Alasan Honda Pilih Indonesia Untuk World Premiere N7X Concept

by  in Berita&Mobil Baru
Alasan Honda Pilih Indonesia Untuk World Premiere N7X Concept
0  komentar

AutonetMagz.com – Kehadiran Honda N7X Concept adalah sebuah kejutan yang sebelumnya tidak kami prediksi. Mobil ini, walaupun berwujud konsep, namun sudah cukup memperlihatkan bagaimana nantinya wujud versi produksinya. Sebuah LSUV, dengan tampilan baru nan modern khas Honda, dan kapasitas angkut 7 penumpang. Seperti itulah gambaran masa depan dari versi produksi dari Honda N7X Concept. Namun, mengapa Honda N7X Concept harus dilaksanakan di Indonesia? Apakah ada kaitan erat antara Honda N7X Concept dan publik Indonesia? Ternyata ada, dan akan kami jabarkan mengapa Honda N7X Concept meluncur perdana di Indonesia.

Indonesia Akrab Dengan World Premiere 7 Seater

Walaupun bukan negara yang menjadi langganan untuk world premiere, namun nyatanya Indonesia selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk segmen tertentu. World premiere dari Honda N7X Concept bukanlah yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia. Sebelumnya, Honda juga pernah melaksanakan world premiere untuk Honda Mobilio Concept dan Honda BR-V Concept di Indonesia. Suzuki pernah melakukan world premiere All New Suzuki Ertiga, Mitsubishi pernah dengan Mitsubishi Xpander, dan Toyota-Daihatsu dengan All New Rush-Terios dan Avanza-Xenia. Nah, kesemuanya memiliki kesamaan, yaitu memiliki bangku 3 baris. Pun begitu dengan Honda N7X Concept, yang merupakan mobil 7 penumpang. So, Indonesia sudah tidak asing dengan world premiere di segmen LSUV dan LMPV. Lantas, kali ini apa alasan pihak Honda memilih Indonesia sebagai lokasi world premiere Honda N7X Concept? Jawabannya mudah, karena memang Honda N7X Concept dihadirkan khusus untuk publik Indonesia.

R&D Honda Asia Pasifik-lah yang bertugas mewujudkan Honda N7X Concept dalam bentuk riil yang bisa kita lihat saat ini, dan mereka sudah melakukan studi mendalam pada konsumen di Indonesia terkait apa yang seharusnya ada di mobil 7 penumpang. Jadi, Honda N7X Concept dirancang dan dikembangkan khusus untuk pasar Indonesia, dan hal ini disampaikan langsung oleh Business Innovation And Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy. Pak Billy menyatakan bahwa tim R&D telah melakukan riset yang panjang dan mendalam untuk mewujudkan Honda N7X Concept. Seperti yang sebelumnya kami singgung, Honda N7X Concept menggabungkan keunggulan dari LMPV dan LSUV dalam sebuah produk. Hanya saja, sebenarnya langkah serupa sudah pernah dilakukan oleh beberapa rival Honda, termasuk Honda sendiri dalam bentuk Honda BR-V. Namun, kita masih belum tahu, kebaruan apa yang akan ditawarkan Honda N7X Concept selain desain yang lebih SUV dan dimensi yang diklaim lebih besar dibandingkan Mobilio dan BR-V.

Honda N7X Concept : Bukti LSUV Mulai Geser LMPV

Kami pun bertanya – tanya, mengapa pihak HPM malah nampak fokus pada LSUV, padahal kalau kita mau hitung – hitung usia, Honda Mobilio-lah yang paling layak diberi penyegaran terlebih dahulu. Pak Billy pun menjawab bahwa saat ini perkembangan pasar di Indonesia telah beralih ke segmen LSUV. Beliau menggaris bawahi bahwa LSUV kini telah memberikan kontribusi sekitar 23% untuk pasar Indonesia. Secara tidak langsung, nampaknya Honda meyakini bahwa LSUV adalah pengganti LMPV di masa depan. Dan kami pun cukup setuju dengan hal tersebut. Kalau kalian perhatikan, para pemain di segmen LSUV kini menggunakan basis dari LMPV yang secara nyata memiliki kelegaan kabin dan daya angkut yang mumpuni. Karena LSUV – LSUV sekarang menggunakan basis dari LMPV, maka jelas LSUV yang ada saat ini mewarisi keunggulan sebuah LMPV, yang dipadukan dengan ketangguhan dan styling SUV. Langkah serupa juga dicoba Honda di Honda N7X Concept ini. Lantas, apa yang membedakan Honda N7X Concept dengan existing LSUV seperti Honda BR-V? Kami masih belum bisa berkomentar lebih jauh.

Kita tunggu saja kejutan lain dari Honda di GIIAS 2021 mendatang. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: