This Is It, Suzuki Baleno 2016 Bermesin 1.000 cc Turbo Bertenaga 110 HP dan Torsi 170 Nm!

This Is It, Suzuki Baleno 2016 Bermesin 1.000 cc Turbo Bertenaga 110 HP dan Torsi 170 Nm!
0  komentar
suzuki-baleno-hatchback

AutonetMagz.com – Tanpa bermaksud membajak kata-kata dari lady chef cantik Farah Quinn, ini memang apa yang kami tunggu-tunggu. Lama kami tak mendengar nama Baleno dari Suzuki, akhirnya ia muncul kembali meski bukan seperti Baleno yang kami kenal. Lazimnya, kami mengenal Baleno sebagai sedan 4 pintu, sekarang ia adalah hatchback 5 pintu. Versi konsep mobil ini kemarin mejeng di Gaikindo IIAS 2015 sebagai Suzuki iK-2.

Suzuki tidak banyak melakukan rombakan dibandingkan iK-2 saat mereka mengubahnya menjadi Baleno. Selain pelek dan spion yang lebih sederhana, Baleno bisa dibilang identik dengan iK-2, tapi perihal bahasa desain Liquid Flow yang dianut Suzuki Baleno ini mungkin sedikit menimbulkan perkara selera. Tidak senyeleneh Nissan Juke memang, karena kami rasa Baleno ini memiliki desain yang masih dalam tahap wajar, tidak nyentrik namun tak terkesan datar-datar amat.

suzuki-baleno-hatchback-side

Utamanya, kami agak sedikit bingung mencerna desain belakangnya yang membulat, seolah sedikit kurang pas dengan desain depan dan sampingnya yang kami nilai cukup bagus, meski kami tidak berpendapat kalau Baleno ini jelek bentuknya secara keseluruhan. Sisi baiknya, fitur yang bisa disimak pada eksterior Baleno ini tergolong mantap, karena lampu depannya sudah mengadopsi HID dan ditemani dengan LED positioning lamp di dekatnya.

Di sekitar logo Suzuki di depannya, tersembunyi sensor untuk adaptive cruise control yang merupakan fitur standar Baleno. Fitur lainnya adalah “Guide Me Light” yang akan mengaktifkan lampu selama beberapa saat setelah mobil dimatikan untuk menerangi area di sekitar mobil supaya pengemudi tetap bisa melihat jalan dengan baik meski mobil sudah dimatikan. Fitur ini sama dengan yang ada pada Ford Fiesta.

suzuki-baleno-hatchback-rear

Seperti Suzuki Swift, Baleno punya pilar A berwarna hitam untuk mencuatkan kesan floating roof. Peleknya berukuran sama dengan Honda Jazz RS, yakni 16 inci, tapi desain spokenya lumayan agresif meski tidak diimbuhi cat two tone seperti Jazz, Rio atau Mazda 2. Pada bagian belakangnya, sebuah roof spoiler duduk manis di atas kaca belakangnya, dan lampu belakang dilengkapi LED bermotif titik-titik, bukan LED stripe seperti lampunya Audi, Bimmer atau Mercy.

suzuki-baleno-dashboard

Sekarang giliran interiornya. Sama seperti Toyota Yaris lele, dashboard Baleno didesain dengan desain simetris kiri-kanan, dan ini merupakan pendekatan yang berbeda dengan Jazz atau Mazda 2 yang desain dashboardnya asimetris bila dibelah kiri-kanan. Jok standar Baleno menggunakan bahan fabric, dan desain doortrimnya menurut kami kelewat simple, karena bentuknya cukup datar dan mirip dengan kepunyaan Suzuki Ciaz, Ertiga dan Swift. Andai saja bisa didesain lebih dinamis sedikit saja, sepertinya oke juga.

Seperti Suzuki Ciaz versi India, baleno punya head unit dengan layar sentuh 7 inci dengan fitur untuk membaca SD card serta konektivitas USB dan smartphone. Bisa melalui Apple CarPlay atau MirrorLink, tergantung jenis smartphone yang anda punya. Saat transmisi masuk ke gigi mundur, maka layar tersebut akan menampilkan kondisi di belakang mobil via sebuah kamera parkir.

suzuki-baleno-panel-instrumen

Setir Baleno identik dengan milik Ertiga, Swift dan Ciaz, namun padat berisi berkat hadirnya tombol audio dan cruise control. Panel instrumennya punya efek 3D, dan kami suka MID-nya, karena tidak menggunakan layar monochrome seperti Ertiga dan Swift, namun sebuah LCD seperti pada Toyota Corolla Altis atau Camry. Tombol start-stop engine, AC digital dengan mode auto hadir sebagai pelengkap fitur kenyamanan.

