Yuk, Intip Persiapan Pertamina Grand Prix of Indonesia Tahun Ini!

by  in  Berita & MotoGP & Motorsports
Yuk, Intip Persiapan Pertamina Grand Prix of Indonesia Tahun Ini!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 akan segera digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-15 Oktober 2023. Gelaran MotoGP Mandalika untuk kedua yang kalinya ini merupakan pembuktian komitmen dari pemerintah dan BUMN bahwa pengembangan kawasan terpadu ini terus berkelanjutan. Ajang ini bisa dibilang telah menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat NTB. Oleh karena itu, persiapan tahun ini harus lebih baik dari sebelumnya.

Persiapan dari ITDC dan MGPA

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengelola Mandalika telah melakukan persiapan kawasan. Seperti pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur jalan kawasan sepanjang 35 km, kantong-kantong parkir yang mempu menampung 7.888 kendaraan (mobil & motor), gate kawasan, dan pembangunan Kuta Lane. Kuta Lane merupakan landmark baru yang menjadi salah satu spot favorit yang menghubungkan Bazaar Mandalika menuju area Kuta Beach Park (KBP).

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bersama Roadgrip Ltd telah memulai pengecatan ulang kerb dan area run-off Sirkuit. Dari total luasan 27.380 m2, pengecatan ulang telah mencapai kurang lebih 22.000 m2. Selain itu, telah dilakukan juga pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru agar sesuai dengan standar FIM, serta timing system. MGPA juga telah melakukan pelatihan bagi marshal yang akan bertugas, Tercatat 402 marshal yang 95%nya berasal dari warga lokal.

Support dari Garuda dan Opening Ceremony

Untuk akses menuju Mandalika, Garuda Indonesia akan menyediakan tambahan jadwal penerbangan (extra flight schedule) dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) ke Bandara Internasional Lombok (LOP). Begitu juga untuk arah sebaliknya pada 12-14 Oktober 2023 dan 16-17 Oktober 2023. Garuda Indonesia akan menyediakan total 68 jadwal penerbangan dan 7 penerbangan dengan kapasitas pesawat lebih besar selama periode tersebut.

Adapun opening ceremony Indonesian GP 2023 akan diisi oleh sejumlah pertunjukan yang didahului oleh Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang akan dibawakan oleh Finalis America’s Got Talent, Putri Ariani. Dalam pembukaan tersebut, penyelenggara menampilkan musik instrumen tradisional Lombok, Gendang Beleq serta pertunjukan seni dan permainan tradisional Desa Sade, Tari Gandrung. Selain itu, akan hadir juga pertunjukan kombinasi baju tradisional dari 38 provinsi.

Read Prev:
Read Next: