Yamaha R15M 2022, Buat Harian Gak Enak?

by  in Review&Yamaha
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya kami berkesempatan untuk menjajal motor sport fairing terbaru keluaran Yamaha yaitu R15 M v4 2022 pada Jum’at (14/01) hingga Senin (24/01) lalu. Kami membawa Yamaha R15 M ini ke dalam berbagai kondisi jalan selama lebih dari satu minggu, mulai dari kemacetan khas jam sibuk Ibu Kota hingga melewati jalanan rusak pinggiran kota. Kami menemukan beberapa hal yang menarik saat menjajal R15M 2022, jadi inilah impresi kami terhadap sang baby Yamaha R7.

Yamaha R15M Nyaman Tembus Kemacetan?

Perihal desain, fitur, serta spesifikasi sudah kami paparkan sebelumnya dalam artikel perilisan Yamaha R15 dan R15 M 2022 yang lalu, jadi saat ini kami lebih fokus terhadap impresi berkendaranya.

Pertama soal posisi riding, yang walaupun membungkuk khas sport fairing berkat stang under yoke yang sejajar dengan tinggi jok, namun tetap nyaman untuk harian. Hal tersebut turut didukung oleh jok yang tebalnya suportif. Saat dikendarai, R15 M terbaru juga memiliki peredaman suspensi yang cukup baik.

Suspensinya terbukti saat melewati speed bump maupun jalanan yang kurang rata, tidak membuat bodi motor terlalu menghantam badan pengendara. Terlebih untuk kelas 150cc, R15M yang memiliki berat isi 140 kg terasa lebih stabil dan berbobot. Efeknya pada kecepatan tinggi hingga 140 km/h pun, R15 M v4 sama sekali tidak terasa melayang. Namun apakah ini mempengaruhi keringkasan manuvernya?

Terbukti saat kami melewati kemacetan rush hour, R15 terbaru masih lugas menembus rongga sempit antara mobil, motor, dan bus.

Karakter Mesin Justru Lembut Di Awal, Tapi Atasnya…

Soal mesin 155cc VVA SOHC liquid cooled-nya ternyata pada putaran bawah justru tenaga yang dikeluarkan tidak terasa ‘meledak-ledak’. Cukup logis memang jika mengingat output R15 M v4 ini sebesar 14,2 kW (@10.000 rpm) serta torsi 14,7 Nm (@8.500 rpm). Tetapi ketika takometer menunjukan putaran mesin di atas 5.000 rpm, kick-in barulah terasa untuk siap salip menyalip kendaraan lainnya. Soal tenaga Yamaha R15 M ini cocok untuk yang weekdays-nya kerja, weekend-nya track day.

Terlebih hadirnya fitur assist & slipper clutch serta quick shift membuat perpindahan gigi menjadi lebih lancar serta halus untuk penggunaan dalam kota. Namun catatan untuk Yamaha, pada saat kecepatan rendah quick shifter yang sudah aktif pada 2.000 rpm masih terasa kasar perpindahan giginya. Barulah saat kecepatan dan putaran mesin tinggi, kerja quick shifter lebih terasa halus. Overall secara mesin Yamaha R15 terbaru memiliki karakter yang kalem namun siap untuk buas jika pengendara menginginkan hal tersebut.

Adanya fitur dual channel anti-lock brake system (ABS) serta traction control system (TCS) juga turut menyumbang rasa keamanan saat mengendarai Yamaha R15M ini. Walau dalam pengetesan kali ini kami belum sampai menemukan kondisi di mana fitur TCS ‘aktif’ dan sayangnya fitur ABS tidak bisa dimatikan oleh pengendara.

Jadi dengan kisaran harga Rp 38,9 Juta (OTR Jakarta) untuk Yamaha R15 Connected dan Rp 43,5 – 44,1 Juta (OTR Jakarta) untuk Yamaha R15M Connected, kesimpulan kami motor ini masih cocok untuk menjadi partner perjalanan bergaya sporty anda untuk kegiatan sehari-hari, terlebih bagi rider yang berusia muda atau yang masih ingin terlihat muda.

Agar lebih jelas, kami sudah membuat hasil test ride Yamaha R15M ini dalam video yang bisa ditonton di bagian atas artikel ini.

Read Prev:
Read Next: