Yema Auto Spica, Toyota Alphard Versi KW Rilis di China

Yema Auto Spica, Toyota Alphard Versi KW Rilis di China
0  komentar

AutonetMagz.com – Anda mungkin sudah tak asing melihat manuver pabrikan – pabrikan asal negeri tiongkok yang sering menjiplak mobil lain yang sudah terkenal, bahkan secara mentah alias tanpa melakukan modifikasi sehingga tak serupa sama dengan produk yang ditiru. Dan kali ini MPV mewah asal Jepang, Toyota Alphard-lah yang dijiplak oleh pabrikan asal China, Yema Auto. Yema Auto adalah sebuah merk mobil lokal China, dan di hari pertama Chengdu Motor Show 2017, Yema Auto membawa produk MPV-nya yang pertama yang bernama Yema Auto Spica.

Hmmm, jangan mengira bahwa gambar yang anda lihat ini adalah Toyota Alphard generasi kedua, karena mobil ini sudah jelas bukan Toyota Alphard. Walaupun model wajah depannya, lampunya, grille-nya, sisi samping, hingga pintu geser dan juga lampu belakang serta kaca belakangnya ini semua memang identik dengan MPV mewah asal Jepang tersebut. Namun kami pastikan ini bukan Toyota Alphard, namun ini adalah versi KW-nya yang bernama Yema Auto Spica tadi. Ya, seharusnya Toyota bisa saja menggugat pihak Yema Auto karena menjiplak mentah desain dari Toyota Alphard Gen 2, namun sepertinya hal itu pun akan sia – sia.

Oke, mari kita lihat mobil KW ini, jika kalian berpikir bahwa Yema Auto Spica akan semewah produk yang dijiplak, maka sepertinya angan kalian terlalu jauh. Karena Yema Auto Spica sendiri memiliki kelas yang jauh dibawah Toyota Alphard. Jika Alphard dipersenjatai mesin 2.400cc hingga 3.500cc, maka Yema Auto Spica hanya dibekali mesin 1.500cc, jadi selevel dengan Toyota Sienta. Untuk harga sendiri, belum ada rilis resmi dari pihak Yema Auto, namun untuk varian, Yema Auto Spica disediakan dalam dua pilihan yaitu 1.500cc Manual Comfort, dan 1.500cc Manual Luxury, tidak ada varian dua pedal. Bulan september mendatang barulah Yema Auto akan merilis harga resmi Yema Auto Spica.

Namun bukan berarti tak ada harga presale di Chengdu Motor Show 2017, untuk varian Comfort dijual dengan harga 57.400 Yuan atau sekitar 115 jutaan dan juga 68.880 Yuan atau setara 138 jutaan. Untuk dimensi sendiri, Yema Auto Spica memiliki panjang 4.580 mm, dengan lebar 1.730mm dan tinggi 1.825mm, dimensi ini tentunya lebih kecil dibandingkan Toyota Alphard generasi kedua yang panjangnya lebih dari 4,8 meter. Walau mungkin dari sisi depan dan belakang mobil ini cukup meyakinkan sebagai sosok Alphard, begitu kita lihat dari samping, mobil ini terlihat kurang proper dengan bentuk yang tanggung.

Masuk ke sisi dalam, eksterior dari Yema Auto Spica ini lebih sederhana, namun pihak pabrikan pun  sudah berusaha menghasilkan kesan mewah dengan hadirnya aksen kayu dan krom di beberapa bagian. Beberapa tombol dan kontrol AC juga mendapatkan aksen kayu, begitu pula dengan doortrim-nya. Head unit dari Yema Auto Spica ini sudah mengadopsi model touch screen yang menyatu dengan dashboard. Nah,seperti Wuling Confero S, Yema Auto Spica juga sudah dibekali dengan kursi captain seat dan bangku belakang untuk tiga orang lengkap dengan tiga headrest dan juga armrest di tengah jika hanya diduduki dua orang saja.

Yema Auto Spica mengandalkan mesin 1.500cc bertransmisi manual lima percepatan seperti yang kami sebutkan sebelumnya, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 112 PS dengan torsi 136 Nm. Akan ada varian mesin lain di akhir tahun yang akan mengusung mesin 1.500cc Turbo dengan tenaga 156 PS dan torsi 215 Nm yang akan menyusul. Dan selain itu, kabarnya varian mesin bertenaga listrik murni pun akan hadir di MPV ini. Bagaimana menurut kalian mobil ini??? Yuk Sampaikan pendapat kalian.

Sumber Gambar : PCAuto.com.cn

Read Prev:
Read Next: