Honda S660 RA Mugen, Makin Kece Tapi Tetap Tidak Boleh Ngebut

Honda S660 RA Mugen, Makin Kece Tapi Tetap Tidak Boleh Ngebut
0  komentar

AutonetMagz.com – Kei car roadster yang bisa dibeli di Indonesia sekarang ada 2, yakni Daihatsu Copen dan Honda S660. Bedanya, jika Copen merupakan dagangan resmi APM Daihatsu, S660 tidak ada sangkut pautnya dengan APM Honda di Indonesia, karena merupakan dagangan importir umum. Di kota-kota seperti Jakarta dan Bandung, beberapa unit S660 sudah menemukan pemiliknya dan mulai wara-wiri di atas aspal.

Tapi bagaimana jika Mugen, tuner Honda yang terkenal itu menyentuh Honda S660 dengan apa yang mereka bisa lakukan? Pastinya, kita mengharapkan secuil wasabi Jepang, yang meski kecil tapi bisa bikin sensasi pedas yang tidak akan terlupakan, apalagi Mugen  bertanggung jawab atau Honda Civic Mugen RR yang bisa mengeluarkan tenaga 240 hp dari mesin 2.000 cc tanpa turbo – catat, tanpa turbo – dan Honda CR-Z Mugen yang larinya membaik berkat dorongan supercharger.

honda s660 mugen ra honda crz mugen dan honda civic mugen rr

Jadi, apakah itu berlaku buat S660? Sayang sekali, rupanya tidak, karena Mugen terbentur dengan regulasi kei car yang cukup ketat, misalnya soal kapasitas mesin, konsumsi BBM, emisi dan lain-lain. Maka dari itu, mesin 660 cc 3 silinder turbo bertenaga 63 hp dan torsi 104 Nm yang ada di tengah mobil dibiarkan apa adanya, top speed pun tetap 140 km/jam. Biar saja deh, lagipula yang beli S660 harusnya sadar kalau mobil ini tidak bisa lari sekencang S2000. Harusnya sih ya.

honda s660 mugen ra back

Daripada tidak melakukan apa-apa, setidaknya Mugen bisa menyentuh handling dan kosmetik luar dalam mobil berformat MR ini. Di luar, S660 mendapat aura sporty yang lebih kuat berkat gril carbon fiber, emblem Mugen, knalpot ganda di tengah dan pelek BBS baru 15 inci (ban 165/55 R15) di depan dan 16 inci (ban 195/45 R16)di belakang. Tentu saja kemungkinan besar BBS-nya BBS Jepang, bukan BBS Jerman.

honda s660 mugen ra interior

Sementara di dalam, S660 dilengkapi dengan lapisan kulit pada setir dan tuas transmisinya, plus detailing jahitan yang kontras, trimming carbon fiber, tombol start ala Mugen dan display digital di panel instrumen. Di sektor pengendalian, mobil ini dijamin lebih lincah via suspensi baru buatan Bilstein yang menggantikan tugas suspensi standar S660.

honda s660 mugen ra

Mugen hanya akan membuat 660 unit Honda S660 RA Mugen, dan eksklusif untuk pasar Jepang saja. Mungkin tidak nyasar ke sini via IU? Mungkin saja, tapi jika S660 standar harganya di sini 800 jutaan, kami tidak akan shock kalau ada IU yang menjual S660 Mugen RA ini dengan banderol yang menyentuh 1 M Rupiah. Agak sayang ya keluar 1 M buat mobil yang aslinya banyak keringanan di negara asalnya? Apa opinimu mengenai mobil ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: