Kawasaki Endeavor EV : Motor Sport Listrik Pakai Transmisi Manual

0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian tentu tahu bahwa elektrifikasi tidak hanya terjadi di segmen roda 4 atau lebih saja, melainkan juga di roda 2. Dan konsep elektrifikasi yang selama ini populer di segmen roda 2 adalah skuter listrik. Memang, ada beberapa pabrikan atau start up yang menggarap motor listrik dengan konsep sporty, namun nampaknya tidak seperti yang digarap oleh Kawasaki. Kawasaki menawarkan sebuah konsep baru dari motor listrik dengan sensasi transmisi manual.

Pihak Kawasaki baru saja mengumbar sebuah teaser Video yang menunjukkan prototipe dari motor listrik sport mereka yang diberi nama Kawasaki Endeavor EV. Hal pertama yang langsung membuat kami tercengang adalah bentuk body dari motor listrik ini. Kawasaki Endeavor EV menggunakan body milik Kawasaki Ninja 250 FI, namun model lawas. Tentunya body ini tidak akan menjadi body resmi Kawasaki Endeavor EV saat dipasarkan nanti, hanya saja sekedar menjadi kamuflase atau sekedar body untuk pengujian saja. Namun, kalau dipikir – pikir, jikalau Kawasaki Endeavor EV bisa pas menggunakan body milik Kawasaki Ninja 250, maka basis yang digunakan juga sama.

Nah, informasi mengenai motor ini tentu masih minim, namun sedikit demi sedikit sudah diumbar Kawasaki melalui 5 teaser video di kanal Youtube resmi mereka. Pertama, Kawasaki Endeavor EV didesain berdasarkan filosofi ride-centric Kawasaki, Rideology. Kawasaki menjamin motor ini memiliki handling yang baik, menyenangkan, dan kontrol yang responsif. Kedua, penggunaan motor listrik di Kawasaki Endeavor EV memberikan torsi instan dari start, seperti kendaraan listrik pada umumnya. Dan ini jelas kabar baik bagi pecinta akselerasi. Dan detail terakhir yang menarik adalah penggunaan transmisi manual di motor listrik ini.

Yap, biasanya kendaraan listrik identik dengan transmisi otomatis, karena pada dasarnya motor listrik sudah bisa menggerakkan roda tanpa menggunakan gearbox. Nah, di Kawasaki Endeavor EV ini, Kawasaki mengandalkan transmisi manual 4 percepatan. Memang terasa jadul, namun setidaknya bisa memberikan sensasi gear shift walaupun menggunakan motor listrik. Nah, Kawasaki Endeavor EV sendiri kabarnya memiliki jarak tempuh maksimal mencapai 120 km, cukupan untuk penggunaan dalam kota. Kawasaki Endeavor EV sendiri dijadwalkan untuk hadir perdana di EICMA 2020 yang ada di penghujung tahun 2020.

Kawasaki Endeavor EV menjadi inovasi baru Kawasaki setelah sebelumnya juga menggegerkan dunia dengan sosok Kawasaki Ninja ZX-25R yang menggunakan mesin 250cc 4 silinder. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: