Wuling Indonesia Jamin Unit Lokal Bebas Recall

by  in Nasional&Wuling
Wuling Indonesia Jamin Unit Lokal Bebas Recall
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa hari yang lalu, kami sempat mengabarkan bahwa Wuling di negara asalnya harus melakukan recall terhadap 900 ribu produknya karena adanya masalah di tangki bahan bakarnya. Sumber isunya ada di selang yang rentan getas, retak dan bocor dalam penggunaan jangka panjang, dan kebocoran bahan bakar bisa memicu percikan api serta berlanjut ke kebakaran. Unit yang kena adalah Baojun 560 dan Baojun 730.

Nah, semua pasti sudah tahu kalau Baojun 730 adalah nama CDM (Chinese Domestic Market) dari Wuling Cortez yang kemarin sudah di-preview oleh pihak Wuling Indonesia. Otomatis tentu saja ada rasa penasaran, apakah Cortez yang dipasarkan di Indonesia bakal mengidap gejala yang sama dengan Baojun 730? Kemarin kami bilang bahwa Vice President of Vehicle, Sales, Service and Marketing Wuling Motors, Cindy Cai mengatakan Wuling versi Indonesia aman dari recall.

Kini, hal itu diperkuat oleh pernyataan dari Arif Ramadhi selaku Product Planner Wuling Motors Indonesia,”Unit Wuling yang beredar di Indonesia aman dari recall seperti di China, sebab komponennya berbeda dan tahun pembuatannya pun berbeda.” Memang, Baojun 730 yang kena recall di China adalah unit buatan Juni 2014 hingga Oktober 2016 di China, sementara yang ada di Indonesia baru mulai dirakit lokal tahun 2017, jadi memang sudah beda usia unit.

Kami sih tak heran kalau recall Baojun 730 dan Baojun 560 bisa menyentuh 900.000 unit, soalnya tahu sendiri kalau China adalah salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Penduduk banyak, otomatis kebutuhan mobil juga banyak, dan Baojun sendiri lumayan jamak di jalanan sana. Pasar China memang pasar yang lumayan menjanjikan, sampai-sampai BMW saja ingin jadi merek premium paling top di sana.

Namun memang, 900 ribu unit itu sama sekali tidak sedikit. Kasus airbag Takata atau dieselgate VW yang cakupannya global sudah menelan jutaan unit mobil untuk di-recall dan diperbaiki. Kembali ke Wuling, semoga memang Cortez dan Confero yang ada di sini relatif aman. Kalau pun memang harus ada recall, lebih cepat diinfokan berarti lebih bagus. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: