Tim Bengawan Formula UNS Dapat Award di Formula SAE Japan 2023!

by  in  Berita & Nasional
Tim Bengawan Formula UNS Dapat Award di Formula SAE Japan 2023!
0  komentar

AutonetMagz.com – Prestasi yang membanggakan kembali diraih oleh Tim Bengawan Formula Student dari Universitas Sebelas Maret. Pasalnya, tim mobil balap asal Solo ini berhasil memboyong award dan meraih peringkat tinggi pada ajang kompetisi Formula SAE (FSAE) Japan 2023 yang diadakan di Jepang pada akhir Bulan Agustus lalu. Tim Bengawan Formula Student UNS merupakan UKM tim dari Universitas Sebelas Maret yang mengikuti kompetisi di Formula SAE Japan 2023.

Informasi Tim dan Hasilnya

Tim ini beranggotakan 23 mahasiswa, dan yang berjuang ke Jepang sebanyak 15 mahasiswa. Tim ini memiliki anggota yang berasal dari berbagai fakultas seperti Teknik, FKIP, Hukum, dan lainnya. Tim ini dibagi menjadi dua bagian yakni Teknis dan Non-Teknis. Tim ini berangkat dengan pimpinan General Manager (GM), Tegar Aryoseno dengan didampingi oleh dua dosen pendamping yaitu Prof. Ubaidillah dan Prof. Agung Tri Wijayanta.

Dalam ajang ini, Tim Bengawan Formula Student UNS berhasil menyabet juara 3 pada CAE Award, top 5 aerodynamics awards, dan top 5 ergonomics awards. Tim ini juga berhasil mencatat record race terbaik dari Indonesia dengan waktu 1 menit 14 detik. Ini bukanlah pertama kalinya mereka mendapatkan penghatrgaan internasional. Tahun 2016, pertama kali Tim Bengawan Formula Student UNS mengikuti FSAEJ, dan pada tahun 2018 tim ini mendapatkan JAMA Chairman Awards.

Terkait Jalannya Lomba

Sebagai informasi, Formula SAE Japan merupakan ajang kompetisi mobil balap formula buatan mahasiswa dengan taraf internasional yang diselenggarakan oleh JSAE (Japan Society of Automotive Engineers). Kompetisi ini diadakan sejak 2003 dan diikuti oleh berbagai universitas internasional mulai dari Asia hingga Eropa. Selain itu, Formula SAE Japan ini juga didukung oleh pabrikan otomotif raksasa seperti Toyota, Honda, Suzuki, Mitsubishi, Nissan, dan lain-lain. Kompetisi ini diikuti oleh berbagai negara seperti Jepang, China, Indonesia, Thailand, Bangladesh, dan negara-nagara lainnya dengan total 76 tim.

Dalam perlombaan ini terdapat dua kategori, yaitu Static dan Dynamic Event. Static event terdiri dari Presentation Event (Business Plan), Cost & Manufacturing Event, Design Event, dan Special Award. Sebelum tim dapat mengikuti Dynamic Event, tim harus melewati Technical Inspection terlebih dahulu. Test tersebut terdiri dari Inspeksi Mobil, Egress & Flag Test, Tilt test, Noise Test, dan Brake Test. Sementra bagian dari Dynamic Event meliputi Acceleration, Skid Pad, Autocross, Endurance, dan Efficiency.

Read Prev:
Read Next: