Beginilah Proses Kamuflase BMW Seri 5 GT Saat Masih Uji Coba

by  in Berita&BMW&International
Beginilah Proses Kamuflase BMW Seri 5 GT Saat Masih Uji Coba
0  komentar
kamuflase-mobil-praproduksi-bmw-seri-5-gt-hasil

AutonetMagz.com – Bila anda cukup sering melihat beberapa foto spyshot mobil pra-produksi di luar negeri, pernahkah anda heran akan tampilannya? Entah grillenya yang beda dengan model produksi, lampunya yang beda, atau malah ekstrim lagi : ini coupe kok spyshotnya bentuknya estate? Haha… Beberapa pabrikan memang menghalalkan segala cara tipu muslihat agar tampilan mobil pra-produksi yang sedang di test makin mengaburkan pandangan paparazzi.

Saya dulu juga sempat heran melihat spyshot Mazda MX-5 NC, karena saat dilihat di foto sosoknya adalah Mazda RX-8 dengan model cabriolet. Oke lah model cabriolet itu tidak disangsikan lagi bahwa itu adalah MX-5, tapi kok bisa bodinya jadi RX-8? apakah semua pelat bodi RX-8 langsung dipasang di sasis MX-5? Kalau dipikir rasanya prosesnya akan sangat rumit dan pasti mempengaruhi berat badan MX-5, jadi saya rasa tidak.

Namun ternyata hal itu terjawab sudah lewat video pembuatan kamuflase BMW Seri 5 GT ini.

kamuflase-mobil-praproduksi-bmw-seri-5-gt-desain

Tahap pertama dimulai dengan mendesain kamuflasenya akan seperti apa, jadi model yang dipakai adalah mobil yang sudah berbentuk BMW Seri 5 GT seperti versi produksi. Akan ada bodi tambahan untuk menutup dan menipu tampilan luar dari BMW Seri 5 GT ini. Bodi tambahan ini pertama didesain terlebih dahulu menggunakan program 3D CAD, para engineer harus mendesain dimensinya serapat dan sepresisi mungkin sehingga saat waktu pemasangan dan pelepasan bodi tambahan ini cukup singkat dan efisien.

Bodi tambahan ini menggunakan semacam plastik ABS ringan nan fleksibel yang tidak akan menganggu kinerja mobil ini saat pengetesan. Well… mungkin aerodinamikanya sih yang kena pengaruh. Setelah bodi tambahan ini dibentuk sedemikian rupa sesuai desain CAD menggunakan alat maka saatnya pemasangan.

kamuflase-mobil-praproduksi-bmw-seri-5-gt-pemasangan

Pemasangannya menggunakan screw gun dan cara memasangnya pun sangat cekatan agar tak ada waktu terbuang percuma. Bahkan cara pasang mereka tidak ragu ragu ya, padahal kita saja menempelkan stiker klub mobil lama bener, soalnya takut miring sih hehe…

Interior juga tidak luput dari pengerjaan, untuk dashboard mereka menggunakan sejenis plastik spons pembungkus yang dibentuk konturnya sedemikian rupa. Tentu saja warnanya harus hitam, biar mengaburkan pandangan para awam dan paparazzi. Hanya beberapa tombol yang penting saja yang tidak ditutupi oleh bodi tambahan ini. Pengerjaannya pun, sekali lagi saya bilang cekatan.

kamuflase-mobil-praproduksi-bmw-seri-5-gt-interior

Taraa… akhirnya BMW Seri 5 GT sudah tertutup kamuflase, bentuknya pun sudah tidak terlihat seperti layaknya Seri 5 GT biasanya. Terkadang beberapa pabrikan juga mengemasinya dengan macam-macam grafis yang membuatnya semakin mengaburkan bentuk asli mobil. Namun terkadang ada juga sih yang hanya bermodalkan cutting stiker bergrafis saja seperti Spyshot Toyota Innova yang kemarin ini.

Bagaimana pendapat pembaca? monggo silahkan berkomentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next:
  • Rafli Santosa

    Salut sama BMW interiornya sampai di kasih kamuflase

  • Jimmy

    Kalo biasanya pake kamuflase stiker dan aman buat d cabut kembali. Nah kalo ini mobil jadi bolong2 krn di baut sana sini.

    Keren ni kamiflase ny

  • Oki Ngew

    Dulu kayaknya taun2 2003 an waktu avxen mau dijual kan juga pake kamuflase yg agak rumit. Dicampuri bodinya taft + taruna

    • veyvez

      iya betul

    • Rafi M. P.

      Ada sumbernya gak? Kepo nih 😛

      • Oki Ngew

        Gak pernah liat gambarnya sih, cuma pernah mbaca di autobild

  • Andy RR

    Buset.. serius amat yah.. hahaha… kirain tinggal pasang cutting sticker pemandangan aja trus beres dah…
    Hahahahaa…

    • Jimmy

      Kyk toyota innova yg ke tangkep sedang uji coba d jawa.

      • Andy RR

        Bener gan.. itu dia sasarannya.. hahahahaha…

  • Ugyz

    Memang harusnya seperti ini… kalau bekerja jgn naggung harus sebaik mungkin.. itu tercermin di BMW..