All New Toyota Vios Diluncurkan di Thailand!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
All New Toyota Vios Diluncurkan di Thailand!
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah dua minggu yang lalu kita telah melihat teaser-nya, Toyota Vios generasi keempat akhirnya memulai debutnya di Thailand. Toyota Vios generasi terbaru ini dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Model generasi keempat ini didasarkan dari F-concept Sedan yang sudah diperkenalkan sejak 2017. Beberapa detail bagiannya juga sangat mirip dengan Toyota Corolla Altis dan Camry.

Dimensi dan Eksterior

Dari segi dimensi, Toyota Vios generasi ke empat ini sedikit lebih besar dari generasi sebelumnya. Berukuran panjang 4.425 mm (+5 mm), lebar 1.740 mm (+10 mm) dan tinggi 1.480 mm (+5 mm). Namun, jarak sumbu roda (wheelbase) telah bertambah secara signifikan menjadi 2.620 mm – alias 70 mm lebih panjang dari generasi sebelumnya. Ini berarti ada penambahan luas ruang interior yang membuatnya menjadi lebih lega.

Di sisi depan, terdapat lampu depan bersudut dengan daytime running lights (DRL) berbentuk L. Seperti model sebelumnya, kaca spion samping tetap dekat dengan pilar A bukan model floating, dengan wheel arch yang sedikit tersembunyi. Selain itu, garis jendela membentang lebih jauh ke belakang dan bukaan pintu juga diperlebar. Pindah ke belakang, terdapat potongan garnish pada tutup bagasi yang menjembatani cluster lampu belakang, yang lebih kecil dan lebih bersudut dari sebelumnya. Reflektor belakang diintegrasikan ke dalam elemen seperti diffuser yang clean.

Interior, Fitur, dan Mesinnya

Interiornya sedikit bernuansa Mazda, kabinnya juga tampak lebih driver oriented ketimbang generasi sebelumnya. Terdapat soft-pad, dengan potongan list alumunium yang memisahkan bagian atas dan bawah dari dasbor secara horizontal. Pada bagian tengah, ada head-unit berukuran 9 inci yang bisa men-support  Android Auto dan Apple CarPlay. Selain itu juga terdapat rem parkir elektrik dengan auto-hold dan ambient lightning 64 warna. 

Pada varian yang lebih tinggi, Toyota Safety Sense hadir sebagai standar dan mencakup autonomous emergency braking, lane keep assist, front vehicle departure alert, ll-speed adaptive cruise control, pedal misoperation control dan automatic high beam. Untuk mesinnya, Toyota Vios di Thailand masuk regulasi eco car dengan menggunakan mesin bensin empat silinder 1.2 liter yang menghasilkan 94 PS pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.400 rpm. Mesin Dual VVT-i DOHC dipasangkan dengan gearbox Super CVT-i dan diklaim mampu menghasilkan 23,3 km/l, memenuhi standar Euro 5 dan tersedia tiga mode berkendara (Eco, Normal, dan Sport).

Toyota Vios generasi ke empat ini terdiri dari empat varian. Yang pertama adalah Sport seharga 539.000 baht (Rp 225 jutaan), diikuti oleh Smart seharga 584.000 baht (Rp 244 jutaan), Premium seharga 659.000 baht (Rp 276 jutaan) dan Premium Luxury dengan harga tertinggi 689.000 baht (Rp 288 jutaan). Bagaimana menurut kalian? apakah generasi ke empat ini cocok masuk Indonesia? sampaikan di kolom komentar.

.

Read Prev:
Read Next: