group ternyata juga akan membuat VW T-Cross versi mereka. Dan mobil ini dipercaya akan menggunakan nama Audi Q1.

Audi Q1 akan Lebih Kecil dari Audi Q2

Mungkin inilah enaknya berada di dalam sebuah aliansi, sehingga merk – merk yang berada di bawah satu payung yang sama ini mendapatkan keleluasaan untuk bisa mengakses teknologi satu sama lain. Dan oleh karena itu pula-lah pihak Audi tak mau menyia-nyiakan kesempatan mereka. Dikenal sebagai salah satu produsen SUV yang handal dengan jajaran Audi Q series mereka, pada kenyataannya mereka memang hanya berfokus pada SUV – SUV berukuran sedang hingga besar. Audi  terpantau belum memiliki SUV kompak seperti beberapa pesaingnya, dan oleh karena itu, mereka meminjam platform MQB A0 yang digunakan oleh VW T-Cross dan VW Polo untuk membuat sebuah SUV kompak mereka.

Dengan mengusung nama Audi Q1, maka jelas secara dimensi akan lebih kecil dibandingkan dengan SUV terkecil mereka saat ini, Audi Q2. Mengutip dari Auto ExpressAudi Q1 sendiri dijadwalkan akan hadir pada tahun 2020 mendatang, alias dua tahun setelah VW T-Cross melenggang. Niat pabrikan Jerman ini memproduksi Audi Q1 ini sendiri semakin menunjukkan bahwa selain karena pasar SUV yang ramai saat ini, kenyataanya pasar SUV kompak juga berpengaruh secara vital. Sehingga, memproduksi Audi Q1 sendiri akan menjadi langkah yang masuk akal bagi Audi untuk memperbanyak pendapatan mereka dari segmen SUV.

Audi Q1 akan Sebasis dengan VW T-Cross

Pemimpin Sales & Marketing Audi, yaitu Bram Schot menyatakan bahwa pihaknya telah memberi lampu hijau pada Audi Q1, dan keputusan ini ditentukan berdasarkan pada peluang bisnis yang ada. Pihaknya menambahkan, langkah ini merupakan salah satu reaksi cepat mereka terhadap pasar yang berkembang saat ini. Nah, karena menggunakan basis yang sama dengan VW T-Cross, maka Audi Q1 bisa dikatakan akan hadir sebagai kembaran SUV VW tersebut, namun seperti biasa, versi dari Audi akan lebih fokus pada kemewahan. Selain platform, mesin Audi Q1 juga akan berbagi dengan VW T-Cross, yang artinya kemungkinan akan ada varian 1.000cc TSI tiga silinder, 1.500cc TSI Evo empat silinder, atau juga 1.600cc Diesel TDI empat silinder.

Audi Q1 sendiri dikabarkan akan berbagi pabrik perakitan dengan salah satu saudara tuanya yaitu Audi A1 generasi kedua yang diproduksi di pabrik perakitan Audi di Martorell, Spanyol. Menarik tentunya melihat pabrikan – pabrikan eropa mengeluarkan SUV – SUV kompak, toh Lexus juga sudah merespon sebelumnya dengan Lexus UX. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: