Porsche Macan Listrik Digodok, Kehadiran Versi Bensin Aman

Porsche Macan Listrik Digodok, Kehadiran Versi Bensin Aman
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita sudah terbiasa dengan pabrikan mobil yang menawarkan pilihan-pilihan mesin untuk memenuhi kebutuhan kita sebagai konsumen. Dulu sudah lumrah dengan berbagai jenis kapasitas dari mesin yang sama, misalnya pilihan mesin bensin 2.000 cc atau 2.500 cc. Sekarang opsi makin beragam, satu mobil bisa punya mesin bensin dan diesel dengan berbagai macam kapasitas dan tenaga.

Makin ke depannya, pilihan akan semakin beragam. Salah satu contoh paling mudah adalah Hyundai Ioniq yang ada pilihan hybrid, plug-in hybrid atau full listrik. Variasi lain ada dari Honda Clarity yang tersedia versi hybrid, listrik dan hidrogen. Gerakan ini juga akan meluas, mengingat Porsche sendiri telah mengumumkan kalau mobil mereka yang paling laris, yakni Macan akan berubah menjadi mobil listrik. Hm… Macan tanpa suara.

Jika memang sudah berubah jadi mobil listrik, apa kabar versi bensinnya? Apakah benar-benar dibumihanguskan sehingga hanya tersisa Macan EV saja atau bagaimana? Tenang, menurut Car & Driver, Porsche akan membuat Macan EV dan Macan biasa hidup bersama-sama. Porsche Macan versi listrik akan meluncur kira-kira tahun 2021, dan Macan bensin nantinya akan dipermak secara penampilan supaya mirip Macan yang tidak menenggak bensin.

Nampaknya Porsche tahu kalau penjualan Macan begitu penting bagi kelangsungan bisnis mereka, sehingga perlu diperlakukan dengan hati-hati setiap kali dilakukan penyegaran. Seolah-olah mereka memandang mobil listrik memang akan jadi masa depan, tapi tahu bahwa penjualan mobil listrik saat ini belum sepenuhnya sehat betul untuk menyokong pondasi perusahaan. Saat ini sih memang belum, entah kalau besok.

Merujuk pada kehadiran Mercedes-Benz EQ C sebagai mobil listrik pertama Mercedes-Benz. Mercedes-Benz sudah memberikan formula tepat dengan melahirkan EQ C sebagai sebuah crossover/SUV yang notabene mudah memikat pembeli, namun penjualannya belum terlalu gemilang. Meski baru dikenalkan tahun 2019, baru 1.413 unit EQ C laku di Eropa. Mungkin faktor harga juga, mengingat EQ C tidak semurah Nissan Leaf atau Tesla Model 3.

Kembali ke Porsche Macan listrik, Porsche nampaknya akan membangun Macan EV di atas arsitektur PPE (Premium Platform Electric) yang sama dengan kerangka mobil listrik pertama mereka, Porsche Taycan. Selain Macan, Audi juga sedang dalam ancang-ancang untuk merilis sedan full listrik pertama mereka yang sudah di-preview melalui konsep Audi e-tron GT. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: