MG Pecahkan Stigma Kendaraan Listrik Dengan “MG Dare to Drive Electric!” Emang Bisa?

by  in  Berita & Merek Mobil & MG Motors
MG Pecahkan Stigma Kendaraan Listrik Dengan “MG Dare to Drive Electric!” Emang Bisa?
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat ini, minat konsumen otomotif di Indonesia terhadap segmen mobil listrik sudah semakin tinggi. Namun, masih banyak yang perlu dilakukan untuk ekosistem ini agar bisa sampai ke tahap yang ditargetkan pemerintah. Karena Pemerintah menargetkan 600 ribu unit mobil listrik terjual di Indonesia per tahun 2030 mendatang. Sementara mobil listrik sendiri masih terancam stigma yang meragukan kemampuan mobil listrik untuk dapat dikendarai dalam jarak jauh atau range anxiety

Untuk menjawab kekhawatiran dan stigma dari EV, MG menantang awak media untuk menjajal MG 4 EV  dari Jakarta ke Surabaya bertajuk “MG Dare to Drive Electric”. “Tujuan kami adalah untuk menjawab kekhawatiran dan merubah persepsi masyarakat mengenai kapabilitas EV untuk perjalanan jarak jauh. MG 4 EV telah menunjukkan bahwa ia adalah kendaraan yang sangat kompatibel untuk segala jenis perjalanan, dengan dukungan infrastruktur SPKLU yang sudah tersebar luas di seluruh Indonesia,” kata Arief Syarifudin, selaku Marketing & PR Director MG Motor Indonesia. 

Rangkaian Perjalanan

Dimulai dari kawasan Pondok Indah, Jakarta perjalanan akan menembus batas jarak sekitar 780 km untuk dapat sampai ke Surabaya. Sebagai informasi, MG 4 EV yang memiliki kapasitas baterai 51 kWh, yang dapat menempuh jarak hingga 425 KM (berdasarkan standar WLTP). Dari perhitungan angka tersebut, perjalanan ini hanya memerlukan satu kali pengisian bila memulai perjalanan jika baterai dalam kondisi terisi penuh. 

Tampak tidak ada satupun awak media yang mereka khawatir, karena SPKLU kini sudah tersedia di hampir semua rest area di Tol Trans-Jawa. Beberapa di antaranya bahkan telah dilengkapi dengan sarana ultra-fast charging 200 kW. Dengan fasilitas pengecasan super cepat tersebut, hanya membutuhkan waktu 35 menit untuk mengisi kembali daya MG 4 EV dari 10% hingga 80%. Periode pengisian daya tersebut dapat dilakukan sembari beristirahat makan siang. 

Hanya dengan 200 Ribu Bisa Ke Surabaya!

Berdasarkan data yang dirilis PLN, SPKLU ultra-fast charging 200 kW sudah tersedia di Rest Area 57A Jakarta Cikampek, Rest Area KM 62 B Jakarta Cikampek, Rest Area KM 130 A Cipali, Rest Area KM 101 B Cipali, Rest Area KM 228 A Kanci Pejagan, Rest Area KM 229 B Kanci Pejagan, Rest Area KM 88 A Cipularang, Rest Area KM 88 B Cipularang. Pada perjalanan kali ini, rute panjang dari Jakarta ke Surabaya hanya membutuhkan ongkos untuk pengisian daya sekitar Rp 200 ribu-an dengan MG 4 EV.

Perjalanan mengendarai MG 4 EV dari Jakarta menuju Surabaya berhasil ditaklukkan dengan gaya berkendara yang normal. Driving style yang diterapkan masih selayaknya mereka mengendarai mobil dengan mesin konvensional. Para peserta media bahkan melanjutkan perjalanan mereka untuk mengeksplorasi berbagai medan yang lebih menantang lagi dengan menyusuri kota Madura hingga ke Malang.

Read Prev:
Read Next: