Lexus UX 300e Rilis Minggu Depan, Pertama di ASEAN!

by  in  Berita & Lexus & Merek Mobil
Lexus UX 300e Rilis Minggu Depan, Pertama di ASEAN!
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan keputusan Toyota Astra Motor (TAM) yang akan melebarkan sayap ke segmen battery electric vehicle (BEV) alias mobil listrik murni? Yap, TAM memang sudah cukup puas dengan peforma mereka di segmen hybrid, dan kini tengah meniti jalan menuju ke segmen BEV. Dan produk pertama mereka adalah mobil listrik pertama dari Lexus, yaitu Lexus UX 300e. Dan mobil ini sudah disiapkan untuk debut di Indonesia minggu depan.

Jadi, pihak TAM akan memperkenalkan sosok Lexus UX 300e untuk pertama kali di Indonesia dan di ASEAN pada tanggal 25 November 2020 mendatang. Pihak Lexus akan memperkenalkannya secara virtual dan bisa kalian akses dari sosial media Lexus Indonesia. Tentu ini menjadi sebuah langkah yang berani dari Lexus dan TAM, karena sosok Lexus UX 300e sejatinya juga masih cukup baru di pasar global. Lexus UX 300e baru diperkenalkan bulan April 2020 lalu di pasar China. Lexus UX 300e dibangun dengan basis yang sama dengan Toyota C-HR EV ataupun Toyota Izoa EV di China. Mobil ini dibekali dengan baterai berkapasitas 54,3 kWh, yang juga digunakan oleh kedua mobil Toyota itu.

Pihak Lexus mengklaim bahwa Lexus UX 300e memiliki jarak tempuh maksimal di angka 400 kilometer, itu berdasarkan metode pengujian NEDC. Sedangkan untuk pengisian daya, Lexus membekali Lexus UX 300e dengan kemampuan pengisian AC dengan kapasitas pengisian 6,6 kW. Sedangkan untuk pengisian daya DC alias quick charge memiliki kapasitas pengisian mencapai 50 kW. Satu catatan penting lain dari sosok Lexus UX 300e versi Indonesia nanti adalah fakta bahwa pasar Jepang saja belum mendapatkan unit Lexus UX 300e. Yap, Lexus UX 300e kabarnya baru akan dirilis di Jepang awal tahun depan, jadi untuk urusan mobil ini, Indonesia bisa berbangga karena sudah terlebih dahulu mendapatkan unitnya.

Sedikit mengutip pernyataan dari Takashi Watanabe, Chief Engineer Lexus EV, beliau mengatakan bahwa Lexus UX 300e menjadi gerbang bagi pendekatan elektrik Lexus di pasar Otomotif. Dan benar saja, mobil ini bukan hanya menjadi gerbang bagi Lexus untuk masuk segmen mobil listrik murni di Indonesia, namun juga bagi Toyota Astra Motor. Langkah yang dilakukan TAM persis seperti saat mereka meniti jalan di segmen hybrid dahulu. Dulu, mereka menjual mobil hybrid di segmen yang premium, seperti Lexus LS HEV, lalu Toyota Alphard e-Four, dan Toyota Camry. Namun kini, hybrid Toyota sudah menyentuh ke kelas compact SUV dan sedan. Bisakah strategi yang sama diterapkan untuk EV? Kita lihat saja.

Lalu, berapa harga dari Lexus UX 300e di Indonesia? Tentu kami belum tahu. Tapi kami tahu berapa harga mobil ini di China. Mobil ini dipasarkan dengan harga 352.000 Yuan, atau setara 790 jutaan Rupiah dan 385.000 Yuan atau setara 840 jutaan Rupiah. Sedangkan di Inggris, mobil ini dipasarkan dengan harga 43.900 Poundsterling atau setara 826 jutaan Rupiah. Sudah ada gambaran? Jadi apa pendapat kalian?

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana