Mitsubishi Airtrek Kembali Sebagai Sebuah EV, Mulai Diuji Jalan

Mitsubishi Airtrek Kembali Sebagai Sebuah EV, Mulai Diuji Jalan
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita semua tahu bahwa ada beberapa nama legendaris dari Mitsubishi yang terpaksa harus disuntik mati karena kebijakan perusahaan yang berfokus pada SUV. Sebut saja nama ‘Lancer’, ‘Galant’, dan beberapa model lain yang kini tinggal kenangan manis saja. Ngomong – ngomong nama line up Mitsubishi, apakah kalian masih ingat dengan nama Mitsubishi Airtrek? Mungkin beberapa diantara kalian merasa asing dengan nama Mitsubishi Airtrek, namun sejatinya Airtrek adalah nama lain dari Mitsubishi Outlander. Semacam nama ASX, Outlander Sport, dan RVR yang merujuk pada 1 produk yang sama. Kali ini, nama Mitsubishi Airtrek kembali dihidupkan oleh pabrikan berlogo 3 berlian ini, namun sebagai produk yang berbeda dengan Mitsubishi Outlander. Yuk kita bahas.

Mitsubishi Airtrek jadi EV, Pakai Basis Milik GAC

Mengutip informasi via AutoHome, sosok yang diduga kuat adalah Mitsubishi Airtrek versi terbaru sedang diuji jalan di China dengan kamuflase di sekujur body-nya. Nah, di kamuflase tersebut terlihat tulisan ‘EV’ yang menyatakan bahwa Mitsubishi Airtrek akan reborn sebagai sebuah mobil listrik. Walaupun berkamuflase, namun wajah depan dari Mitsubishi Airtrek EV masih bisa dterlihat jelas. Mobil ini menggunakan lampu utama yang posisinya dekat dengan kap mesin, tentunya dengan pendar kebiruan ala lampu LED. Di atas lampu utamanya terdapat LED DRL dengan bentuk khas Mitsubishi. Sedangkan di sisi bawah terdapat cluster lampu lain, yang kami duga adalah lampu sein atau mungkin lampu kabut. Yang jelas, komposisi 3 lampu bertingkat tidak diterapkan di Mitsubishi Airtrek EV ini, tak seperti Mitsubishi Outlander terbaru.

Di sisi depan juga terlihat bahwa Mitsubishi Airtrek EV menggunakan grille depan berbentuk bilah horisontal yang terkesan bold. Siluet dynamic shield ala Mitsubishi juga masih terlihat jelas. Kalau mau di-cocoklogi-kan, Mitsubishi Airtrek EV lebih mirip sebuah Nissan X-Trail daripada sebuah Mitsubishi Outlander. Dan pada kenyataanya, Mitsubishi Airtrek EV memang tidak memiliki hubungan apapun dengan Mitsubishi Outlander generasi terbaru, kecuali merk-nya yang sama. Mitsubishi Airtrek EV dikembangkan dari basis GAC AION V EV yang merupakan sebuah SUV listrik murni. Btw, GAC dan Mitsubishi adalah partnerjoint venture di China. Jadi, share teknologi diantara keduanya adalah hal lumrah. Kembali ke desain, buritan Mitsubishi Airtrek EV juga menggunakan model lampu yang berbeda dengan Mitsubishi kebanyakan. Malahan, shape-nya lebih mirip sebuah Lexus atau Toyota dengan LED bar tebal dan bentuk ala huruf T.

Motor Listrik Bertenaga, Range Lumayan Jauh

Untuk spesifikasi, Mitsubishi Airtrek EV akan mengandalkan motor listrik dengan tenaga maksimal 184 PS dan torsi 350 Nm. Angka itu terbilang mumpuni untuk sebuah SUV kompak. Untuk urusan baterai, belum ada informasi mendetail mengenai kapasitasnya. Namun, Mitsubishi Airtrek EV dipercaya bisa berjalan sejauh 500 km untuk sekali pengisian daya. Varian dengan jarak tempuh 600 km juga kabarnya akan dihadirkan sebagai opsi. Mitsubishi Airtrek EV dijadwalkan untuk menjalani debut di Chongqing Auto Show 2021 yang bakal dihelat mulai tanggal 12 Juni 2021 mendatang. Kalau mengacu pada saudara kembarnya dari GAC, bisa jadi Mitsubishi Airtrek EV akan dibekali dengan sejumlah fitur menarik seperti internet of vehicle (ioV), AdiGO 2.5 Driving Assistance, dan sejumlah fitur kekinian lainnya.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: