All New Yamaha R15M Dipakai Touring, Nggak Pegel??

by  in  Berita & Merek Motor & Mobil Baru
All New Yamaha R15M Dipakai Touring, Nggak Pegel??
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhir pekan kemarin, tim AutonetMagz mendapatkan kesempatan untuk mencoba All New Yamaha R15M dari Yamaha Jatim. Nah, dalam kesempatan ini, pihak Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) selaku authorized main dealer Yamaha di Jawa Timur mengajak kami untuk riding bersama dari Surabaya ke Pasuruan dan menempuh jarak sekitar 124 kilometer. Lantas, apakah cocok motor bergaya sport fairing yang cenderung ‘nunduk‘ seperti motor ini digunakan touring lebih dari 100 kilometer? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Baca Juga : Yamaha bLU cRU Fun Riding Road To Mandalika Surabaya : Vibes MotoGP!

Yamaha Serius Bawa Nuansa Sporty

Sebelum membahas impresi berkendara motor ini, ada baiknya saya bahas singkat beberapa ubahan yang diberikan Yamaha pada All New Yamaha R15M. Motor ini sekilas tak terlalu berubah jikalau dibandingkan Yamaha R15 v3, padahal ada beberapa detail penting yang ditanamkan Yamaha di motor ini. Tak seperti rivalnya yang hanya menawarkan gimmick dan main aman dengan memberi wajah yang mirip dengan sang kakak, All New Yamaha R15M tampil dengan tampilan yang lebih berani. Motor ini menggunakan lampu utama LED Proyektor di sisi tengah, ditemani dua buah LED DRL di sisi kanan dan kirinya. Membuat motor ini sekilas mirip dengan Yamaha R7.

Poin lain yang menarik adalah keberanian Yamaha membawa fitur – fitur yang baru di kelasnya. Sebut saja quickshifter yang sebelumnya hanya kita temukan di segmen sport fairing 250cc. Selain itu, Yamaha juga membedakan desain panel instrumen serta triple clamp All New Yamaha R15M dengan R15 biasa. Ini menambah kesan ‘spesial’ dari Yamaha R15M. Hal lain yang juga penting kami mention adalah ergonomi motor ini yang kini lebih rileks dan bisa dinikmati lebih banuak orang. Walaupun sebenarnya kalau kita perhatikan, desain buritan motor ini sekilas tidak menunjukkan bahwa motor ini lebih rileks ergonominya dibandingkan pendahulunya. Oke, cukup dengan poin – poin menarik dari motor ini, kita mulai saja impresi riding-nya.

Baca Juga : All New Yamaha R15 & R15M Mengaspal di Surabaya, Mulai 41 Jutaan!

Mesin Bisa Diandalkan, Kopling Enteng

Kami memulai perjalanan dari YamahaLand Surabaya dan bergerak ke Tugu Pahlawan untuk sesi pemotretan bersama. Di momen ini, tubuh saya masih beradaptasi dengan ergonomi berkendara ala sport fairing. Wajar saja, karena terakhir kali saya mencoba motor sport fairing adalah Kawasaki ZX-25R yang somehow lebih rileks dari motor ini. Tak ada masalah saat kami berkendara di dalam kota, hanya saja kecepatan rendah dan kemacetan jelas bukan kawan yang baik untuk All New Yamaha R15M. Satu hal yang kami syukuri, motor ini memiliki respon mesin yang sigap walaupun tangan ini gatal ingin memuntir gas lebih dalam.

Kami pun bergerak keluar kota dan bergeser ke Sidoarjo. Bagi publik Jatim, kalian pasti paham bahwa kawasan Aloha dan Gedangan Sidoarjo adalah jalan yang super sibuk. Disini kami merasakan harus filtering menggunakan All New Yamaha R15M. Walau tidak sepatah menggunakan motor naked apalagi matik, namun motor ini masih bisa bermanuver dengan baik di padatnya lalu lintas. Assist & Slipper Clutch (ASC) membuat kopling motor ini terasa ringan di kemacetan. Oiya, panas mesin juga masih terbilang wajar dan tidak mengganggu, lebih mengganggu panasnya omongan tetangga cuaca di Surabaya dan Sidoarjo kala itu.

Baca Juga : Yamaha R15M 2022, Buat Harian Gak Enak?

Lebih Rileks Dari v3, Quickshifter Mantap

Selepas dari Sidoarjo ke Porong, kami mendapatkan kesempatan untuk menggeber All New Yamaha R15M sepuas kami. Yap, jalanan yang cenderung lurus menjadi lahan bermain kami, dan saya pun mencoba membetot gas motor ini. Sayangnya, waktu itu lalu lintas cukup padat, sehingga angka tertinggi hanya kami dapat di 120-an km/jam saja. Namun, di kesempatan ini saya merasakan beberapa hal yang penting di All New Yamaha R15M. Quickshifter motor ini terbilang halus, terutama di putaran mesin tinggi dan gigi yang tinggi pula. Selain itu, ASC juga berguna saat saya harus downshift dengan cepat untuk mengejar akselerasi ataupun ada halangan di depan motor.

Fitur ini memang cukup berbekas bagi saya sejak menggunakan Yamaha XSR 155 beberapa waktu lalu. Selain itu, satu hal yang menarik perhatian kami ada pada suspensi motor ini. Suspensinya terbilang cukup empuk untuk sebuah motor sport fairing. Alhasil, kami tidak terlalu merasakan ‘siksaan’ jalan antar kota yang biasanya memiliki aspal yang ‘keriting’. Pertanyaan pamungkasnya, “apakah mengendarain All New Yamaha R15M untuk Touring terasa pegal?” Jawabannya, Iya, untuk mereka yang belum terbiasa menggunakan motor sport fairing.

Baca Juga : Serunya Yamaha bLU cRU Fun Riding, Semua Bisa Track Day!

Namun, jawaban akan berubah menjadi tidak jikalau kami bertanya pada komunitas pengguna Yamaha R15 v3. Revisi ergonomi membuat mereka ‘galau’ dan ingin berpindah ke All New Yamaha R15 maupun R15M. Jadi, semua tergantung pada kondisi kalian. Jadi, bagaimana menurut kalian? Sudah ada yang beli All New Yamaha R15M??

Read Prev:
Read Next: