Toyota Avalon TRD & Camry TRD Diperkenalkan, Jauh Lebih Sporty?

Toyota Avalon TRD & Camry TRD Diperkenalkan, Jauh Lebih Sporty?
0  komentar

AtuonetMagz.com – Toyota akhirnya sudah secara resmi meluncurkan Toyota Avalon TRD dan Camry TRD. Memang telah dijadwalkan untuk memulai karirnya di Los Angeles Auto Show, kedua model ini digadang-gadangkan sebagai “sedan track-tuned yang sudah ditunggu-tunggu penggemarnya”. Kedua mobil ini sudah dilengkapi dengan suspensi yang di retuned dan dipasangi peredam kejut baru yang bisa menurunkan pegas sehingga bisa mengurangi tinggi kendaraan hingga 15mm. Mobil-mobil ini juga dilengkapi dengan braces yang lebih tebal yang bisa meningkatkan kekakuan torsional.

Selain perubahan suspensi, Avalon dan Camry memiliki sistem pengereman yang lebih cekatan dimana cakram depan berukuran 12,9 inci dengan kaliper dua piston. Sebagai perbandingan, varian XSE standar memiliki cakram 12 inci dengan kaliper piston tunggal. Sedangkan pada bagian styling depan, kedua model ini mendapatkan body kit yang terlihat aerodinamis, yang mencakup splitter depan, side skirt baru, dan rear spoiler yang dipasang di bagasi. Desainer mobil ini juga memasang diffuser belakang, pinstriping merah dan badge TRD untuk menegaskan identitasnya.

Perubahan yang terlihat spesifik dari kaki – kaki yang digunakan, yaitu velg 19 inci pada Camry TRD dengan dipasangi ban yang cocok untuk musim panas, Bridgestone Potenza. Velg yang dipasangkan ini memiliki finishing hitam matte dan masing-masing memiliki berat sebesar 1,4 kilogram, lebih ringan ketimbang standarnya yang digunakan pada Camry XSE. Padahal sama-sama menggunakan ban 19 inci. Camry juga memiliki suspensi yang lebih agresif berkat sway bars dan coil springs yang lebih kaku. Toyota sendiri mengklaim kalau tingkat kekakuan coil springs meningkat 44 persen di depan, dan 67 persen di belakang.

Perubahan lain yang terlihat adalah pada grile yang berwarna hitam gloss, sistem pembuangan catback, dan cat two-tone. Mobil ini juga dibekali kursi depan yang sporty, yaitu dengan Sport SofTex warna hitam dengan aksen merah dan sandaran kepala yang memiliki sulaman. Pengemudi juga bisa merasakan sensasi duduk di kursi kemudi dengan sabuk pengaman yang berwarna merah, karpet yang ada merk TRD-nya, dan setir yang dibungkus kulit dengan jahitan berwarna merah yang menambah kesan sporty. Avalon TRD sedikit lebih terkendali, tetapi kembali lagi, mobil model ini sudah dipasangi ban 19 inci yang masing-masing beratnya 2kg, lebih ringan daripada yang ada pada Avalon XSE – lagi-lagi. Sedan ini juga dipasangi kursi depan Sport SofTex hitam, seperti Camry TRD, namun disisipi ultra-suede dan aksen merah. Kalian juga bisa lihat kalau ada logo TRD di sandaran kepala, karpet, dan shifternya.

Untuk urusan mesin, kedua mobil ini didukung oleh mesin V6 3,5 liter yang bisa menghasilkan 301 HP. Kemudian terhubung ke transmisi otomatis delapan kecepatan dan dilengkapi mode Sport dan paddle shift. Meskipun akan debut nanti di Los Angeles Auto Show, Avalon dan Camry TRD baru akan mulai dijual pada musim gugur 2019 nanti. Bagaimana menurut kalian? Sampaikan di kolom  komentar ya!

Read Prev:
Read Next: