Aha, Begini Rupanya Wujud Proton Ertiga!

Aha, Begini Rupanya Wujud Proton Ertiga!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bukan rahasia lagi bahwa dalam hitungan yang takkan begitu lama, Proton akan merilis resmi MPV baru mereka yang merupakan versi rebadge dari Suzuki Ertiga. Itu terjadi semenjak Proton dan Suzuki menandatangani perjanjian kerja sama antar keduanya yang mengharapkan menghasilkan sebuah simbiosis mutualisme, bukan simbiosis yang merugikan macam kolaborasi Suzuki dan VW.

Proton akan me-rebadge Suzuki Ertiga sebagai andalan baru Proton di kelas MPV, sekalian menjadi jalan masuk Suzuki dalam wujud mobil ke Malaysia. Dari mana Proton mendapat stok Ertiga? Tentu dari pabrik Suzuki di Bekasi, di mana mereka mengekspor partsnya ke Malaysia lalu di-CKD-kan di sana.  Terus, bagaimana wujud Akang Ertiga saat sudah hijrah dari Bekasi ke Malaysia dan ganti nama jadi Datuk Ertiga?

spyshot-proton-ertiga

Beberapa foto dari negara tetangga ini mungkin cukup menjawab pertanyaan tersebut. Dari foto-foto yang ada, nampaknya Proton tidak mengganggu gugat penampilan Suzuki Ertiga standar. Yang diubah Proton hanya logo, sebagaimana Mazda me-rebadge Suzuki Ertiga menjadi Mazda VX-1. Pelek masih sama, bumper masih sama, dan fog lamp tengah di bumper belakang juga hadir. Kalau sudah begini, kami rasa di dalam pun ia juga hanya ganti emblem Suzuki di setir jadi Proton.

Artinya, re-engineering pada Proton Ertiga (belum ada nama resmi dari Proton) tidaklah sama merepotkannya saat Proton harus mengubah Mitsubishi Lancer jadi Proton Inspira atau Honda Accord jadi Proton Perdana, sedan dengan knalpot palsu yang jelek itu. Mengenai mesin, tentu kemungkinan besar pakai mesin Suzuki K14B 1.400 cc 4 silinder bertenaga 92 PS. Mana mau Proton repot-repot ganti mesin?

Kembaran Suzuki Ertiga akan dibuat oleh Proton MPV

Fitur? Nah, ini yang masih abu-abu. Prediksi kami, minimal 2 airbag, ABS, jok baris ketiga dengan pelipatan terpisah, port charger untuk baris kedua dan lain-lain harusnya masih ada. Namun untuk baiknya, kita tunggu saja, apakah Suzuki Ertiga dengan kearifan lokal Malaysia malah lebih bagus daripada spek Indonesia, lebih buruk atau sama saja. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Photo source : Pandulaju, Keyauto

Read Prev:
Read Next: