Subaru Ajak Toyota Bekerja Sama Merancang All New Subaru WRX

Subaru Ajak Toyota Bekerja Sama Merancang All New Subaru WRX
0  komentar

AutonetMagz.com – Tokyo Motor Show 2019 menjadi tempat yang spesial buat Subaru WRX STI generasi sekarang. Pasalnya, di sanalah meluncur Subaru WRX STI EJ20 Final Edition yang merupakan edisi perpisahan generasi ini dan perpisahan terhadap mesin boxer legendaris Subaru yang berkode EJ20. Ya, mesin boxer turbo EJ20 sudah melayani Subaru – khususnya di WRX STI – selama puluhan tahun lamanya.

Namun beda dengan Mitsubishi yang langsung memberhentikan masa bakti Lancer Evolution saat merilis Final Edition, Final Edition dari Subaru WRX STI hanya benar-benar tanda kalau Subaru akan stop memakai mesin EJ20 dan waktunya mengembangkan mesin baru. Bicara mesin baru, Lancer Evolution sudah melakukannya duluan saat transisi dari Evo IX ke Evo X, itu momen kala mesin legendaris 4G63T diganti mesin 4B11T.

Mengenai Subaru WRX baru, Best Car Japan mengungkapkan bahwa Subaru akan mengajak Toyota bekerja sama untuk merancang generasi baru sedan sport berdarah reli ini. Masuk akal, sebab Toyota sudah memiliki 20 persen saham Subaru dan mereka sudah dibantu oleh Subaru saat bikin duet Toyota 86 dan Subaru BRZ. Tak aneh jika relasi ini diperkuat dengan merancang sang ikon legenda Subaru.

Rumor dari sumber yang sama menyebutkan bahwa Subaru dan Toyota bekerja sama dalam sesuatu yang mereka sebut sebagai “Super AWD”, namun sayang tak ada detil lebih lanjut. Bisa jadi ini ada hubungannya dengan hasil balapan Toyota di reli dunia menggunakan Toyota Yaris WRC. Hal lain yang harus diperhatikan adalah adanya kemungkinan Toyota dan Subaru mematangkan sebuah sport coupe baru.

Gosipnya, sport coupe ini akan bertenaga mirip WRX STI dan pakai penggerak AWD, namun ini masih sebatas rumor belaka. Toyota dan Subaru nampaknya akan melihat bagaimana hasil balapan reli mereka masing-masing, teknologi mesin masing-masing dan kecanggihan sasis masing-masing (TNGA dan SGP alias Subaru Global Platform) bisa disatukan untuk membuat sebuah mobil. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: