Perang Segmen Medium MPV : Innova Belum Tergeser!

by  in Berita&Chevrolet&Isuzu
Perang Segmen Medium MPV : Innova Belum Tergeser!
0  komentar

AutonetMagz.com – Segmen MPV adalah segmen yang bisa dikatakan laris manis di Indonesia yang punya budaya guyub dan rukun. Oleh karenanya, prinsip muat banyak selalu menjadi nilai tambah bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, walau tak semuanya. Oleh karenanya, tak mengejutkan jikalau mobil paling laris di Indonesia adalah sebuah MPV. Nah, hari ini kita akan bahas lebih jauh mengenai penjualan secara wholesales dari MPV medium yang ada di Indonesia. cekidot.

Jadi, di segmen ini kita punya beberapa opsi. Pertama, tentunya kita tahu bahwa ada pemain paling lama di kelas ini yaitu Toyota dengan Kijang Innova, atau mungkin lebih tepatnya disebut All New Toyota Kijang Innova. Berikutnya ada pendatang baru yang tak kalah menarik dari All New Toyota Kijang Innova, yaitu Wuling Cortez. Selain itu, ada juga dua nama lawas yang masih eksis yaitu Chevrolet Colorado dan Mazda 5. Dan terakhir ada si raja diesel, yaitu Isuzu dengan sosok Isuzu Panther yang hingga detik ini belum mendapatkan generasi terbaru. Nah, dari kesemuanya itu, siapakah yang menjadi jawaranya? Yap, tak usah kalian pikir terlalu keras karena jawabannya memang sudah ada di judul yaitu All New Toyota Kijang Innova.

All New Toyota Kijang Innova bermesin bensin berhasil meraih angka 20.320 unit sepanjang 9 bulan pertama tahun 2018 ini. Sedangkan untuk All New Toyota Kijang Innova Diesel mampu meraih angka lebih tinggi yaitu 21.182 unit, unggul hampur 1000 unit lebih banyak dibandingkan dengan versi bensinnya. Sedangkan posisi kedua diisi oleh Wuling Cortez dengan capaian penjualan 4.270 unit untuk varian 1.800cc-nya saja. Sedangkan varian 1.500cc-nya hanya laku di angka 362 unit saja, tak terlalu banyak dan sejatinya agak kurang pas jikalau kami paksakan masuk ke segmen ini mengingat rata – rata pemain di Medium MPV menggunakan mesin bensin 1.800cc keatas dan mesin diesel. Nah, posisi berikutnya diisi oleh Isuzu Panther dengan capaian penjualan di angka 814 unit saja.

Berikutnya ada Chevy Orlando yang membukukan penjualan 122 unit dan terakhir ada sosok Mazda 5 dengan capaian penjualan di angka 61 unit saja secara wholesales. Praktis pihak Toyota masih bisa tersenyum lebar karena produknya masih berada di posisi yang ‘aman’ karena angka puluhan ribu dari produk mereka merupakan bentuk kepercayaan masyarakat akan produk yang mereka jual. Sedangkan Wuling nampaknya masih harus meniti jalan yang panjang untuk bisa memberikan pukulan pada Toyota, walaupun semua kemungkinan masih sangat mungkin terjadi. Isuzu perlu melakukan pembaharuan pada produknya, sedangkan Chevrolet nampaknya perlu mempertimbangkan sosok Chevrolet Orlando terbaru versi China yang lebih modern. Mazda? Nampaknya mereka perlu meninjau ulang peluang Mazda 5 di Indonesia.

All New Chevrolet Orlando versi China

Apa yang terjadi di segmen Medium MPV sendiri nampaknya bertolak belakang dengan apa yang terjadi di segmen dibawahnya yaitu Low MPV yang jauh lebih berdarah – darah dan lebih banyak peminat dan variasi produknya. Jadi, bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: