Yuk Simak Detail Chevrolet Enjoy, Cocok Tidak Jadi Pengganti Spin di Indonesia?

Yuk Simak Detail Chevrolet Enjoy, Cocok Tidak Jadi Pengganti Spin di Indonesia?
0  komentar
chevrolet-enjoy

AutonetMagz.com – Ini sudah bulan Juli, artinya Low MPV Chevrolet Spin sudah resmi stop produksi dan pabrik General Motors di Indonesia ditutup. Setelah itu, banyak rumor yang beredar mengenai kelanjutan mobil keluarga termurah Chevrolet ini, antara Spin mau dijual secara CBU atau digantikan dengan produk baru bernama Chevrolet Enjoy? Memangnya apa sih plus-minusnya Enjoy ini sampai-sampai digosipkan bakal menggantikan Spin?

Kebetulan, versi terbaru mobil ini baru saja kemarin meluncur di India. Sebenarnya, mobil ini bukan murni rancangan GM sendiri, tapi merupakan hasil rebadge dari Wuling HongGuang, sebuah merek mobil China, jadi jangan heran kalau tampangnya tidak begitu rupawan, masih memiliki aura desain khas mobil-mobil China pada umumnya yang kadang desainnya suka tidak nyambung. Kami tidak bilang mobil ini tampilannya jelek, namun cenderung biasa saja.

chevrolet-enjoy-side

Kalau dilihat dari samping, kelihatan kalau mobil ini punya dimensi yang cukup panjang, yakni mencapai 4,3 meter dengan lebar 1,68 meter. Desain peleknya mungkin biasa saja, tapi ground clearance Enjoy yang tinggi bisa jadi nilai plus saat bertemu jalan jelek. Kacanya yang besar bisa membuat kabin terasa tidak sempit, tapi andai saja pintu baris keduanya punya mekanisme pintu geser, kami yakin Enjoy akan lebih baik.

Oh ya, sama seperti Toyota Avanza, Chevrolet Enjoy adalah mobil berpenggerak roda belakang. Suspensi depannya bertipe McPherson strut sementara bagian belakangnya five link. Sasisnya sendiri menurut Wuling merupakan kombinasi antara monokok dan body on frame. Enam pilihan warna Enjoy adalah Velvet Red, Sandrift Grey, Linen Beige, Summit White, Caviar Black, dan Switchblade Silver.

dashboard-chevrolet-enjoy

Interior Enjoy terbilang lumayan, dengan kombinasi warna hitam dan beige, tampilannya jadi tidak monoton meski desain dashboard-nya bukan yang paling atraktif. Enjoy punya pengaturan AC yang lengkap mulai dari suhu, kecepatan kipas hingga arah semburan AC. Fungsi head unit-nya standar, untuk mendengarkan radio, CD, dan MP3 tapi tanpa monitor berlayar sentuh. Desain setirnya khas Chevrolet, lengkap dengan steering switch control untuk mengatur head unit.

kabin-chevrolet-enjoy

Akomodasi Enjoy adalah satu hal yang amat layak untuk dibanggakan. Kalau di baris kedua tidak ada captain seat, maka Enjoy bisa menampung 8 orang di dalamnya meski tak ada headrest untuk penumpang baris kedua dan ketiga yang duduk di tengah. AC-nya sudah double blower, jadi tak usah takut kegerahan kalau duduk di baris kedua Enjoy meski kami tak tahu apa sampai baris ketiga masih dingin atau hanya kena ampas sisa hembusannya saja.

Bagasinya tak luas-luas amat kalau semua joknya berdiri tegak, tapi itu semua berubah ketika jok baris ketiga dan kedua dilipat. Meski tidak rata lantai sepenuhnya, ruang yang dihasilkan tergolong luas dan bisa diandalkan untuk membawa barang bawaan dalam jumlah banyak. Urusan fitur keselamatan, kita sudah dapat ABS+EBD dan dual airbags pada Chevrolet Enjoy LTZ yang merupakan varian termahal.

bagasi-chevrolet-enjoy

Di India, Chevrolet Enjoy ditawarkan dengan 2 pilihan mesin, yakni mesin bensin atau diesel. Mesin dieselnya berkapasitas 1.300 cc 4 silinder turbo dengan tenaga 75 hp dan torsi 172 Nm, sementara yang bensin adalah 1.400 cc 4 silinder, bertenaga 100 hp dan torsi 131 Nm. Klaim konsumsi BBM untuk Enjoy diesel adalah 18,2 km/liter, sementara yang bensin 13,7 km/liter. Di foto yang disebarkan oleh Chevrolet, Enjoy hanya ditampilkan dalam transmisi manual, jadi kami tak tahu ada versi matiknya atau tidak.

new-chevrolet-enjoy

Rentang harga Chevrolet Enjoy adalah sekitar 131,2 juta hingga 185,2 juta Rupiah jika dikurskan dengan varian yang bisa dipilih adalah LS, LT dan LTZ. Jika Chevrolet Enjoy benar-benar jadi dijual di sini untuk menggantikan Spin, maka GM Indonesia punya PR untuk tidak mengulang kesalahan Spin. Apalagi kalau konsumennya sudah paham jika ini mobil China, bakal sedikit susah untuk membuat konsumen percaya kalau ini tidak seperti mobil China kebanyakan yang citranya… ya begitulah.

Bagaimana menurutmu kalau Chevrolet Enjoy hadir di sini untuk bersaing dengan Avanza, Mobilio dan Ertiga? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • agismaniax

    kesalahan spin itu apa ya kalau boleh tahu?

    • subaru

      ga ada..salah ATPMnya jualan ga niat
      mobilnya sendiri sepanjang ane coba bagus

    • Hillarius Satrio

      spinnya nggak ada masalah, malah oke. jualannya yang nggak bener

    • nadanjenn

      Team direksi lokal yang sangat paham kondisi pasar lokal – yang susah payah membesarkan nama Chevrolet bertahun-tahun–dgn gigih jualan Blazer mendadak diganti dengan team dari negeri sono yang gak paham pasar di sini dengan akomodasi dan biaya hidup tinggi untuk menghidupi para direksi asing.
      Ya gitu deh besar pasak dari pada tiang.
      Emangnye gampang jualan mobil dimari??? Awal ahun 70an saja Toyota terseok seok jualan Corolla dan Corona… Apalagi Honda yang cuma punya produk pick up kecil -Honda Fellow Max…
      Chevrolet yang berjaya tahun 60 an, jualannya main-main…ntar jual ntar vacum.. ntar jual ntar vacum… mirip Fiat, produk bagus tapi team pemasaran lokal amburadul ya jadinya begono…

    • sporky

      mobilnya nggak salah, cuma orang kita memang belum bisa milih mobil yg benar2 value for money dr segi spek dan kenyamanan, prioritas masih maunya merk jepun dan masih parno kalo mau pakai merk diluar jepun utk masalah aftersalesnya akibat informasi negatif dr pihak2 yg belum tentu pernah pelihara Chevrolet sendiri, padahal sih sebenarnya biasa2 aja.. kalo ada kekurangan pun masih pd tahap wajar utk sebuah merk yg nggak pasaran.

    • Shark Owner

      Salahnya di handel pintu model taun 70an, kursi kueras dan nggak bisa sliding 2nd rownya, knop selector arah hembusan AC disunat sama merknya Chevrolet #kabur

    • Jhovan Lin

      Chevy Spin itu ga salah, yang salah strategi marketingnya jualan ga bener. Saya berharap semoga pihak GM pun bisa memperbaiki strategi marketingnya dan berharap Chevy Spin khusus diesel dan activ tetap dijual dengan catatan secara CBU.

  • subaru

    mata ane sakit dan sekarang sedikit mual melihat mukanya…

    • siswanto18

      sdh sakit, terus dikasihnya obat ga jelas dari sin she, harusnya sih ngak lagi sekarat tetapi bablas…..mungkin itu yg lagi dikejar sama chevy kalo mobil ini masuk.

  • Krisna Dewanta

    Astaga naga2 lewat dijalanan. -_-”

    Mending Spin kemana-mana lah dibanding mobil ini. :/

    Bentuknya ud kayak Grandmax dicampur Evalia + ekstrak eksterior samping Serena. :v

    • Hillarius Satrio

      wakakakakak

  • Andy RR

    Kalo menurut ane, bakal sulit kalo mau saingan ma LMPV yg udah ada seperti avxen, ertiga atau mobilio yg tampangnya jauh lebih baik dri mobil ini… apalagi kalo harganya sama, beuuuhhhh.. hehehe…

  • gaps

    Spin CBU aja mendingan. Dr pd ini. Cm memang unggulnya ini mobil di akomodasinya. Sisanya bagusan Spin kemana2

    • Andy RR

      Ntar klo Spin CBU, takutnya jdi over price gan … kecuali klo fiturnya dikurangi biar cost productionnya berkurang…

      • Hillarius Satrio

        tul, ntar spin kalo cbu jadi mahal dan fiturnya minim

      • betul sayang sekali kalo spin bakal CBU..harga yg sekarang sdh pas malah paling nampol featurenya dibanding yg lainnya..

    • Jhovan Lin

      Susah bilangnya kalau udah salah strategi pemasarannya..

  • pescarolo

    Keseluruhan mobilnya trlalu kalem, trlalu biasa. Depan-belakang ga nyambung. Kl emg mau masuk sini, mendingan varian diesel aja dan dijadiin mobil angkutan personalia ato mobil niaga semacam grand max windowless. Itupun kl harganya bisa cucok…

  • ap88

    Terlalu ngotak,tapi kabinnya memang besar

    Btw gue tadi lihat iklan all new hilux di koran terbesar di indo,tulisannya “COMING SOON” tapi yg bikin ane tergelitik tulisan kecil 2.5V double cabin,bukan 2.4,berarti mesinnya bakal sama dong dengan hilux lama

    • Rafi M. P.

      Typo gak?

      • ap88

        gak,beneran gue lihat tulisan 2.5V di iklan tsb,lihat aja di koran k*mp*s edisi hari ini

    • Hillarius Satrio

      serius 2.5? yahh

      • ap88

        iya,lihat aja di k*mp*s edisi hari ini,mobil di iklan warna merah

    • Oki Ngew

      Pupus sudah harapan. Kalo sampai fiturnya disunat + mesinnya sama, parah parah dahTAM ini

      • ap88

        iya,parah banget nih TAM,ane tinggal tunggu all new triton aja

        • Oki Ngew

          Mending ambil new navara aja dah. New triton gak ganteng blas…

    • siapa ya

      Gila parah banget nih klo mesinnya sama…. TAM parah ni kasih la mesin baru masa mau mesin itu terus apa biar dapet award dari majalah sebelah……. klo mesinnya di suna jangan2 fiturnya juga banyak yg disunat yg tersisa tinggal head unidnya nanti. Jangan jangan inova sama fortuner yg baru juga sama nih nasibnya pake mesin lama lha trus apa gunanya mobil baru mesin lama payah….

    • A Naufal Farras

      Buset, masa sih masih dikasih mesin lama? Minggu kmrn ane tanyain ke internal toyota, katanya dikasih mesin baru

      • ap88

        baca aja koran k*mp*s hari selasa kalo gak percaya,ada tuh iklan nya dan ada tulisan kecil 2.5V double cabin

    • Naufal Hibatullah

      Kalau emng bener gitu, bilangin aja semua warga indonesia, jangan beli produk trio all new toyota hilux, all new fortuner, all new kijang innova. Biar toyota tau sendiri kesalahannya dimana. Biar toyota sadar juga.

  • Ardhie Yoodha

    Ini mobil klo dijual tahun 1998-2003 sangat laku…

    Enjoy lebih cocok rivalnya APV, luxio, evalia jdi dikelas minivan..!!

    Chevy spin LMPV bagus & safety baik tapi pihak GM indo yng tdak becus & kurang paham,, lebih baik dulu chevy spin krja sama dngan isuzu,, bisa aja spin diesel jdi panther!!

  • Dik

    Desain dr pintu samping ke belakang mirip nav1 ya….

  • 4pB8

    andalan gue banget nih

  • dody

    gabakalan laku mobil cina ini

  • dody

    ini juga bikinan cina-GM, mungkin kalo ini masih ada harapan. tapi kalo GM maksain masukin GM-wuling enjoy seperti di atas, pasti modar tuh GM. Liat tampang mobilnya aja bikin emosi..

  • Ugyz

    yakin gue.. enjoy ini kl masuk indonesia gak bakal sukses dah….berat bersaing ma Mobilio, ertiga, avanza.. apalagi mau ada BRV weh…

  • Rafftim2one

    Wau saya terkagum dengan chevy enjoy

  • sporky

    Ini bukan pure mobil china… alias gado2 GM dan wuling krn mereka memang join venture di China, mesin bensinnya masih satu famili dg Spin 1.5 bensin di sini, memang posisi produknya masih di bawah Spin yg di sini sebenarnya rada underpriced tapi tetap nggak laku, makanya terpaksa tutup pabrik di Bekasi kalo nggak mau rugi lebih besar lagi. Kalo Spin CBU dr India pasti harganya dekat2 250 juta krn memang fair pricenya segitu.. Tapi yg dijual di sini belum tentu si Enjoy.. siapa tahu produk baru atau malah Spin versi Wuling.

  • dillah

    Klw van begini saingannya luxio, apv, dan evalia

  • M.U.Fathurrohman

    Panas nih komen

  • Naufal Hibatullah

    Ini itu desain mobil jadul, ac double blowernya aja kyk avanza gen pertama, jendela baris ke-3 ada bukaannya, dan desainnya itu maksa. Kalau gua sih lebih milih spinnya darimana aja, ac double blower unik, desain dasbord unik, trus klau yg spin activ cakep banget.

    • Jhovan Lin

      Iya gan, tapi kalau udah salah strategi pemasarannya susah bilangnya

  • Muhammad Hafizh Tusanda

    gk cocok bgt, luarnya masih mendingn luxio, kalau dalamnya gw cuma tertarik sama warna dan kursinya, knp sih pake gk niat sgala jualan spin

  • Tresna Wardana

    wakakka jangan deh kalo menurut ane.
    liat aja penjualan mobil sejenis ini, nisan eva arnas, grenmek – luh sih yoh, dll kan melempem penjualannya. kecuali kalo buat niaga.
    ini mobil pasti cuma fotogenic doang, noh liat aja pose nyampingnya. uset dehhh…
    kalo menurut ane kesalahan spin cuma satu, modelnya kaya kapal selam dipakein ban.
    tapi ane akuin selain dr eksterior ini mobil bagus, dan cukup nyaman.

  • Putrar

    Apa Cuman Ane yg mikir belakangnya mirip H-1

  • Taoeviq

    buset mobil kaki robot2an nambah 1, GM ga riset pasar yg udh ada apa? evalia aja yg digembor2 ngabisin pasar livina aja ga laku blas. mending spin deh cakep bgt apalagi yg active

  • DMN

    Design mobilnya bener2 jelek. Walaupun di-rebadge pake merk chevy tetap saja tidak menarik. Beda dengan spin yang memang tampang luar menarik.

  • Farrel

    Hmm setuju sama mas Hillsat bakal lebih bagus kalo pake pintu geser kaya Evalia.

  • o.k

    Spek spin lumayan lah ,,,,, permasalahan interior ada di kursi yg lumayan keras . Baris ke tiga sangat sempit… kalau lihat hidung spin dari arah pintu (samping) kedepan kelihatan kurang menarik …jaringan service yg kurang .harga onderdil lumayan mahal dan adakalanya indent…. kelebihan mencolok di plate body lebih dibanding kompetitornya. Mesin tangguh walau kurang bisa lari (lagian ngapain lari2). tp klw lihat enjoy…… interior dan exteriornya jadi menarik hati neh …. captain set di diesel… itu yg akan ane buru…..

  • ydsputra

    Mending spin nya aja…ayo chevy bangkit lagi donk…bikin lg spin dimari…benahi marketing ma aftersale nya…

  • ydsputra

    Mending lova rv aj deh kayaknya…bentuknya lebih oke

  • njk888 nik

    Setuju, Spin ane rasa salah 1 faktor gagalnya adalah comfortnya kurang. Joknya terlalu keras, dan ruang kaki kurang lega. Sisanya bagus kok. Jangan termakan isu bahwa gagal cuman karena merek Chevy doang. Dan ASSnya jelek banget. Itu propaganda saingan lagi. Buktinya Captiva udah gitu lama masih lumayan banyak yang suka dan masih banyak yang pakai.

    Dan survey terakhir customer satistaction Autobild Indonesia sendiri malah buktikan ranking ASS dan Reliability mobil Chevy malah lebih tinggi banding toyota, yang lumayan rendah. Nggak heran karena ane dah sadar kok, jaringan toyota yang di banggakan para pemiliknya justru sangat kurang sebenernya ! Sesak dan terlalu ramai ! Gimana mau berikan ASS yang bagus jika suasananya seperti RS Cipto yang terlalu ramai ??? Udah banyak surat pembaca yang complain jika mendadak ke bengkel toyota, sering di TOLAK, karena sudah PENUH…