Melihat dari foto interior di bawah ini, sepertinya kabinnya lumayan lega. Suzuki cukup perhatian dengan penumpang belakang tengah, karena diberikan sabuk pengaman 3 titik dan headrest. Jok yang terpisah 60:40 ini juga dapat dilipat rata lantai sehingga menghasilkan ruang bagasi yang lega. Kapasitas bagasi standar Baleno adalah 355 liter, apa itu luas? Tidak, soalnya bagasi Ciaz bisa 495 liter.

suzuki-baleno-kabin

Hal yang baru dari Suzuki Baleno ada di balik kap mesinnya. Mesin baru Suzuki berspesifikasi 1.000 cc 3 silinder turbo yang dinamai BoosterJet cukup bisa mengikuti tren mesin baru nan modern. Meski kecil, namun tenaganya bisa mencapai 110 hp dengan torsi 170 Nm. Torsinya setara mesin 1.800 cc 4 silinder tanpa turbo, dan tenaganya mirip dengan mesin 1.500 cc 4 silinder normal.

Jika dibandingkan dengan Ford Fiesta EcoBoost misalnya, torsi Baleno sama dengan Fiesta, tapi tenaganya berselisih 13 hp(Fiesta 123 hp, Baleno 110 hp). Secara logika, jika mesin BoosterJet milik Baleno dipasang ke Fiesta, kemungkinan besar figur akselerasinya tak berubah namun top speed-nya mungkin berkurang. Itu berdasarkan logika yang menyatakan bahwa torsi berperan pada akselerasi dan tenaga berperan dalam menjaga kecepatan mobil.

suzuki-baleno-photo

Di samping mesin 1.000 cc BoosterJet, ada juga mesin 1.200 cc 4 silinder Dualjet kalau anda cukup anti dengan teknologi turbo. Jika ingin yang irit BBM dan rendah emisi, versi hybrid SHVS juga bakal disiapkan. Urusan transmisi, versi manual dan otomatis akan jadi pilihan calon konsumennya.

Fitur keselamatan Baleno amat sangat jempolan. Baleno sudah memiliki Radar Brake Support (semacam SCBS-nya Mazda atau Active City Stop-nya Ford) yang mampu memberi peringatan kepada pengemudi saat ada probabilitas tabrakan di depan.

suzuki-baleno-rear

Jika pengemudi tidak sadar juga meski sudah diperingatkan, mobil akan mengerem secara otomatis. Fitur ini baru aktif di atas kecepatan 5 km/jam. Selain itu, fitur standar Eropa seperti stability control dan 6 airbags sudah bisa dimiliki di Baleno baru.

Suzuki baru siap menjual Baleno tahun depan, persisnya saat musim semi tahun 2016. Di Indonesia, mungkin bakal jadi canggung kala Baleno diperkenalkan sebagai hatchback, karena kita tahunya Baleno itu ya sedan, apalagi 2 bulan lagi Ciaz bakal meluncur di sini. Jangan lupa kalau hatchback Suzuki di Indonesia sudah diwakili oleh Swift, Celerio dan Splash. Menurutmu, perlukah Baleno masuk ke Indonesia? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Airlangga Vitradi

    melihat fiturnya ok juga sepertinya

  • alex

    Wah.. kenapa ya brand suzuki nih sekarang terlihat ngga punya konsep jelas, terutama dibagian area hatchback / small car nya. Tumpang tindih dan sering ganti model.
    Area Vitara – swift – sx4 -ertiga masih okelah jelas pembagiannya..
    .
    Area small car ada karimun wagon, ada estilo , ada splash ngga pusing tuh ngurusin banyak macem onderdil di stock onderdilnya ?? Dah gitu desainnya dibuat beda dng yg small car suzuki di Jepang.

    Beda sama strategi merk2 sebelah.. .rata2 yang keluar di jepang dipakai lagi di asia ( vezel = hrv etc etc )

    Dng masuknya baleno ini apa ngga ngerusak pasar swift malah kalo aku duga…… sempet liat di foto luar sebelahan sama swift cuma beda dikit size nya.
    Apalagi Celerio dah masuk juga..ckckck ini mah kejadian kaya etios valco vs all new yaris… akhirnya valco nya ma de su.

    Atau akan di tutup buku era swift ? jadi lineupnya hanya baleno , ciaz , dan celerio ?
    kayanya ngga mungkin jg swift dah ada nama.

    So please deh suzuki jgn banyak2 macam pasti imbasnya di fitur2 / pelayanan jadi di kanibal kan supaya harga jual murah 🙂 hehe ya ngga sih ??

    kalo aku sih nungguin all new vitara kaya range rover kw 😀

    • Rafi M. P.

      Kayaknya Swift menjadi kelas dibawah Baleno karena harga top gradenya lebih murah 25% dibandingkan dari T dan H dan Baleno harganya mungkin bisa sama dengan itu bahkan sedikit lebih tinggi.

      Jadi maksudnya, kalo pengen supermini/mid-hatch tapi duit gak cukup Swift jadi pilihan yang bagus, nah kalo pengen mid-hatch dengan budget yang bagus Baleno mungkin jadi pilihannya sebagaimana Yaris/Jazz yang terkesan overprice

  • Bram

    Koreksi untuk penulis, lampu LED titik untuk lampu rem sedangkan lampu idle yang menyala terus2-an adalah LED berbentuk stripe memutar di bawah ke-5 LED titik. Yang kalau menyala berbarengan bentuknya C. Bisa dicek di carscoops kalau ngga percaya hehe.

    Diposting dong kutipan2 video promotional, new lightweight platform, SVHS dan boosterjet dari channel suzuki nya.

    Baleno di luar negeri memang sejarahnya hatchback 4 pintu. Aneh nya di Indonesia Baleno itu identik dg small sedan Suzuki. Perkiraan ane klo masuk Indonesia akan diganti namanya, mungkin nama Aerio akan dibangkitkan. Sedangkan nama Baleno akan pasti menjadi imbuhan sedan Ciaz.

    • Hillarius Satrio

      sip, makasih koreksinya, soalnya bahan dari press release Suzuki nggak nginfoin apa2 soal LED stripe, dan secara visual emang keliatannya kayak LED titik2…

      nah, itu dia, tadinya mau masukin videonya juga, tapi entah kenapa embed videonya gagal terus dari kemaren, jadi nggak bs ditampilin.. sori yak..

      anyway, makasih masukannya

      • Bram

        Sama2. Sukses terus utk autonetmagz..
        Tanya donk kenapa ya klo mo buka laman autonetmagz kadang2 suka ngga bisa muncul halaman home nya, suka keluar cannot established … apa lah gtu. Problem si server kah?

        • youqhero

          kirain cuma gw doang yg ngalamin… 😀

        • Hillarius Satrio

          server nggak kuat mas, sungguh banyak beban dosa… sori, maksudnya beban traffic yang ditanggung

          • Ugyz

            naikkan atuh kapasitasnya.. autonet kan banyak duit.. 🙂

  • renno rasdy

    cakep sih ini, cuma terlalu banyak varian bisa bunuh diri, bunuh saudaranya yang lain. tapi bisa jadi swift yang udah gak terlalu populer, perannya bisa diambil sama baleno ini. cakep. harga berapa ya kisaran, minat gw..

  • loki

    Kayanya gak bakal masuk indonesia sih

  • tromon

    bahasa design nya jelas kalah dengan hyundai-kia

  • C 200

    Kenapa ya akhir akhir ini gw ga bisa komen di autonet?
    Terus pas lagi baca baca suka langsung error

  • Yusak Natanael Manuputty

    Mobil ini bakal laku di Indonesia, model begini emang primadona, asyik di mata dan enak buat dinaikin…heheheh

  • Aristo

    Mesin turbojet 1.0 mantap sekali! 110 tenaga kuda pula, harga?

  • Naia

    Perlu jika harga yg ditawarkan mirip2 harga yg di India! Tentunya dgn fitur2 yg ditawarkan seperti diatas! Plus irit! Mengingat modelnya cukup elegan menawarkan Hal baru yg jauh lebih menarik ketimbang brother sisternya swift, splash dan juga berpeluang sekali mengambil segmen pasar honda jazz, Toyota yaris, mazda2 yg Sudah kelewat mahal, dkk. Tp ingat harga dan after sales servicenya ya, ditunggu gebrakannya