Yamaha Serius Terjun di Pasar Motor Listrik India

Yamaha Serius Terjun di Pasar Motor Listrik India
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar motor listrik kini sudah mulai bergejolak, dan beberapa pabrikan roda dua sudah mulai melihat peluang untuk mengembangkan segmen pasar ini dengan serius. Lihat saja Honda, yang pada Tokyo Motor Show 2017 silam sudah memperkenalkan Honda PCX Hybrid dan Honda PCX Electric yang siap dijual di pasar otomotif global.

Lalu jika Honda sudah mulai berjalan di segmen pasar ini, bagaimana dengan seteru abadinya, Yamaha? Yamaha sebenarnya bukan pemain baru di segmen motor listrik, karena mereka sudah pernah memproduksi Yamaha e-Vino yang dipasarkan di Jepang sana. Bahkan, beberapa unit dari Yamaha e-Vino yang dilabeli Yamaha EV sudah ada di pabrik perakitan Yamaha untuk digunakan sebagai kendaraan operasional. Dan tak berhenti sampai disana, beberapa pihak diajak oleh YIMM untuk mengetes pasar, seperti Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia, dan juga The Breeze BSD untuk mencoba menggunakan unit Yamaha EV sebagai kendaraan dalam lingkup internal mereka.

Kali ini, pihak Yamaha terpantau ingin serius juga di pasar motor listrik, namun bukan di Indonesia, melainkan di India. Yap, beberapa petinggi dari Yamaha India sudah mengamini hal ini, dan saat ini, pihak Yamaha India yang sudah sukses di bisnis roda dua di negeri Bollywood ini sedang mencari celah untuk berinvestasi di motor listrik dan baterai untuk kendaraan listrik produksi mereka di masa depan. Managing Director Yamaha Motor R&D India, Yasuo Ishihara mengatakan kepada Drivespark bahwa pihaknya sedang menyiapkan studi kelayakan terhadap segmen pasar ini (motor listrik).

Ishihara-san mengatakan bahwa bukan masalah yang besar ataupun masalah yang susah jika pihak Yamaha ingin membawa motor listrik ke India, karena pihaknya sudah memiliki produk – produk bertenaga listrik di pasar global. Namun sekali lagi, pihak Yamaha tak mau sembrono dalam hal ini. Selain itu, mereka juga masih berfokus untuk menguatkan posisi mereka di pasar India dengan mengembangkan produk – produk bermesin konvensional lainnya. Pihak Yamaha sendiri sudah menetapkan target mereka dengan pemerintah India untuk motor listrik ini, yang akan berjalan paralel dengan pengembangan produk konvensional yang disukai masyarakat India.

Pihak Yamaha sendiri sampai sekarang belum membocorkan seperti apa produk motor listrik mereka yang direncanakan akan dijual di India, Namun Yamaha PES1 tentunya cukup menarik dengan bentuknya yang ala motor naked. Informasi lain yang kami dapat adalah pihak Yamaha nampaknya tak akan sendiri dalam pengembangan ini, mereka berencana menggandeng partner lokal untuk mengembangkan infrastruktur pendukung kendaraan listrik mereka. Tentunya jika motor listrik ini bisa terwujud dalam waktu dekat untuk pasar India, maka ada peluang untuk pasar Indonesia untuk mengikuti. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: