Wuih, Suzuki Jimny CBU Bakal Masuk Indonesia Awal Tahun Ini!

by  in Nasional&Suzuki
Wuih, Suzuki Jimny CBU Bakal Masuk Indonesia Awal Tahun Ini!
0  komentar
Suzuki-Jimny-CBU-Jepang

Jakarta, AutonetMagz – Kabar mengejutkan datang dari Suzuki kali ini, karena setelah meluncurkan Suzuki Ertiga Dreza, menurut wawancara yang dilakukan oleh Kompas.com, Suzuki berencana untuk memasukan Suzuki Jimny secara CBU dari Jepang ke Indonesia.

Dalam artikel tersebut, Donny Saputra selaku Head of Product Planning SIS kepada Kompas, Suzuki akan memboyong Suzuki Jimny secara CBU dari Jepang di semester awal tahun ini dan Suzuki S-Cross di semester kedua 2016. Ya, Suzuki Jimny yang legendaris itu!

Wallpaper-Suzuki-SX4-S-Cross

Semester 2 nih, launching di GIIAS kah?

Jujur saja kami sangat kaget sekali dengan kabar ini, pasalnya Suzuki Indonesia pernah memperkenalkan Suzuki Hustler yang berhasil memikat pengunjung IIMS 2014 meskipun tidak dijual di Indonesia, dan beberapa bulan silam, Suzuki juga meluncurkan Suzuki Ignis concept yang punya potensi bagus lewat desain dan mesin 1.000 cc turbonya. Kami pikir Suzuki Indonesia akan mempertimbangkan satu diantara dua model tersebut untuk masuk ke Indonesia, bukan Jimny.

Suzuki Jimny pun sebenarnya juga mobil yang bagus. Meskipun tidak mendapatkan ubahan signifikan sejak tahun 1998 dan penjualannya terus menurun di seluruh negara lain, perlu diakui desainnya masih terlihat modern dan mobil tersebut merupakan off roader pahe yang mudah dimodif dan punya kemampuan off road lebih dari cukup. Tapi untuk masuk di tahun 2016 ini, rasanya mobil ini sudah terlalu tua. Bahkan untuk varian facelift 2013 silam, mobil ini hanya berhasil meraih skor 1 dari 10 di Top Gear.

Suzuki Jimny Indonesia 2016

Untuk versi Indonesia, kemungkinan besar mobil ini akan menggunakan mesin 1.300 cc VVT berkode M13A RWD atau 4WD. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga hingga 85 bhp dan menempuh 0 ke 100 kilometer perjam dalam 17 detik. Memang mobil ini bukan untuk kebut-kebutan sih.

Sebenarnya patut di apresiasi jika Suzuki berani meluncurkan produk yang berbeda dan membuka pasar baru dengan Suzuki Jimny. Tapi ada baiknya lagi jika Suzuki memasukan Suzuki Hustler dengan mesin 1.200 cc milik splash, dan menjualnya dengan nama Jimny… Gimana?

Read Prev:
Read Next:
  • prosciutto

    Yoi gw setuju kl Jimny ini udh terlalu out dated utk 2016. Udh terlalu tua gan. Saking telatnya masuk ke Indonesia dan berhubungan dg data penjualannya yg terus turun di negara2 lain, kok gw muncul pikiran: jgn2 ini kyk produk returan sisa2 yg gak laku lalu disalurin ke pasar Indonesia hehe… Mending move on ajalah tatap ke depan Suzuki dg dtgin model2 baru: Vitara baru, Ignis jg bagus, atau Hustler mantap itu, jg Brezza nanti. Nanggung bgt masukin produk tuir abis kyk ginian.

    • Indra

      Karimun estilo yg asalnya dr india ( zen estilo) itu aslinya mr wagon jepang awal 2000an lalu dibawa ke india sktr 2006an

  • sapiperah

    harganya < 200jt bwta yg 4×2 dan 2xx untuk 4×4 dan menyasar niche sie bisa aja, klw pengguna biasa uda banyak yang jauh lebih nyaman di pakainya di banding jimny. klw sampai di atas 300jt beratt….

    dari pada s cross mending SIS masukin Vitara barunya dgn mesin 1.4 turbo 6spd at dan 4×4

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    1300 cc 85 hp??? Kenceng bgt bro!! Ecoboostnya fiesta mah kalah!!! *Just for fun

    • farid

      tapi dgn tenaga segitu suzuki jimny punya kemampuan offroad yg baik dan gak kalah dgn SUV yg lebih gede seperti land cruiser,pajero(bukan pajero sport),land rover defender,mercy G class dan range rover

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Kemampuannya sih oke, tpi keamanan dan kenyamanannya gmn bro?? Lgi gk setiap hari offroad kan… Harusnya kasih turbo, pasti mantep

      • sapiperah

        gak juga jimny standar sie.. ban cuma 26″ gc ga sampai 200mm…. g ada LSD apa lagi difflock…. crawl ratio tinggi, torsi kecil…. musti di modip ganti ratio, pasang difflock dll.. kalau mw h2h dgn sekelas rubicon,defender,lc dll dalam kondisi stock…

  • Indra

    Sebenarnya mobil ini katanya buat pasar fleet (bisnis) sbg prioritas jd suzuki memang menggarap jimny yg sgt niche sesuai kebutuhan, kalo ada yg beli oleh orang2 biasa mah sukur, kalo ga gapapa

    • bisa jadi, tapi kalau liat cbu jepang kayaknya bakalan mahal, dan bersaing sama duster 4×4

      • Indra

        Dan seperti ciaz dan celerio kyknya suzuki ga akan matok target unit jualan

      • Aryo Wicaksono

        Kalau disuruh pilih antara Jimny dengan Duster, aku sendiri pasti pilih Duster karena masih saudara dengan Renault Clio walaupun Jimny lebih legendaris. lagian Duster juga sudah terbukti di Dakar seperti Jimny yang jago cross country.

    • ekkyfir

      Kalau buat fleet gua pribadi prefer duster 4×4, lebih bertenaga, up to date pula, walaupun jimny lebih legend

  • Yuda48

    Kalo buat yang ngehobi si gak masalah mo modelnya out date or apalah itu… Modelnya abadi kalo boleh ane sebut..
    imho ini mobil lebih bagus daripada duo teriush even yang sebelum FL coz JDM sih…
    terutama gap2 panel interor-nya biarpun kek plastik kiramas tapi tetep diatas teriush.. :v

  • Walter White

    Kalau saja interiornya Jimny ini bisa di rubah total dan menjadi lebih modern. Untuk tahun 2016 ini benar saja, sudah terlalu ketinggalan jaman. Misal suzuki indonesia memang benar ingin memasukan Jimny, sebaiknya jangan mentah-mentah seperti yang ada di foto fitur-fiturnya.

    • Walter White

      Minimal untuk Jimny yang masuk indonesia HU sudah ada layarnya. Terus untuk transmisi otomatis juga di jual.

  • Walter White

    Kalau saja interiornya Jimny ini bisa di rubah total dan menjadi lebih modern. Untuk tahun 2016 ini benar saja, sudah terlalu ketinggalan jaman.

    Misal suzuki indonesia memang benar ingin memasukan Jimny, sebaiknya jangan mentah-mentah seperti yang ada di foto fitur-fiturnya.

    Minimal untuk Jimny yang masuk indonesia HU sudah ada layarnya. Terus untuk transmisi otomatis juga di jual.

    Di negara tetangga Malaysia sudah di jual dari 2013.

  • M.U.Fathurrohman

    waktu itu sekitar 3 taun lalu waktu dealer suzuki jadi nasabah ayah gw, ayah gw iseng nanya kalo ini mobil bisa pesen atau nggak. Ternyata bisa inden dari jepang tapi minimal indent 3 unit. Terus kalo gak salah harganya yg 4wd matik kata salesnya sih sekitar 300. Daripada gitu jadinya ayah gw beli swift sport xD

  • rs

    Kasihan kalau mobil ini masuk…sudah agak kurang menarik……tapi dilihat lihat suzuki membuat mobil sama motor selalu satu generasinya masa baktinya lamaaa….contohnya APV, satria fu 150, karimun yang generasi 1 dan 2 yang aslinya sudah ada sejak 1990 an, jimny, sama si carry indonesia (di jepang sudah jauh generasi terbarunya daripada di sini). Lebih baik jual sx4 s cross/vitara baru/hustler aja deh…..tapi nggak apa apa juga jual jimny ini (sarannya pakai nama katana aja) … Yang di gambar atas itu setirnya APV pertama kan???

  • farid

    suzuki s-cross masuk ke indonesia saya setuju,semoga aja nih mobil punya fitur yg lebih lengkap dibanding model suzuki yg ada saat ini di indonesia.tapi buat jimny kayanya nih mobil dah ketinggalan jaman untuk tahun 2016 dan sampai sekarang model nya itu2 aja padahal generasi terakhirnya udah ada sejak 1998

  • ekkyfir

    Lebih memikat desain nya hustler sih, kotak2 khas kei car jepang, tp ga ada salah nya sih mskin ke indo tp agak susah menerawang masa depan nya

  • Jhos Ghandos

    Di timur tengah n negara amerika latin lagi ngetren, cocok banget untuk mobil ke 2 buat mainan pas weekend.

  • moses

    pesimis dng harganya