Toyota Segarkan Hiace dan Dyna

Toyota Segarkan Hiace dan Dyna
0  komentar

AutonetMagz.com – PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara bersamaan menghadirkan New Hiace dan New Dyna untuk memenuhi kebutuhan di sektor komersial. Selain itu, kehadiran keduanya juga menyambut era baru aplikasi standar emisi EURO 4 untuk mesin diesel yang mulai berlaku pada April 2022. Perubahannya tidak hanya mesin, tetapi juga ada beberapa update fitur untuk semua varian Toyota Hiace. Apa sajakah itu? mari kita bahas lebih lanjut.

Perubahan pada Toyota Hiace

Pada Toyota Hiace Commuter, Toyota memasang power unit 1KD-FTV 2.982 cc bertenaga 136 PS pada 3.400 rpm dan torsi 30,6 Kgm pada 1.200 – 2.400 rpm, disalurkan melalui transmisi manual ke roda belakang. Penambahan kapasitas mesin merupakan upaya memperkuat kemampuannya mengangkut penumpang di segala medan jalan, meningkatkan kualitas berkendara, serta lebih irit bahan bakar. Sementara untuk varian premio tidak ada perubahan mesin.

Adapun beberapa sentuhan penyegaran diberikan pada Toyota Hiace Commuter (model lama). Pada tampilan eksterior, terdapat New Electric-Retractable Outer Mirror, New LED Foglamp, dan Parking Sensor. Terdapat juga tambahan fitur USB Charging sebanyak 4 ports. Sementara untuk Toyota Hiace Premio (model baru) mendapatkan tambahan Parking Sensor. Sementara fitur pada interionya kini dilengkapi dengan USB Charging sebanyak 4 ports, Parking Camera, dan Display Audio Touch Screen AVX 7 Inch.

Perubahan pada Toyota Dyna

Toyota Dyna kini hadir dengan 3 tipe yaitu 115 ST 4×2 5MT, 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT, dan 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT (PTO). Power Take Off (PTO) adalah fitur yang menyalurkan tenaga mesin untuk menggerakkan perangkat lain seperti alat untuk mengangkat bak pada dump truck. Bersamaan dengan pelaksanaan standar emisi EURO 4 , Toyota memasang mesin baru N04C-W 4.000 cc. Bertenaga 115 PS pada 2.500 rpm dan torsi 36 Kgm pada 1.200 – 2.200 rpm untuk 115 Series. Sedangkan untuk 136 Series, tenaganya 136 PS pada 2.500 rpm dan torsi 40 Kgm pada 1.400 – 2.500 rpm. New Dyna 115 Series masih menggunakan transmisi manual 5-speed, sedangkan 136 Series 6-speed.

Penggunaan dapur pacu baru juga sebagai upaya untuk meningkatkan GVW (Gross Vehicle Weight) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap kemampuan New Dyna dalam membawa barang sesuai regulasi Zero ODOL (Over Dimension & Over Loading). Pada 115 Series, GVW meningkat dari 5,2 Ton menjadi 5,4 Ton, sementara pada 136 Series, GVW meningkat dari 8,25 Ton menjadi 8,6 Ton.

Improvement juga dilakukan pada beberapa detail eksterior dan interior truk sebaguna ini. Di antaranya adalah desain baru pada bumper, grille depan, lampu utama, panel bodi depan, foglamp, logo Toyota yang lebih besar, dudukan spion samping sewarna bodi, grade sticker, dan stiker EURO 4. Di interior, warna kabin diubah lebih gelap. Terdapat beberapa sentuhan ringan seperti desain blower AC ditambah boost ventilator, desain baru pada center cluster dan mobile stand, lokasi laci penyimpanan baru di bawah dashboard, serta seat cover yang kini berwarna dark brown dengan pola desain baru.

Read Prev:
Read Next: