Ini Dia 7 Mobil Sport Bekas di Indonesia Yang Bisa Dibeli Dengan Harga Kurang Dari 400 Jutaan

by  in Audi&Berita&BMW
Ini Dia 7 Mobil Sport Bekas di Indonesia Yang Bisa Dibeli Dengan Harga Kurang Dari 400 Jutaan
0  komentar
Cover-Sportcar

AutonetMagz.com – Bagi mayoritas car enthusiast di seluruh dunia, mobil sport selalu jadi idaman. Kencang, cantik, kharismatik dan kalau di jalanan pasti beda sendiri dan rasanya menyenangkan. Masalahnya, mobil sport itu harganya mahal-mahal, hanya mereka yang berkantung tebal yang bisa membelinya. Solusinya sih paling membeli mobil sport seken, dan asiknya, karena mobil sport rata-rata berpenampilan keren, tidak akan kelihatan seperti membawa mobil yang sudah berumur.

Nah, apa sih kira-kira recommended sports car yang bisa kita beli di Indonesia dengan harga relatif masuk akal, kira-kira kurang dari 400 jutaan? Nah, komunitas pengguna mobil sport terkenal, Speed Creed sudah menyusun daftarnya berdasarkan riset mereka. Sebenarnya Speed Creed hanya membuat 5 mobil, dan nanti urutan ke-6 dan 7 adalah pilihan kami sendiri. Mari kita mulai.

1. Audi TT 1st Generation

Coupe paling terkenal dalam sejarah Audi. Saking abadinya, dari generasi pertama sampai sekarang bentuk membulatnya masih dipertahankan. Paling hanya desain muka dan buritan saja yang diubah menurut tren dan bahasa desain baru Audi, tapi keseluruhan bentuknya bisa dibilang sama dari TT paling lawas sampai TT sekarang. Tidak banyak lho mobil yang bisa menjaga heritage desainnya sampai 10 tahun lebih.

audi tt

Untuk TT generasi pertama, mesin 2.000 cc 4 silinder turbonya sama dengan yang dibawa oleh Golf GTI, begitu pula basis mobil ini. Jadi yang sering bawa Golf GTI lalu pindah ke kabin TT mungkin akan merasakan kemiripan rasa berkendara antar keduanya. Menurut sumber, Audi TT generasi pertama bisa dibeli di pasar mobil bekas dengan harga sekitar 300 juta Rupiah, tapi tidak sampai 400 jutaan.

2.Volkswagen Golf GTI MkV

Dibilang sport car mungkin kurang cocok, lebih cocok kalau dibilang hot hatch. Iya, kami tahu Golf MkV ini tidak begitu menarik, apalagi dibanding MkVI secara bentuk, tapi dulu sempat dijual versi 3 pintu yang kelihatan lebih cakep sedikit daripada yang 5 pintu. Menurut banyak pihak, VW Golf MkV ini baru GTI yang kembali ke jalan yang benar, karena 2 generasi sebelumnya malah mengecewakan.

volkswagen golf gti mkv

Mesinnya sama dengan Audi TT, 2.000 cc 4 silinder turbo. Performanya bagus, handling bisa diandalkan, masih bisa dipakai harian dan masih dapat build quality VW. Untuk harga di pasar seken, masih di kisaran 300 jutaan lebih sedikit, malah kalau hoki, bisa dapat yang kurang dari itu dalam kondisi bagus. Karena antar Audi TT dan VW Golf GTI itu sama, jadi tinggal pilih, mau TT yang cantik atau Golf GTI yang praktis?

3. Mazda RX-8

Mobil yang bagus sebenarnya, dan secara pribadi pun saya masih suka dengan mobil ini. Bentuknya masih lumayan cakep sampai saat ini, dan format 4 pintu dengan pintu belakang suicide pun jadi hal unik yang belum tentu didapat di mobil lain. Kabin belakangnya pun masih oke buat ditumpangi orang dewasa. Tapi yang paling menarik dari RX-8 jelas mesin rotary 1.300 cc-nya, karena bisa menghasilkan hingga 250 hp pada RX-8 Type S .

mazda-rx8-r3

Berita buruknya, mesin rotary RX-8 sangat rewel, sensitif dan boros. Rotary RX-8 itu tidak begitu reliable, boros bensin, boros oli, biaya perawatan tinggi dan susah dimodifikasi. Makannya depresiasinya luar biasa tinggi, bahkan ada yang harganya 250 jutaan. Di atas itu, harganya masih kisaran 300-350 juta, dan untuk RX-8 R3 harganya masih agak mahal, kisaran 400 juta pas, malah ada RX-8 Spirit R yang bisa di atas 450 juta. Akan tetapi, bukan mustahil kalau mobil ini bakal jadi future classics karena keunikannya itu.

4. Honda Integra Type R (DC5)

Ini adalah generasi Integra terakhir yang diproduksi oleh Honda, dan populasinya sangat langka di Indonesia. Bentuknya mungkin tidak seseksi RX-8 atau 350Z, tapi justru pesonya sebenarnya dari Honda Type R ada di bawah kulitnya. Mesin K20 yang dibawanya sangat powerful, karena bisa meraih 200 hp meski tanpa turbo. Saking legendarisnya mesin ini, bahkan Civic Type R FD2 pun menggunakannya juga, tapi Civic Type R FD2 sudah pasti diberikan power lebih.

Honda-Integra-Type-R

Jok bucket dan setir buatan Momo sudah menjadi standar dalam Integra Type R DC5. Karena langka, harga Integra Type R bisa menyentuh 350 jutaan hingga 400 jutaan di bursa mobil seken. Kalau Integra Type R DC2 bagaimana? Maaf saja ya, karena mobil itu lebih langka lagi dan belum tentu orang mau lepas, pasti lebih mahal. Terus Civic Type R FD2? Masih mahal juga.

5. BMW Z3

Satu-satunya cabriolet dalam pembahasan kali ini. Pendahulu BMW Z4 ini masih mengusung mesin 6 silinder segaris yang performanya lumayan, tergantung varian mana yang dipilih. Jika anda beruntung juga, anda bakal mendapatkan Z3 dengan transmisi SMG (sequential manual gearbox) ala BMW, yang sempat terpasang juga di BMW M3 dan M5.

bmw z3

Karena hadir dalam rupa cabriolet, kita bisa jalan-jalan pagi atau sore dengan santai sambil membuka atap di mobil ini, merupakan hal-hal yang tidak bisa dilakukan 4 mobil lain yang sudah disebut duluan. Harga BMW Z3 masih di kisaran 300 juta hingga 400 juta Rupiah, tapi cukup susah juga mencari unitnya.

6. Subaru Impreza WRX STI

Kelima mobil di atas tadi adalah pilihan Speed Creed, yang sekarang ini adalah pilihan AutonetMagz. Sedan sport 4 pintu yang selalu jadi musuh bebuyutan Mitsubishi Lancer Evolution ini mendapat pesona dan citra kuatnya dari dunia reli. Karena ini Subaru, pastinya mesinnya boxer turbo dan pakai AWD, tapi yang beredar di Indonesia ada dua pilihan, yang 2.000 cc EJ20 atau 2.500 cc EJ25.

subaru impreza wrx sti

Subaru Impreza WRX STI yang kami bicarakan adalah generasi kedua yang berkode GD, dan kini harganya ada di kisaran 300 jutaan hingga 400 jutaan, malah ada yang harganya 250 jutaan lebih sedikit. Tapi bisa tidak dapat Mitsubishi Evo dengan harga segitu? Bisa sih, tapi ya paling bagus dapat Evo 5, sukur-sukur dapat Evo 6. Tapi hati-hati, beli Evo seken belum tentu dapat Evo ori, bisa jadi Evo convert. Kalau Subaru, bisa dipastikan 99 persen Subaru WRX yang anda beli itu asli WRX dari sananya, bukan convert dari Impreza biasa.

7. Toyota Celica

Jika anda masih ingin mobil sport murah yang kemudahan suku cadangnya relatif terjamin, Toyota Celica adalah mobil yang masuk akal. Kami bisa bilang demikian karena mayoritas Toyota Celica yang beredar di Indonesia memiliki mesin yang sama dengan Corolla Altis, berkode 1ZZ-FE. Mayoritas Celica di sini juga bertransmisi matik, jadi lebih friendly untuk harian.

Toyota-Celica

Tapi untuk performa, kami lebih merekomendasikan Celica bermesin 2.000 cc 2ZZ-FE yang sudah berteknologi VVTL-i, karena larinya bisa menempel ketat dengan Integra Type R. Toyota Celica bisa anda beli di katalog mobil seken dengan harga sekitar 230 jutaan ke atas, tapi tidak akan sampai 400 jutaan. Sedikit catatan, Celica yang bermesin 2ZZ-FE sangat langka dan jarang orang mau melepasnya, kalau yang 1ZZ-FE lebih banyak unitnya.

Nah, itu dia mobil-mobil sport pilihan yang bisa dibeli sekarang ini dengan harga yang agak ramah di kantong, khususnya saat dibandingkan dengan harga barunya. Yang mana pilihanmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • otomoto

    yg sportipu sm rs(rada sporty) ga kmasuk y?

    • Hillarius Satrio

      tadinya pengen dimasukin, cuma pesonanya nggak nahan

      • otomoto

        g nahan silau nyaaaaa.. hahahahha

        eh, review mobil yg convertible donk,, prasaan belum ada review (video) nya.. mazda mx 5, bmw z4, atau yg lain.. copen/s6000 jg bs.. ga mslh kluaran thn brp yg ptg atap ny bisa nyungsep..

        • Hillarius Satrio

          dapet convertiblenya susah nih.. wkwkwk

  • farid

    jika dilihat masing2 dari segmen atau kelasnya mungkin VW golf GTI adalah hothatch terbaik dan masuk “7 mobil sport bekas di indonesia yang bisa dibeli dengan harga kurang dari 400 jutaan” seperti mimin tulis.kalau impreza wrx sti adalah pilihan autonetmagz kalau pilihan saya adalah golf GTI,salah satu mobil impian saya,jika seandainya gak kebeli golf GTI mk7 mending beli bekas nya aja golf GTI mk5.
    ohh…golf GTI andai aku bisa memilikimu :’v

  • Rafli Santosa

    klo menurut saya yg paling keren sebenarnya Integra Type R tapi sayang di indonesia populasinya minim. tapi klo saya suruh milih antara Golf GTi MkV sama Subaru Impreza WRX STi.

    • farid

      diantara golf GTi MkV sama impreza WRX STi saya lebih milih golf GTi,soalnya saya paling demen dgn hothatch dibanding mobil sport berbodi coupe/convertible.karena walaupun FWD tapi lebih fun to drive dibanding mobil sport yg performanya liar

  • setirbundar

    Nah ane demen ni sama liputan beginian.. banyakin liputan ginian gan, misal suv murah, sedan mewah murah, dll.. yang pasti khusus pasar indonesia ya..

    • AutonetMagz

      Nah komen seperti ini yang juga dinanti, jadi kami tahu juga apa keinginan pembaca. Thanks masbro!

      • sereal

        jangan lupa cantumkan pajaknya gan ya, info krusial jg tuh 🙂

  • brazagan auto community

    Audi tt dan bmw z3 bisa jadi pilihanku…

  • jojon

    vote golf, lebih tangguh & abadi, teman saya punya golf th 70-an masih cakep malah jadi tambah mahal buat hobi