All New Honda Civic Rilis di Thailand 6 Agustus, Indonesia?

by  in Berita&Honda&International
All New Honda Civic Rilis di Thailand 6 Agustus, Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian semua tentu sudah mengetahui bagaimana bentuk dari All New Honda Civic atau Honda Civic generasi ke-11 yang sudah diluncurkan secara global. Banyak perdebatan mengenai sosok All New Honda Civic ini, ada yang suka, namun tidak sedikit yang mencibir. Terlepas dari perdebatan itu, kali ini kami akan mengabarkan bahwa sosok All New Honda Civic generasi ke-11 sudah semakin dekat dengan pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Dan tanda – tandanya sudah terlihat dengan kabar peluncuran All New Honda Civic di negeri tetangga, Thailand. Mari kita bahas lebih lanjut.

Turbo Only, Rilis 6 Agustus

Honda Automobile Thailand selaku APM dari Honda di Negeri Gajah Putih tersebut telah mengunggah teaser resmi berupa video di sejumlah media sosial mereka. Honda memilih tanggal 6 Agustus 2021 menjadi momen peluncuran All New Honda Civic, jadi yang pertama di Asia, khususnya ASEAN. Kami tidak akan berkomentar banyak mengenai desain, karena desain All New Honda Civic generasi ke 11 ini sudah bisa kalian lihat di internet. All New Honda Civic generasi ke-11 di Thailand sendiri akan menjadi versi setir kanan pertama, dan juga debut pertama diluar pasar north america. All New Honda Civic akan diproduksi di pabrik perakitan Honda di Ayutthaya, Thailand. Untuk urusan spesifikasi, All New Honda Civic generasi ke-11 tidak akan memiliki opsi mesin 1.800cc n/a. Jadi, mobil ini hanya akan dijual dengan opsi mesin 1.500cc VTEC Turbo saja. Sedangkan opsi mesin lain yang akan menyusul adalah versi e:HEV alias hybrid.

Mesin yang digunakan di All New Honda Civic (FE) sendiri akan sama dengan yang digunakan di Honda Civic FC, yaitu mesin berkode L15B7. Hanya saja, Honda melakukan tuning khusus sehingga keluaran tenaga maksimalnya naik ke 182 hp pada 6.000 rpm (sebelumnya 173 hp pada 5.500 rpm). Torsinya juga naik menjadi 240 Nm pada rentang 1.700 rpm hingga 4.500 rpm (sebelumnya 220 Nm pada rentang 1.700 rpm hingga 5.500 rpm). Secara dimensi, All New Honda Civic akan lebih panjang 25mm dibanding model yang ada sekarang. Selain itu, versi terbaur juga melebar 1mm, dan lebih rendah 2mm. Jarak sumbu roda-nya juga melar 37 mm, membuatnya makin terasa seperti smaller Accord. Belum ada bocoran mengenai varian yang akan dihadirkan untuk All New Honda Civic, termasuk apakah ada versi RS atau tidak.

Menuju Indonesia?

Jawaban dari subjudul di atas adalah, pasti. Honda Civic memiliki nama yang sudah mengakar kuat di pasar otomotif Indonesia, dan pastinya Honda Prospect Motor (HPM) tidak akan melewatkan All New Honda Civic generasi ke-11. Tinggal masalah momen yang nampaknya akan dipikirkan oleh HPM, kapan waktu terbaik meluncurkan All New Honda Civic. Ada beberapa hal yang nampaknya harus dipikirkan oleh pihak Honda. Pertama, Indonesia kini sedang berada di kondisi second wave COVID-19 yang membuat banyak pihak menahan hasrat untuk membeli mobil baru. Yang kedua, HPM juga memiliki agenda penting di paruh kedua tahun 2021 ini, yaitu meluncurkan versi produksi dari Honda N7X Concept. Mungkin, setelah kedua faktor itu sudah terlewati, HPM akan memperkenalkan All New Honda Civic untuk pasar Indonesia.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: