Toyota Grand New Avanza Dijual Hingga 270 Jutaan di Malaysia, Apa Bedanya Dengan Spek Indonesia?

Toyota Grand New Avanza Dijual Hingga 270 Jutaan di Malaysia, Apa Bedanya Dengan Spek Indonesia?
0  komentar
toyota-avanza-facelift-malaysia

AutonetMagz.com – Sudah beberapa bulan sejak duet Grand New Avanza dan Grand New Veloz diluncurkan resmi setelah bocorannya mengalir tiada henti dan jadi buah bibir banyak orang. Jika kita di sini mungkin sudah kenyang – atau bahkan bosan – melihatnya di jalanan, warga Malaysia di sana baru mendapatkan Grand New Avanza secara resmi. Terus, apa sih bedanya dengan versi Indonesia?

Beda yang pertama adalah namanya, karena jika di sini dinamai Grand New Avanza, di sana dinamai Avanza facelift saja. Mengapa? Ya karena memang major facelift, banyak yang diubah sampai ke mesinnya, tapi bukan berarti ini all new. Kalau di sini kan pakai nama Grand New biar kesannya “mobil baru total” saja alias trik pemasaran, padahal sih facelift doang.

toyota-grand-new-avanza-malaysia

Kedua, di sana tidak ada yang namanya Veloz, semuanya dari yang termurah sampai termahal tetap pakai nama Avanza. Berikutnya, di Malaysia tidak ada headlamp projector di tipe manapun, padahal kita di Indonesia punya lho. Keempat, garnish lampu belakang yang berupa tempelan di pintu bagasi itu sirna, hanya ada perubahan tata letak lampu sein, rem dan mundur.

Toyota Malaysia menawarkan aero kit opsional yang tidak ada di sini, plus LED DRL. Soal bagus atau tidaknya, kami sendiri bingung menilainya, tapi apa yang kami pikirkan saat melihat aero kit-nya adalah,”Kok mirip punyanya Daihatsu Sirion ya?” Yah, mungkin orang Malaysia sukanya yang seperti itu, tapi desainnya jelas berbeda dengan Daihatsu Great New Xenia R Sporty yang juga pakai aero kit ekstra di sini.

body-kit-toyota-avanza-facelift

Selebihnya, bisa dibilang sama dengan spek Indonesia. Toyota Avanza facelift masih dapat muka spicy wing face HR-V wannabe dan di beberapa tipe, ada yang front fascia-nya mirip Toyota Vios. Masih ada juga sein di spion, pelek alloy 14 inci, sensor pakir dan lain-lain. Untuk tipe menengah ke atas, pelek alloynya sama dengan milik Grand New Veloz di sini.

interior-toyota-avanza-facelift

Interiornya? Relatif tak ada bedanya, layoutnya masih sama, tetap dapat desain panel instrumen baru, head unit touch screen sebagai standar untuk tipe 1.500 cc, panel silver di konsol tengah, transmisi dan pintu, tombol AC model kompor gas dan masih banyak lagi. Bedanya, situs Paultan bilang kalau untuk varian 1.500 cc diberikan pompa ban portable sebagai standar. Versi Indonesia ada atau tidak sih?

Kesamaan pun berlanjut hingga ke belakang. AC double blower masih ada, jok tengah split 50:50 dengan headrest tengah terpisah dan sudah ISOFIX, bangku baris ketiga juga split 50:50. Fitur-fitur seperti seat belt reminder, Bluetooth, MID, rem ABS+EBD, dual airbags dan lain-lain tetap ada, jadi bisa dibilang yang disunat untuk spek Malaysia sejauh ini hanya projector lens dan garnish lampu belakang.

baris-belakang-toyota-avanza-facelift

Mesin NR baru juga tetap dihadirkan, masih 1NR untuk 1.300 cc dan 2NR untuk yang 1.500 cc. Mesin 1NR-nya bisa menghasilkan 97 PS dan 121 Nm, sementara 2NR sanggup menghasilkan 105 PS dan 136 Nm. Bedanya lagi, varian 1.300 cc hanya punya transmisi manual saja sementara varian 1.500 cc hanya ada transmisi matik.

Tentu menarik untuk tahu, berapa sih banderol Avanza facelift di sana? Dibandingkan dengan Grand New Avanza dan Veloz di sini, harga Avanza facelift di Mayalsia mulai sekitar 68.330 Ringgit hingga yang termahal 80.810 Ringgit. Berapa jika dalam Rupiah? Setelah dikurskan, harganya adalah mulai 229,08 juta Rupiah sampai 270,9 juta Rupiah. Waduh, mahal juga ya untuk sebuah Avanza saja? Mungkin karena pajak dan lain hal, harga jualnya jadi melambung begitu.

So, setelah menyimak perbedaannya, mana menurutmu Avanza yang lebih baik, versi Indonesia atau versi Malaysia? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • dsainbar

    Di Malay cuma disebut Facelift di sini GRAND NEW ULTRA SUPER bla bla bla..hehehe pagi pagi bisa nemu berita lucu tapi ironis

    • NYOTO

      Sebagai strategi marketing itu biasa, lain lubuk lain ilalang. dengan sebutan yang aneh dan bau inggris, konsumen disini jadi tertarik, kalau situ sales pasti juga pingin dagangan cepat laku

  • rs

    Masing masing di Indonesia dan di Malaysia ada kelebihanna ada kekurangannya juga…
    -kelebihan
    Versi indo= ada lampu tempel di belakang, ada projector headlamp, ada chrome yang sebenarnya di bumper dekat foglamp untuk yang veloz, harga, varian transmisi, dan aksesoris dari dealer
    Versi malaysia= ada bodykit, ada stiker di samping, ada ebd (tapi di Indonesia sepertinya tidak ada dilihat dari brosur)
    -kekurangan
    Versi indo= tidak ada ebd, tidak ada stiker, tidak ada varian bodykit untuk avanza biasa (padahal varian avanza biasa yg pakai bodykit di Indonesia seharusnya jadi yg luxury)
    Versi Malaysia=harga, projector headlamp, chrome, lampu tempel, varian transmisi
    Tapi setidaknya avanza di Malaysia bagus dan keren terutama yang veloz

    • jono sujono

      malay ga ada veloz

  • mas boy

    orang malay kan gajinya lebih tinggi, jadi wajar saja buat mereka

  • Vito Aditya Simanjuntak

    Di Filipina jg udh diluncur, jg di Afrika Selatan. Gw blom tau harganya

  • Muhammad Brian Farrel Hanner J

    Aero Kitnya yg versi Malasa keren , ada di toko aksesoris gk ya?

  • farid

    di afrika selatan ada loh varian toyota avanza versi kendaraan niaga dan super standar secara tampilan yaitu toyota avanza commercial

    • akm

      itu yg std hrganya brp om???

      • farid

        setelah saya cek,harga mobil ini di afsel sekitar 198000 rand(mata uang afsel) atau kalau dikurs rupiah sekitar 199 juta.tapi setelah saya cek spek dan fiturnya di situs toyota afsel mobil ini punya fitur dual airbag,rem ABS,alarm/immobilizer,power window dan power steering,dan mesinnya pake mesin 1300cc 1NR-VE,lumayan lengkap bukan buat sebuah kendaraan niaga

  • farid

    toyota avanza dgn front fascia “keen look” ala toyota yg merupakan veloz di indonesia merupakan avanza tipe S di malay kalau gak salah

  • Vyrza Aziz

    defogger di indonesia ada engga?

  • kabe kabe

    Cakepan itu malah

  • ndaru s

    asli aero kit nya bikin avanza makin tampan

  • adhi

    Wah kbtulan ane owner veloz dan stay di Malay ane mengamati sob, pengalaman ane sih kalo kita punya avanza pasti dibilang org kaya sob hahaha… Di malay toyota adalah merk mewah, wajar dengan harga mahal karena masyarakatnya lebih memilih produk lokal dgn banderol harga dibawah RM50k atau sekitar 150jt an.. andaikan avanza pake merk perodua/proton tentu harga akan murah.. lagipun avanza termasuk mobil keluarga dan termasuk kategori mobil besar disini, tak semua org mau membeli mobil berukuran besar karena mereka lebih memilih sedan atau city car untuk sehari2 dan biasanya hanya kelas menengah keatas yg membeli merk toyota/honda dsb dan hanya yg memerlukan saja biasa nya yg mengambil mpv karena keperluan mengangkut keluarga besar.. at least sih 1 family besar disini minimal punya 1 mpv entah avanza atau model lain..
    FYI avanza mahal karena cbu dr indo, hanya ad racikan lokal malaysia di bbrp bagian, bea masuk cbu yg membuat harganya mahal dan komponen/sparepart nya pun masih impor dari indonesia walaupun sebatas EMBLEM
    FYI juga disini harga sewa avanza per hari mencapai 200RM /hari atau 750-800rb per hari karena ikut kategori mobil besar/mpv/van berpenumpang lebih dari 6org

    • Hillarius Satrio

      nah.. baru tau gw kalo yang ini… mahal bener 800k sehari

    • farid

      pantas aja orang malay suka mobil hatchback dan sedan kecil atau citycar macam perodua myvi,axia,proton iriz atau proton saga dibanding mpv.BTW disanakan ada mpv merek lokal seperti perodua alza dan proton exora,udah gitu lumayan laku lagi,emang disana mpv gak laku amat ya?

  • adi

    Mana artikel first impresson grand new avanza mas hil mas rid ? Kok cuma xenia doang

    • Muhammad Brian Farrel Hanner J

      Kalo di yutup ada GNV

  • Tonyonyo

    Ikut nimbrung ah..
    Dulu gw punya avanza g 2007, sekarang ganti grand new avanza e 2015.
    Setelah 2 minggu pakai yg baru, pebedaannya :
    a. Klo pas belok kasih gopek ke pak ogah, lupa turunin gigi persneling dr 3 ke 1, mesin langsung mati. Ga tau ya kenapa, mungkin krn dual vvti, semburan bensinnya jd irit. Ga pake mesin ngelitik, tp mesin lgsg mati.
    b. Semua tipe avanza skrg ga ada talang airnya. Gw pasang aksesoris non ori, pas ujan, kaca kanan kiri yg deket spion malah ngembun, pdhl ac ga diarahin kaca. So, ati2 pilih desain aksesoris
    c. Dengan sound yg standar, av2007 kualitas suaranya lebih bagus dari av2015. Sound yg sekarang ga ada bassnya.
    d. Dengan pemakaian normal jkt, gaya nyetir seruduk cenderung mepet mobil di depannya, bensin 1:15

    • Hamid

      Lebih irit jg ya. Biasanya 1:13

  • Muhammad Hafizh Tusanda

    akhirnya keluar juga di malaysia, sya buka webnya gk ada mlu, 270 jt mending beli innova dah disini :v, tpi innova plat bodinya lbh titpis dri avanza