7 Merk Mobil di Indonesia Siapkan Teknologi Elektrifikasi

by  in Berita&Daihatsu&Honda
7 Merk Mobil di Indonesia Siapkan Teknologi Elektrifikasi
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita semua sudah tahu dan paham bahwa masa depan mesin dengan pembakaran internal akan tergeserkan oleh mesin – mesin dengan elektrifikasi, baik hybrid, plug in hybrid, ataupun fuel cell dan EV. Dan Indonesia sebagai salah satu bagian dari pasar otomotif global juga akan mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, siap atau tidak, setiap pabrikan otomotif di Indonesia harus melihat ke arah sana. Dan ternyata, sudah ada 7 pabrikan mobil di Indonesia yang sudah atau sedang menyiapkan teknologi elektrifikasi. Apa saja? Yuk kita bahas.

Sebenarnya, informasi ini sedikit tersirat dalam rilis resmi yang kami terima dari pihak GAIKINDO. GAIKINDO minggu lalu mengirimkan rilis resmi mengenai pandangan mereka terhadap sejumlah kebijakan Pemerintah dalam hal emisi gas buang. Jadi, kebijakan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri LHK 20/2017 serta Peraturan Pemerintah No. 73 tahun 2019. GAIKINDO dan para anggotanya menyambut baik kedua peraturan tersebut. Bahkan, GAIKINDO sendiri juga telah menyelaraskan kebijakan – kebijakan Pemerintah tersebut kedalam rencana bisnis GAIKINDO di Indonesia, baik untuk jangka menengah maupun jangka panjang.

Anggota-anggota GAIKINDO juga diklaim telah menyiapkan produk – produk untuk mendukung kebijakan Pemerintah tersebut. Dari antara anggota GAIKINDO, yang sudah menyiapkan teknologi elektrifikasi baik yang bersifat hybrid, PHEV maupun BEV antara lain adalah Daihatsu, Honda, Hyundai, Mitsubishi, Suzuki, Toyota dan Wuling. Proses persiapan itu telah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu dan diharapkan produk-produk tersebut dapat segara diproduksi di Indonesia dalam waktu dekat. Oke, kita akan coba bedah satu per satu. Kita akan lewati merk Toyota dan Mitsubishi, karena keduanya memang sudah menjual mobil hybrid dan PHEV di Indonesia, dan Toyota akan segera masuk ke segmen BEV melalui Lexus UX 300e minggu ini.

Pun begitu dengan Hyundai yang sudah merilis Hyundai Ioniq EV dan Hyundai Kona Electric di Indonesia. Sisanya, ada 4 merk yang sebenarnya masih belum terlihat memiliki produk Elektrifikasi. Pertama, adalah Honda. Honda sebenarnya punya beberapa line up hybrid dan EV di pasar global. Sayangnya, pabrikan berlogo H tegak ini masih belum terlihat akan memasukkan unit – unit tersebut tahun ini. Bisa saja Honda City e:HEV jadi produk pertama yang akan diboyong ke Indonesia, toh di Malaysia dan Thailand juga sudah dijual. Selanjutnya adalah Suzuki. Setahun terakhir, Suzuki memang getol menawarkan teknologi mild hybrid dan hybrid di pasar Eropa. Nampaknya, aplikasi teknologi itu bisa juga diterapkan di Indonesia.

Untuk Daihatsu, sebenarnya kita masih belum bisa meraba – raba kendaraan apa yang akan diberi teknologi elektrifikasi. Namun, kami duga mobil yang akan mendapatkan teknologi ini adalah MPV hybrid yang akan menjadi suksesor Daihatsu Xenia, namun berpenggerak roda depan. Harusnya, mobil ini akan muncul di akhir tahun ini atau awal depan, itu kalau berdasarkan prediksi terakhir. Dan yang terakhir adalah Wuling. Yap, Wuling memang yang paling muda diantara yang lain, namun pabrikan asal China ini sudah getol memajang Wuling e100 dan e200 dalam beberapa tahun terakhir. Walaupun masih cukup ‘aneh’ untuk orang Indonesia, namun kehadiran 2 mobil itu bisa menjadi warna di Tanah Air. Itupun kalau dimasukkan.

Jadi, apa pendapat kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: