2018 Akan Menjadi Ajang Perang Mobil 7 Seater

by  in Berita&Daihatsu&Datsun
2018 Akan Menjadi Ajang Perang Mobil 7 Seater
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Rasanya hanya Indonesia yang dominasi penjualan mobilnya diisi oleh segmen mobil dengan akomodasi 7 penumpang, dimana negara lain umumnya lebih dari 50% penjualan mobil mereka di dominasi oleh mobil dengan 5 penumpang saja. Dengan penjualan lebih dari 1 juta unit pertahun, tentunya pasar yang unik ini menarik bagi beberapa pabrikan otomotif untuk mengembangkan mobil 7 penumpang di Indonesia.

Dimulai dari saat ini di tahun 2017, segmen LMPV dikejutkan dengan produk-produk baru yang tidak bisa dianggap remeh, mulai dari Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S. Kedua mobil ini tidak bisa dianggap remeh, karena Xpander berhasil membukukan pemesanan hingga 6.000 unit di GIIAS dan Wuling sendiri dengan kelegaan dan fitur yang ditawarkan dengan harga irasional membuat mobil ini menjadi salah satu yang layak untuk dipertimbangkan.

Tapi bulan madu Xpander sepertinya akan segera terganggu, karena 3 pabrikan sudah menyiapkan amunisi baru untuk kedua produk mereka yang memiliki genre SUV 7 seater di akhir tahun ini. Pertama adalah Honda BR-V facelift, Honda BR-V konon akan memiliki bentuk depan dan belakang yang berbeda dan improvement di sektor interior dan fitur untuk menarik calon pembeli Honda. Penggunaan lampu depan LED memantul, setir baru dan lampu belakang LED menjadi salah satu fitur unggulan di mobil ini nantinya.

Kemudian Toyota Rush dan Daihatsu Terios 2018 juga akan meluncur di akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018 ini dengan model baru tanpa konde dan mesin baru yang sama dengan Avanza dual vvt-i. Tipe tertinggi Toyota Rush konon akan dibekali dengan fitur keselamatan lebih canggih, power back door dan AC digital. Konon harganya juga akan tembus 300 juta untuk bersaing dengan HR-V yang hingga saat ini Toyota belum punya solusinya.

Masuk ke tahun 2018 pasar MPV akan lebih panas lagi. Jika menurut anda Wuling tipe terendah yang dibanderol dengan 128 juta masih terlalu mahal, maka di tahun depan Wuling akan meluncurkan varian termurah bermesin 1.200 cc yang bisa lebih murah dari 120 juta-an. Harga yang bisa dibilang sangat murah ini mengincar pasar MPV perkotaan untuk fleet atau untuk mereka yang ingin mobil baru, tidak butuh performa, tapi butuh MPV baru dan murah. Disini Wuling bisa merusak pasar mobil bekas, Datsun dan Calya.

Masih soal Wuling, Ia juga akan datang dengan model baru yang saat ini sudah mulai berkeliaran di jalan untuk pengetesan. Wuling yang belum ditemukan namanya ini akan menjadi rival Innova dengan harga setara Xpander, bahkan lebih murah. Konon untuk pasar Indonesia ia akan dibekali dengan mesin 1.800 cc dan transmisi AMT, bukan 1.500 cc turbo dan transmisi kopling ganda.

Lanjut, Datsun yang selama ini tidak terdengar produk baru mereka setelah beberapa tahun, akhirnya mereka akan segera meluncurkan sebuah mobil yang lama ditunggu-tunggu, yaitu Datsun Cross. Datsun Cross akan meluncur setelah Datsun GO CVT dengan sedikit minor change. Mengambil desain yang sama dengan Datsun GO, hanya saja Datsun Cross ini akan memiliki aksesoris ala-ala SUV dan bagian belakang lebih lega dari yang kita kenal saat ini.

Terakhir, akan hadir 3 buah bintang baru yang meluncur di GIIAS 2018 mendatang. Pertama adalah Avanza – Xenia terbaru yang akan menjadi lebih panjang, lebar dan lebih kaya fitur, kemudian Suzuki Ertiga full major change yang akan mengambil basis dari Suzuki Swift baru dari India. Ketiga produk tersebut akan menarik untuk dibahas, karena mau bagaimanapun juga saat ini Avanza masih menjadi mobil terlaris di Indonesia.

Melihat pasar MPV tahun depan rasanya konsumen akan diberikan banyak pilihan yang menggiurkan, Dengan adanya produk-produk baru yang akan di desain lebih baik dari sebelumnya, jika anda hendak membeli salah satu MPV di akhir tahun ini, tidak ada salahnya untuk menunggu dan melihat model baru apa saja yang cocok untuk anda pinang jika anda tidak terlalu terburu-buru untuk mengganti mobil baru anda. Itu saja kita belum berbicara Calya-Sigra minor change dan Nissan MPV berbasis Xpander di tahun 2019 ya. Pokoknya bakal seru deh tahun depan, Gimana?

Read Prev:
Read Next: